Tips Membeli Lensa Bekas Yang Berkualitas

Diposting pada

ARISTO.ID Tips Membeli Lensa Bekas Yang Berkualitas. Fotografi adalah hobi yang termasuk mahal karena beberapa barang dan aksesorisnya memiliki harga yang cukup fantastis. Sebut saja kamera semi profesional yang baru keluar akhir akhir ini yaitu bodi EOS 80D yang berharga 14juta. Dengan mahal nya harga kamera tersebut tentu barang bekas atau second bisa menjadi pilihan yang terbaik.

Tips Membeli Lensa Bekas

Namun dalam pemilihan barang barang fotografi yang berstatus bekas kita harus ekstra teliti sebelum membelinya. Jangan sampai kita membeli kucing di dalam karung. Karena itu perlu kita perhatikan beberapa tips tips nya yang akan saya bahas disini. Berikut ulasan lengkap nya.

Tips Membeli Lensa Bekas Yang Berkualitas

1.Membeli Dari Orang Terpercaya

Yang paling aman saat kita ingin membeli lensa adalah dengan membeli dari orang yang kita percaya. Kita tentunya memiliki teman satu hobi dalam bidang fotografi ini bukan ?? Maka dari itu cari lah teman teman yang ingin menjual lensa nya, entah karena mereka ingin upgrade senjata atau pun sudah mempunyai lensa yang lebih unggul. Karena dengan membeli langsung kepada teman atau orang yang bisa di percaya kita bisa 100% mengecek langsung kondisi fisik dari lensa tersebut.

2.Periksa Kondisi Optik

Optik adalah hal terpenting dari sebuah lensa. Maka dari itu dalam membeli lensa bekas hal yang pertama harus kita teliti adalah kaulitas dari optik tersebut. Periksa apakah ada goresan, debu dan jamur dalam optik lensa bekas itu. Pemeriksaan yang paling mudah adalah dengan menyinari salah satu bagian lensa dengan cahaya sehingga apabila ada masalah pada optik akan terlihat dengan jelas.

Jika di dalam bagian optik tersebut ada goresan kecil atau pun debu tentu harga lensa pun bisa di negokan kembali dengan pemilik awal. Namun jika dalam optik terdapat jamur tentu ini sangat berpengaruh dengan hasil foto dan juga harga jual pun akan merosot drastis. Karena jamur adalah masalah paling krusial dari lensa.

3.Periksa Kondisi Fisik

Selain kondisi optik pada lensa yang tidak kalah penting juga adalah kondisi fisik dari lensa tersebut. Periksa sekeliling bagian lensa apakah ada yang penyok atau pun goresan pada fisik lensa. Walau pun ini sama sekali tidak mempengaruhi hasil gambar namun cacat ini tentu bisa menurunkan harga lensa sehingga kita bisa membayar dengan harga lebih murah.

Baca Juga Belanja Lensa Bekas Berkualitas Di Nakano Jepang

Yang tidak kalah penting juga adalah periksa kondisi zoom lensa. Karena saya pernah membeli lensa ( Tamron 18-270mm ) bekas yang saat di zoom akan terasa berat. Jadi saat dizoom dari 18mm ke 100mm terasa baik saja sedangkan dari 100mm sampai 270mm akan sangat terasa berat. Dan lensa tersebut masih saya simpan sampai sekarang serta belum pernah di pakai.

4.Cek Centering Pada Lensa

Centering pada lensa juga sangat penting karena ini juga berhubungan dengan kualitas gambar yang di hasilkan. Bagaimana cara nya mengecek Centering pada lensa ?? Mudah saja, kita tinggal memotret bidang datar seperti batu bata dan periksa ketajaman pada bagian kanan, kiri dan tengah apakah ada bagian yang lebih buram atau tidak.

5.Periksa Juga Bilah Apperture

Tips Membeli Lensa Bekas yang selanjutnya adalah memeriksa Bilah Apperture. Cara memeriksa bilah Apperture sangat lah mudah yaitu dengan menggunakan tombol DOF preview. Dengan menekan tombol DOF preview dan mengubah settingan Apperture pada kamera kita bisa memeriksa bilah bilah Apperture. Yang perlu kita periksa adalah pergerakan dari bilah bilah Apperture apakah bebas atau tidak karena jika bilah Apperture bermasalah itu bisa juga menurunkan harga lensa.

6.Ada Kualitas Ada Harga

Ini juga yang perlu di perhatikan saat kita ingin membeli barang bekas termasuk lensa kamera. Karena ada kualitas ada harga yang harus di bayarkan pula. Walaupun barang bekas namun jika masih mempunyai kualitas baik layaknya barang baru tidak mungkin harga nya akan turun jauh.

Misalnya saja lensa baru dengan harga 20 juta dengan pemakaian 3 bulan saja, kemudian di jual dengan harga 5 juta. Apakah masuk akal ?? Maka itu jadilah pembeli yang smart, jangan hanya mematok pada harga yang murah saja untuk membeli lensa bekas. Cari juga yang bekas dan berkualitas.

Itulah Tips Membeli Lensa Bekas Yang Berkualitas dari saya. Jadi jangan hanya mementingkan harga yang murah saja jika tidak ingin mendapatkan kucing dalam karung. Pertimbangkan juga kualitas barang nya saat memilih lensa bekas ini. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih dan salam jepret.

Gambar Gravatar

Hanya seorang anak muda dari Pekalongan yang mempunyai hobi Travelling dan juga Fotografi. Maka dari itu saya membuat blog www.aristo.id ini untuk wadah berbagi pengalaman. Support anda adalah semangat saya untuk berkarya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *