Tips Fotografi Cara Menghasilkan Gambar Landscape Yang Baik

Diposting pada
ARISTO.ID. Selamat malam kembali para pembaca setia blog sederhana saya ini, di kesempatan kali ini saya akan membagikan tips fotografi tentang bagaimanakah cara nya mengambil gambar atau foto landscape yang baik. Dua hari kemarin saya sempat membagikan pengalaman perjalanan saya ke Kawaguchiko untuk mencari gambar Gunung Fuji dalam dua artikel terpisah dan sekarang saya akan membagikan cara pengambilan foto yang saya lakukan kemarin yang tentunya dengan bimbingan photograper profesional yang bersama saya saat itu :).

Baca Juga Cerita Perjalanan Saya Sunrise Di Kawaguchiko dan juga Pemandangan Gunung Fuji Dari Chureito Pagoda

TIPS FOTOGRAFI CARA MENGAMBIL GAMBAR LANDSCAPE YANG BAIK
Perjalanan kemarin saya bersama ketiga teman mengambil dua spot yaitu di danau Kawaguchiko dan Chureito Pagoda dengan target utama yaitu Gunung Fuji yang memang sangat terkenal di dunia. Dalam pengambilan gambar tersebut saya juga mendapat berbagai tips dan trik dari ketiga teman saya tersebut yang tentu nya ilmu fotografi nya jauh di atas saya. Dan berikut ulasan nya tentang cara pengambilan gambar landscape yang baik.

Tips Fotografi Cara Menghasilkan Gambar Landscape Yang Baik

Pilih Spot Terbaik

Dalam pengambilan foto landscape kita harus memperhatikan spot yang baik biasanya para fotografer memilih spot di pantai atau pun pegunungan karena arti dari landscape sendiri adalah pergerakan alam. Dalam pengambilan landscape di pantai misal nya kita harus mencari tempat dengan sudut pandang menarik dan juga bisa di tambah kan obyek di dalam nya seperti perahu contoh nya. Namun tanpa obyek pun foto landscape akan tetap menarik jika kita bisa memilih sudut pandang yang tepat tentu nya. Sama hal nya apabila pengambilan landscape di pegunungan kita juga harus mempertimbangkan spot dan sudut pandang yang berbeda agar foto kita tidak terlalu pasaran dan memiliki kesan tersendiri.

Pilih Saat Bluehours Maupun Goldenhours

Selain spot yang menarik kita juga harus memperhatikan pemilihan waktu terbaik untuk mengambil gambar landscape. Dan dalam dunia fotografi dikenal istilah bluehours serta goldenhours yang sangat familiar bagi para pemburu landscape. Bluehours adalah waktu dimana sebelum matahari terbit atau pun sesaat setelah matahari terbenam karena biasa nya jam jam tersebut langit akan berwarna biru. Sementara goldenhours biasa nya terjadi sekitar pagi hari sesaat setelah matahari terbit dan juga sesaat sebelum matahari terbenam. Bluehours dan goldenhours sangat penting dan berperan besar dalam pengambilan foto landscape karena dengan mengambil gambar saat waktu tersebut akan membuat landscape yang kita hasilkan lebih berwarna dan menarik.
TIPS FOTOGRAFI CARA MENGAMBIL GAMBAR LANDSCAPE YANG BAIK

 

Selalu Gunakan Tripod

Tripod sangat penting dalam pengambilan gambar atau foto landscape karena biasa nya foto landscape di ambil dengan shutter speed lambat. Shutter speed lambat membuat kita bisa menangkap gerakan alam seperti awan, deburan ombak di pantai atau pun aliran air terjun dengan lembut. Tentunya tripod adalah peralatan wajib yang kita gunakan saat menggunakan shutter speed lambat, jangan lupa juga selalu membawa remote kalau pun lupa gunakan fitur timer pada kamera agar gambar yang kita hasil kan tidak goyang akibat menekan tombol shutter.
Salah Satu Spot Untuk Landscape Sunset Di Pura Tanah Lot Bali
TIPS FOTOGRAFI CARA MENGAMBIL GAMBAR LANDSCAPE YANG BAIK

Perhatikan Foreground, Middleground dan Background

Dalam setiap foto landscape biasa nya terdiri dari foreground, middleground dan juga background karena dengan adanya 3 unsur tersebut akan membuat mata dari setiap orang yang melihat foto kita secara otomatis mengeksplor keseluruhan foto tersebut. Dari ketiga unsur tersebut harus lah memiliki ketajaman yang sama rata, untuk mendapat kan ketajaman yang merata kita bisa menggunakan apperture yang sempit seperti F16 atau bahkan F22 . Selain itu kita juga bisa menggunakan manual fokus dan atur angka ke dalam infinity fokus untuk mendapatkan hasil yang merata tentunya. Trik ini juga saya dapatkan dari mastah saya dalam bidang fotografi.

Gunakan Filter Penunjang

Sebenarnya tanpa menggunakan filter pun untuk foto landscape yang di ambil pada waktu bluehourrs dan goldenhours bisa memiliki kualitas yang bagus. Namun tak ada salah nya juga jika menggunakan filter penunjang seperti GND filter atau pun filter CPL yang pasti nya akan membuat gambar lebih cetar dan membahana. Untuk foto di bawah ini saya juga menggunakan filter GND, yang membuat warna langit tidak terlalu cerah namun bagian foreground juga tidak menjadi gelap. Kedua filter tersebut sangat di rekomendasikan saat pengambilan gambar landscape.
TIPS FOTOGRAFI CARA MENGAMBIL GAMBAR LANDSCAPE YANG BAIK

Jangan Berhenti Memotret

Seperti yang saya katakan di beberapa artikel sebelum nya yang membahas tips dan trik dalam fotografi tentunya jam terbang akan mempengaruhi hasil dari karya karya kita. Dengan semakin banyak mengambil gambar kita akan semakin belajar pula membedakan mana gambar yang bagus dan kurang bagus serta bagaimana kah settingan kamera yang pas saat mengambil gambar di suatu kondisi tertentu. Pengalaman memang guru yang terbaik dan untuk mendapatkan pengalaman itu kita harus sering keluar rumah untuk mengambil gambar di berbagai tempat dan di berbagai kondisi pula. Dengan itu tanpa kita sadari kemampuan kita akan sedikit demi sedikit meningkat dari sebelumnya. Ambil kamera mu dan segeralah memotret. Salam Jepret.
Gambar Gravatar

Hanya seorang anak muda dari Pekalongan yang mempunyai hobi Travelling dan juga Fotografi. Maka dari itu saya membuat blog www.aristo.id ini untuk wadah berbagi pengalaman. Support anda adalah semangat saya untuk berkarya.

One thought on “Tips Fotografi Cara Menghasilkan Gambar Landscape Yang Baik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *