7 Tips Foto Still Life Yang Unik Dan Menarik

Diposting pada

ARISTO.ID Still Life adalah salah satu kategori dalam fotografi yang mengutamakan sisi kreatifitas dari sang fotografer sendiri. Foto Still Life yang baik biasanya bisa merubah sebuah obyek yang sebenarnya biasa saja menjadi obyek yang indah saat masuk dalam frame. Dan kali ini saya akan mencoba memberikan beberapa Tips Foto Still Life yang unik dan menarik.

Contoh Foto Still Life Kreatif

Foto Still Life ini mempunyai tingkat kesulitan tersendiri karena kita harus pintar berimajinasi menemukan keunikan dari sebuah obyek. Penataan properti pun sangat berpengaruh dalam menghasilkan foto still life ini. Dan berikut adalah salah satu foto still life yang pernah saya ambil.

Tips Foto Still Life Yang Unik Dan Menarik

Gambar diatas hanya sebuah pensil warna yang saya tata sedemikian rupa sehingga jadi foto still life yang cukup menarik. Peralatan yang saya pakai pun sangat sederhana yaitu.

  • Pensil Warna
  • Meja Putih Polos
  • Tripod
  • Flash Ekstenal
  • Dan tentu saja Kamera

Saya hanya perlu menata pensil warna tersebut seperti itu dan mulai mengambil gambar. Awalnya saya tidak menggunakan Tripod namun karena hasilnya selalu kabur akhirnya saya memakai alat tambahan yaitu Tripod dan juga Flash eksternal. Saya juga menggunakan remote untuk menekan tombol shutter kalau tidak ada juga bisa menggunakan fitur timer. Sederhana tapi menarik bukan ???

Baca Juga 20 Foto Still Life Gelas Minuman Yang Menarik

7 Tips Foto Still Life Yang Unik Dan Menarik

Diatas adalah contoh foto still life yang sangat sederhana dan semua orang pun saya rasa bisa melakukakannya. Tinggal mau atau tidaknya saja. Selain itu juga sebenarnya masih sangat banyak macam macam dari foto still life itu sendiri. Dan berikut saya bagikan tips foto still life unik yang bisa kita coba agar obyek biasa bisa menjadi luar biasa.

1.Imajinasi

Dalam foto still life yang paling penting adalah imajinasi. Imajinasi bisa membuat kita menciptakan sesuatu yang tak terduga. Ambil semua apa saja yang ada di imajinasi kita. Apabila bisa diaplikasikan segera lakukan dan kita akan mendapatkan sebuah gambar yang tidak pernah terduga sebelumnya.

2.Pilih Obyek Yang Menarik

Tips Foto Still Life berikutnya adalah dengan memilih obyek yang menarik. Obyek menarik tidak harus mahal dan harus kita beli di tempat yang berkelas. Obyek yang menarik itu bisa apa saja yang ada disekitar kita saat ini seperti gambar pensil warna di atas.

Biasanya obyek yang dipilih dalam fotografi kategori ini adalah benda benda koleksi yang unik. Seperti mainan anak anak berupa mobil mobilan, robot gundam, lego dan masih banyak lagi benda benda lainnya yang bisa kita jadikan obyek. Seperti gambar dibawah ini hanya dari sebuah sumpit dan beberapa tetes air serta background smile bisa menjadi sebuah foto yang bagus.

Tips Foto Still Life Yang Unik Dan Menarik
Taken By. Bima Kurniawan

3.Atur Komposisi Dan Properti Foto

Langkah selanjutnya adalah mengatur komposisi dan juga properti yang kita butuhkan dalam foto. Misalnya saja jika kita memotret sebuah produk di atas meja kita bisa menambahkannya dengan baackground yang menarik. Atau kita juga bisa saja menambah kan properti tambahan disampingnya asal tidak properti tidak lebih mencolok dari obyek utama.

4.Bisa Menggunakan Studio Box Mini

Properti yang bisa kita pakai selanjutnya adalah Studio Box Mini yang bisa kita buar menggunakan kardus bekas. Cara membuatnya sendiri cukup mudah yaitu dengan melubangi sisi atas dan sisi kanan kiri dari kardus yang kemudian kita lapisi dengan kertas putih polos. Tujuan dilapisi kertas atau kain putih ini adalah untuk melembutkan cahaya yang masuh dari luar kardus.

Untuk lebih lengkapnya mengenai cara pembuatan studio box mini saya sebelumnya sudah membuat artikel lengkapnya. Baca disini, ” Cara Membuat Studio Box Mini Untuk Foto Still Life “.

5.Lighting Atau Pencahayaan

Dalam fotografi yang paling penting adalah pencahayaan atau lighting. Karena kita semua tahu kalau fotografi memang seni melukis cahaya. Jadi foto yang bagus itu adalah foto yang mempunyai pencahayaan yang baik dan tepat. Untuk itu kita harus pintar dalam menempatkan cahaya saat memotret still life ini.

Kita bisa memanfaatkan cahaya alami seperti matahari namun saat cuaca mendung atau saat pemotretan didalam ruangan kita tentu mau tidak mau menggunakan cahaya dari flash atau lampu. Namun saya sarankan untuk tidak menggunakan flash bawaan kamera. Gunakan flash eksternal yang bisa kita atur besar kecilnya cahaya yang akan dikeluarkan. Kita juga bisa mengatur arahnya jika menggunakan flash eksternal.

6.Manfaatkan Refleksi

Tips Foto Still Life berikutnya adalah dengan memanfaatkan refleksi benda dari genangan air. Untuk yang satu ini mau tidak mau kita harus melakukan pemotretan diluar ruangan dan membawa properti yang akan kita ambil gambarnya. Namun properti yang dibutuhkan pun tidak perlu banyak banyak.

Kita bisa menggunakan mainan anak anak saja untuk pemotretan ini. Misalnya mobil mobilan atau patung robot. Seperti gambar dibawah ini yang hanya menggunakan foto Becak mainan saja. Dengan memanfaatkan refleksinya membuat foto sederhana ini menjadi lebih bernilai seni.

Tips Foto Still Life Yang Unik Dan Menarik
Taken By . Athar Burhan Khoirudin

7.Sudut Pandang Yang Unik

Yang terakhir adalah tentang sudut pandang. Dalam menghasilkan foto yang unik kita harus pintar mencari sudut pandang yang berbeda dari yang lainnya. Kita tentu sering melihat beberapa postingan di facebook yang memperlihatkan kerja keras seorang fotografer dalam menghasilkan karyanya. Ada yang rela memanjat pohon, ada yang rela masuk ke semak semak dan itu dilakukan untuk mencari sudut bidik yang menarik. Jadi sudut pandang pengambilan foto sangat penting dan kita harus mau bekerja ekstra keras dalam mencari sudut pandang yang bagus.

Itu saja 7 Tips Foto Still Life yang bisa saya sampaikan. Semoga bisa bermanfaat dan salam fotografi. Terima kasih.

Gambar Gravatar

Hanya seorang anak muda dari Pekalongan yang mempunyai hobi Travelling dan juga Fotografi. Maka dari itu saya membuat blog www.aristo.id ini untuk wadah berbagi pengalaman. Support anda adalah semangat saya untuk berkarya.

One thought on “7 Tips Foto Still Life Yang Unik Dan Menarik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *