Tips Cara Foto Pesawat Terbang Atau Aviation Photography

Diposting pada

ARISTO.ID Tips Cara Foto Pesawat Terbang Atau Aviation Photography. Biasa nya dari banyak para pecinta fotografi sebagian besar memilih untuk lebih condong ke satu kategori saja. Misalnya Landscape, Makro, Model, Nighshot atau pun yang lainnya. Karena kategori kategori di atas adalah paling banyak penikmatnya.

Namun tahukah kalau ada juga orang yang suka memotret pesawat terbang ?? Mereka adalah orang orang yang termasuk dalam kategori Aviation Photography. Jadi mereka mereka ini mengambil gambar pesawat terbang di area bandara entah untuk keperluan komersil atau pun untuk koleksi pribadi saja.

Mengenal Aviation Photography

Tips Cara Foto Pesawat Terbang Atau Aviation Photography

Apa sie Fotografi Aviasi ?? Aviasi sendiri berasal dari bahasa Inggris yaitu Aviation yang berarti penerbangan. Jadi secara gampang nya Fotografi Aviasi adalah fotografi tentang dunia penerbangan.

Saya sendiri mengenal dunia Aviasi khususnya dalam hal fotografi ini setelah mengikuti grup GPI ( Gallery Photograpy Indonesia ) di Facebook. Disana saya belajar banyak tentang dunia fotografi dan semua hal yang saya bagikan di website ini khususnya tentang fotografi saya peroleh dari GPI. Dan gambar pesawat dalam artikel ini adalah hasil saya yang diberi penghargaan frame oleh GPI Aviasi.

Baca Juga Belajar Fotografi Lewat GPI Grup

Saat awal awal berburu foto pesawat saya selalu mendapatkan hasil yang buram dan gelap. Namun setelah beberapa kali mencoba akhirnya saya mendapatkan formula yang pas tentang bagaimana cara foto pesawat terbang agar hasilnya bagus.

Cara Foto Pesawat Terbang Yang Bagus

Sebenarnya dalam melakukan proses hunting pesawat ini hampir sama juga dengan saat hunting wild life yaa. Karena memang posisi nya yang jauh dari obyek. Yang membedakan hanyalah obyek nya saja antara burung yang kecil dengan burung besi yang sangat besar.

Jadi teknik dan settingan yang di pakai pun mungkin agak sama. Kalau berbeda pun itu hanya di kondisikan dengan cuaca dan keadaan sekitar saja. Dan berikut lah beberapa settingan dalam mengambil gambar pesawat terbang yang sering saya gunakan.

Tips Cara Foto Pesawat Terbang Atau Aviation Photography

1.Bisa Gunakan Mode Sport

Jika ingin otomatis dan tidak perlu mengatur berbagai settingan kamera saya biasanya memakai mode Sport ini. Mode ini biasa nya berfungsi untuk memotret kegiatan olahraga yang mementingkan moment jadi untuk mengejar moment pesawat saat mendarat atau pun lepas landas bisa gunakan mode ini.

Namun karena lokasi yang kurang cocok saya belum pernah mendapatkan foto yang pas saat pesawat mendarat dengan roda yang berasap. Mungkin lain waktu saya bisa mendapatkannya.

Baca Juga Mode Dalam Kamera DSLR

2.Lensa Tele

Penggunaan lensa tele tentu sangat wajib karena kita akan memotret pesawat yang jaraknya sangat jauh. Banyak pilihan lensa tele yang bisa di gunakan di antaranya 70 300mm. Kalau punya budget berlebih juga bisa membeli lensa tele kualitas pertama dari masing masing pabrikan.

Saya sendiri biasanya menggunakan lensa 70 200mm f2.8 Canon.

3.ISO Rendah

Jika menggunakan mode manual ataupun semi manual saya biasanya mensetting angka ISO di angka yang rendah dari 100 sampai 500. Karena jika mensetting di atas angka 500 atau bahkan sampai ribuan bisa saja nanti gambar pesawat akan pecah.

Baca Juga Cara Foto Siang Hari Agar Hasil Tidak Pecah

ISO rendah juga tidak terlalu masalah karena siang hari cahaya sangat banyak. Namun jika diperlukan bisa juga menaikkan angka ISO nya karena yang kita kejar disini adalah moment yang tidak akan terjadi dua kali.

Tips Cara Foto Pesawat Terbang Atau Aviation Photography

4.High Speed Continuous Mode

Mode ini berfungsi mengambil beberapa foto saat kita menekan tombol shutter. Fungsi nya tentu saja untuk mengambil moment pada foto yang kita bidik dalam hal ini seperti pendaratan pesawat. Namun jika pesawat masih di atas awan non aktifkan mode ini juga tidak masalah.

5.Apperture Kecil

Apperture kecil berguna untuk area fokus yang sempit. Namun biasanya lensa tele memiliki nilai apperture terkecil yang cukup besar apalagi di bukaan focal lenght terjauh. Namun ada juga lensa tele yang memiliki bukaan Apperture kecil misal nya canon 70 200mm f 2.8 andalan saya ini.

Saya biasa nya berburu foto aviasi menggunakan lensa ini karena ini lah lensa tele satu satu nya yang saya miliki.

6.Editing Juga Diperlukan

Dalam hal fotografi proses editing juga sangat berpengaruh dalam menghasilkan foto yang bagus. Saya sempat beberapa kali salah edit dengan beberapa bagian pesawat yang gelap. Karena foto aviasi yang bagus adalah seluruh bagian nya terang dan detail terlihat.

Jangan sampai ada bagian yang gelap karena itu akan menurunkan kualitas foto pesawat tersebut.

Itu saja yang bisa saya sampaikan kali ini tentang Cara Foto Pesawat terbang yang bagus. Semoga bermanfaat dan bisa membantu anda dalam mengambil gambar pesawat yang cantik dan bagus. Terima kasih dan salam jepret.

Gambar Gravatar

Hanya seorang anak muda dari Pekalongan yang mempunyai hobi Travelling dan juga Fotografi. Maka dari itu saya membuat blog www.aristo.id ini untuk wadah berbagi pengalaman. Support anda adalah semangat saya untuk berkarya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *