Tips Cara Foto Panning Yang Sangat Mudah Dilakukan

Diposting pada

ARISTO.ID Apa sie Foto Panning ??? Foto Panning itu adalah foto dengan obyek yang bergerak namun dengan background yang blur sedangkan obyek utama tajam dan fokus. Untuk Cara Foto Panning sendiri sebenarnya sangat mudah dan bisa di lakukan dimana saja. Untuk kali ini saya akan mencoba membahas nya disini.

Tips Cara Foto Panning Yang Sangat Mudah

Foto Panning Dan Foto Bokeh

Di atas saya menjelas kan bahwa Foto Panning ini adalah foto yang backgound nya blur. Terus apa beda nya dengan foto bokeh ?? Tentu saja berbeda karena jika foto bokeh blur yang dimiliki itu adalah blur dari benda yang diam. Jadi obyek dan background itu tidak ada pergerakan sama sekali.

Baca Juga Cara Foto Blur Atau Bokeh

Sementara Foto Panning sendiri memiliki sedikit perbedaan dimana obyek utama adalah benda yang bergerak. Namun hasil akhir nya adalah obyek seakan membeku sementara background lah yang seakan akan bergerak. Ini lah keunikan dari Foto Panning yang membalikkan keadaan sebenarnya berbeda dengan di foto.

Tips Cara Foto Panning

Untuk membuat Foto Panning sangatlah mudah dan peralatan yang dibutuhkan pun tidak banyak hanya kamera dan juga lensa. Lensa kit pun bisa berguna disini karena foto saya di atas dan dibawah ini saya ambil juga dengan lensa kit 18-135mm. Saya sendiri mengambil foto tersebut saat awal awal memiliki kamera DSLR jadi kalau tidak bagus harap maklum yaa.

Tips Cara Foto Panning Yang Sangat Mudah

Nah sekarang kita masuk ke pembahasan tentang Cara Foto Panning yang mudah. Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam mengambil foto panning di antaranya adalah.

1.Gunakan Settingan Mode TV Atau Shutter Priority

Inti dari pemotretan panning adalah pengaturan shutter speed nya yang mengikuti kecepatan benda yang akan kita jadikan obyek. Jadi menggunakan mode TV ini adalah salah satu cara yang paling efektif dan mudah. Kita tinggal mengatur shutter speed nya saja mengikuti gerakan kecepatan obyek.

Biasanya settingan dalam pengambilan foto panning adalah antara 1/8 sampai 1/100. Jika obyek kurang tajam kita bisa menaikkan shutter speed nya. Dan jika backgoundnya kurang blur kita turunkan shutter speed nya.

2.Tentukan Obyek Dan Titik Fokusnya

Obyek dan titik fokus saling berkaitan dalam foto panning ini. Penggunaan manual fokus lebih baik dalam hal ini karena cenderung lebih konsisten dalam mengambil gambar panning.

Jadi cara nya pilihlah obyek dengan titik fokus tertentu. Misalnya di jalan raya jadi titik fokus nya akan sama walau kendaraan yang lewat berbeda. Ambil titik fokus dengan auto fokus, setelah mendapatkan nya ubah settingan menjadi manual fokus.

Setelah itu mulailah mengambil beberapa kendaraan yang lewat di depan kita. Memang dalam penggunaan manual fokus lebih membutuhkan latihan namun hasilnya juga akan lebih maksimal walaupun penggunaan auto fokus juga cukup baik.

3.Set Frame Agak Lebar

Cara Foto Panning selanjutnya adalah pengambilan frame yang cukup lebar. Jadi asumsikan bahwa obyek adalah 1/3 dari bagian satu frame. Ini bertujuan agar background yang terlihat blur cukup karena foto panning ini keutamaannya adalah background yang blur ( blur berjalan ).

Selain itu settingan frame yang agak lebar juga bermanfaat untuk menangkat obyek sepenuhnya. Jadi obyek tidak terpotong sebagian dan menjadikan proses editing atau croping pun lebih leluasa bukan ??

4.Pilih Background Warna Warni

Pemilihan background juga cukup berpengaruh dalam mempercantik foto panning ini. Pilih lah backgound yang lebih bewarna agar foto yang kita hasilkan lebih cantik.

Coba bandingkan foto dua diatas yang saya ambil sendiri dengan foto dibawah ini yang saya peroleh dari google. Foto saya memiliki background dengan sedikti warna dan banyak didominasi warna putih sedangkan foto di bawah ini memiliki banyak warna.

Pasti kita tahu foto mana yang lebih menarik bukan ??

Cara Foto Panning

Sumber gambar DISINI

5.Gerakan Tangan Selembut Mungkin

Kunci selanjutnya dan yang paling penting adalah gerakan tangan kita mengikuti pergerakan obyek. Usahakan gerakan tangan selembut mungkin agar hasil nya pun lembut serta obyek utama fokus dan tajam.

Gerakan tangan hanya horisontal saja baik dari kanan kekiri atau pun sebaliknya dari kiri kekanan. Jangan sampai tangan bergerak ke atas atau kebawah walau sedikit karena itu akan mempengaruhi hasil foto. Dan obyek biasanya akan sedikit buram atau kurang tajam jika hal tersebut terjadi.

6.Kunci Utama Adalah Latihan

Ini adalah kunci terakhir dan yang paling utama. Yaitu latihan secara rutin. Latihan ini dibutuhkan agar pergerakan kita mengikuti obyek lembut dan halus sehingga hasil yang tajam pun akan kita dapatkan.

Latihan yang rutin akan mengasah kemampuan kita dalam menyeimbangkan gerakan obyek dan gerakan tangan. Jadi banyak banyak lah latihan karena kerja keras tentu tidak akan berbohong.

Untuk membantu ketajaman foto panning menggunakan monopod juga bisa di pertimbangkan.

Dan itu lah Tips Cara Foto Panning Yang Sangat Mudah Dilakukan. Semoga bermanfaat artikel yang saya tulis ini. Terima kasih dan salam jepret.

Gambar Gravatar

Hanya seorang anak muda dari Pekalongan yang mempunyai hobi Travelling dan juga Fotografi. Maka dari itu saya membuat blog www.aristo.id ini untuk wadah berbagi pengalaman. Support anda adalah semangat saya untuk berkarya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *