Review Lensa Kit 18-55 MM

Diposting pada

ARISTO.ID. Review Lensa Kit 18-55MM. Pembahasan kali ini adalah tentang sebuah lensa kit 18-55mm yang walau pun bisa di katakan lensa bonus tapi bisa menghasilkan gambar gambar yang bagus bahkan menakjubkan bagi pemula seperti saya. Berhubung saya menggunakan kamera DSLR Canon EOS 60D maka yang saya akan jadikan review yaitu lensa 18-55mm dari Canon. Namun jangan khawatir karena lensa kit 18-55mm ini baik Canon maupun Nikon atau dari merk merk kamera yang lain memiliki fungsi dan kualitas yang hampir sama jadi walaupun yang akan saya bahas lensa milik Canon tapi bisa dijadikan pedoman juga untuk merk yang lain.

Lensa 18-55mm ini saya katakan lensa bonus karena biasa nya saat kita membeli kamera DSLR lensa ini otomatis akan satu paket dengan kamera nya. Jadi dengan membeli body kamera kita juga akan mendapatkan lensa ini, tapi walaupun lensa bonus jangan pernah meragukan lensa ini. Karena dengan lensa ini kita juga bisa menghasilkan gambar gambar yang bagus dan lensa ini juga cocok untuk dibawa jalan jalan atau pun keperluan sehari hari.

Baca Juga Extention Tube Di Kamera DSLR

REVIEW LENSA 18-55MM DENGAN LENSA KIT CUKUP UNTUK MENGHASILKAN GAMBAR YANG MENAKJUBKAN

Kelebihan Lensa Kit 18-55mm

1. Harga nya murah

Harga dari lensa ini murah bahkan bisa di katakan gratis karena biasa nya satu paket dengan kamera yang kita beli. Namun jika ingin membeli terpisah lensa ini juga tidak terlalu mahal yaitu sekitar 13.915 yen (berhubung saya masih berada di Jepang) atau sekitar 1.400.000 rupiah untuk yang STM. Namun untuk harga bekas yang masih berkualitas di Jepang bisa di dapat dengan 7.000 yen atau sekitar 700.000 rupiah saja.
REVIEW LENSA 18-55MM DENGAN LENSA KIT CUKUP UNTUK MENGHASILKAN GAMBAR YANG MENAKJUBKAN

2. Ringan

Lensa ini tidak terlalu berat jadi untuk di pakai sehari hari tidak terlalu merepotkan. Jadi sangat cocok di pakai saat kita sedang jalan jalan bersama keluarga atau pun teman teman dengan keadaan santai. Jadi kita tetap masih bisa menikmati perjalanan tanpa terganggu dengan kamera yang dibawa.

3. Image Stabilizer

Fitur Image Stabilizer ini berfungsi untuk membantu saat kita mengambil gambar di kondisi yang minim cahaya. Fitur ini bisa menurunkan shutter speed sebanyak 4 kali atau dalam bahasa mudah nya dengan mengaktifkan fitur ini kita bisa memotret dengan memakai shutter speed 1/15 detik namun akan menghasilkan gambar setara dengan shutter speed 1/250 detik yang tentu nya tanpa blur.

Baca Juga Cara Settingan Kamera Saat Mengambil Foto HDR

4. Harga Filter Murah

Untuk lensa kit 18-55mm ini memiliki diameter 58mm , dan biasa nya untuk berbagai macam filter yang memiliki diameter 58mm harga nya lebih murah di banding kan dengan filter yang memiliki diameter lebih besar. Sebagai contoh nya untuk filter ND1000 dengan diameter 58mm harga berkisar 300.000 an rupiah sedangkan untuk yang berdiameter 67mm harga berkisar 500.000 an rupiah.

REVIEW LENSA 18-55MM DENGAN LENSA KIT CUKUP UNTUK MENGHASILKAN GAMBAR YANG MENAKJUBKAN

5. Banyak Yang Memakai

Karena lensa ini gratis satu paket dengan kamera jadi bisa di pastikan banyak pemakai dari lensa ini. Dengan begitu kita bisa saling bertukar pikiran dan pengalaman dalam menggunakan lensa kit ini dengan banyak orang. Sehingga kita bisa memaksimalkan penggunaan lensa ini dan menghasilkan gambar yang tentunya enak di pandang.

Kekurangan Lensa Kit 18-55mm

1. Material Pembuatannya

Untuk lensa kit 18-55mm ini menggunakan bahan plastik sehingga daya tahan nya tidak cukup lama kalau dibandingkan dengan lensa lain yang memakai bahan dasar lebih kokoh seperti lensa L series dari Canon yang merupakan lensa terbaik dan tentunya dengan harga yang cukup mahal. Namun untuk lensa kit 18-55mm dari Nikon memiiki bahan yang lebih bagus di bandingkan dengan Canon dan biasa nya memiliki umur yang lebih panjang.

REVIEW LENSA 18-55MM DENGAN LENSA KIT CUKUP UNTUK MENGHASILKAN GAMBAR YANG MENAKJUBKAN

2. Gambar Tidak Terlalu Tajam

Terutama dalam penggunaan diafragma terlebar yaitu 3.5-5.6 , gambar yang di hasilkan tidak terlalu tajam namun itu bisa di akali dengan mengecilkan diafragma menjadi 7.1-11. Dengan mengecilkan diafragma tersebut kita akan bisa menghasilkan gambar yang lebih tajam dari pada menggunakan diafragma terlebar.

3. Jangkauan Kurang Panjang

Jangkauan dari lensa ini yang hanya mencapai 55mm akan terasa kurang ketika kita ingin mengambil gambar yang membutuhkan zoom panjang. Sesuai pengalaman saya sendiri yang memakai lensa kit ini, misal nya saat melihat burung dan ingin mengambil gambar nya , dengan lensa 18-55mm ini kita tidak akan bisa. Maka dari itu dari pihak Canon maupun merk yang lain nya sekarang sudah banyak yang menyediakan lensa dengan focal lenght 18-135mm atau pun 18-200mm yang cukup untuk memotret di segala kondisi.

REVIEW LENSA 18-55MM DENGAN LENSA KIT CUKUP UNTUK MENGHASILKAN GAMBAR YANG MENAKJUBKAN

Itulah kelebihan dan kekurangan dari lensa kit 18-55mm yang bisa di jadikan panduan dalam memilih lensa. Namun menurut saya pribadi bagi pemula lensa ini sudah lebih dari cukup untuk bisa menghasilkan gambar gambar yang bagus dan menakjubkan. Seperti yang saya alami juga setelah berbulan bulan menggunakan lensa ini barulah bisa menjadikan patokan untuk mencari lensa lain yang lebih berkualitas tentunya.

Dan gambar semuanya disini saya ambil dengan menggunakan lensa kit 18-55mm ini.
Gambar Gravatar

Hanya seorang anak muda dari Pekalongan yang mempunyai hobi Travelling dan juga Fotografi. Maka dari itu saya membuat blog www.aristo.id ini untuk wadah berbagi pengalaman. Support anda adalah semangat saya untuk berkarya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *