Perbedaan EF Dan EFS Pada Lensa Kamera Canon

Diposting pada
ARISTO.ID Perbedaan EF Dan EFS Pada Lensa Kamera Canon. Bagi para pecinta fotografi yang memakai kamera Canon khusus nya pemula tentu pernah mengalami kesulitan dalam menerjemahkan tentang lensa bukan ?? Banyak sekali kode kode dalam jenis lensa yang tidak kita mengerti saat awal awal memegang kamera bahkan ada juga banyak orang yang sudah lama memakai Canon namun belum mengetahui arti dari kode tersebut.
Nah pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas tentang perbedaan dari EF dan EF-S pada lensa merk Canon. Apa arti dari kedua nya dan apa pula fungsi serta kelebihan masing masing dari kedua lensa tersebut ?? Berikut penjelasan lengkap nya.

Arti EF Pada Lensa Merk Canon

EF adalah singkatan dari Electro Focus yaitu jenis lensa yang di desain khusus untuk kamera Canon Full Frame seperti EOS 5D, EOS 6D dan juga EOS 1D. Lensa ini adalah juga biasa nya di beri tanda gelang merah karena lensa EF ini merupakan lensa kualitas pertama dari Canon. Walaupun desainnya untuk kamera Full Frame namun lensa ini juga bisa di pasang pada kamera APS-C
Perbedaan EF Dan EFS Pada Lensa Kamera Canon

 

Yang menjadi ciri lainnya dari lensa EF ini adalah pada bagian ujung lensa yang di sambungkan ke bodi ada tanda khusus yaitu bintik merah yang menandakan lensa ini lensa EF. Jika kamu memiliki bodi Full Frame maka di harus kan untuk membeli lensa EF ini karena dengan begitu gambar yang kamu hasilkan akan lebih maksimal.

Arti EF-S Pada Lensa Merk Canon

Sementara EF-S adalah singkatan dari Electro Focus Short yaitu sebuah lensa yang di buat khusus untuk kamera Canon non Full Frame atau APS-C. Kamera APS-C ini memiliki ukuran sensor yang lebih kecil di banding kan dengan kamera Full Frame, dan jarak sensor ke lensa EF-S juga lebih dekat di banding kan kamera Full Frame.
Perbedaan EF Dan EFS Pada Lensa Kamera Canon
Ciri dari lensa EF-S ini adalah tanda bintik kotak putih pada bagian ujung lensa. Lensa EF-S ini tidak bisa dipasangkan pada bodi kamera Full Frame dan hanya bisa di pasang di bodi kamera Crop atau APS-C saja. Jadi jika kamu memakai kamera Full Frame seperti 1D, 5D dan 6D jangan pernah membeli lensa EF-S ini.
Itulah ulasan tentang Perbedaan EF Dan EFS Pada Lensa Kamera Canon. Semoga bermanfaatdan bisa membantu menambah pengetahuan kamu tentang dunia fotografi khusus nya kamera Canon. Terimakasih.
Gambar Gravatar

Hanya seorang anak muda dari Pekalongan yang mempunyai hobi Travelling dan juga Fotografi. Maka dari itu saya membuat blog www.aristo.id ini untuk wadah berbagi pengalaman. Support anda adalah semangat saya untuk berkarya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *