Mode Dalam Kamera DSLR Yang Perlu Kita Ketahui

Diposting pada
ARISTO.IDĀ Mode Dalam Kamera DSLR Yang Perlu Kita Ketahui. Kamera DSLR adalah generasi kamera canggih yang paling banyak di pakai fotografer profesional saat ini karena dalam kamera DSLR banyak sekali fitur dan settingan yang bisa kita atur sesuai kebutuhan. Tentunya kualitas foto yang di hasilkan pun akan sangat jauh berbeda jika di bandingkan dengan kamera ponsel atau kamera digital biasa. Di kamera DSLR juga penuh dengan berbagai macam mode yang bisa kita gunakan dalam berbagai situasi dan kondisi saat hendak mengambil gambar. Pada artikel kali ini saya akan mencoba membahas nya satu persatu.
Mode Dalam Kamera DSLR Yang Perlu Kita Ketahui

 

Saat saya pertama kali memegang kamera DSLR saya ingat sekali selalu menggunakan mode Auto. Namun saat itu dengan mode Auto pun saya sudah cukup puas karena sebelumnya saya hanya menggunakan kamera ponsel yang serba terbatas. Dengan seiring berjalannya waktu pun sedikit demi sedikit akhir nya saya bisa belajar mengenai berbagai mode selain Auto dan akhir nya sampai sekarang saya sudah tidak pernah menggunakan mode Auto lagi karena memang hasil nya tidak akan maksimal.

Umum nya ada 3 mode dalam kamera DSLR antara lain :

  • Mode Otomatis diantara nya Auto, Landscape, Night, Portrait, Sport dan Makro
  • Mode Semi Otomatis diantara nya AV ( Apperture Priority ), TV ( Shutter Speed Priority ), Bulb dan P ( Program )
  • Mode Manual

Mode Auto

Mode Auto ini biasa nya hanya di gunakan oleh orang yang baru memegang kamera DSLR seperti saya saat saat awal mempunyai kamera DSLR. Mode Auto ini adalah mode full otomatis jadi kita tidak perlu melakukan settingan apapun karena semua nya sudah di atur oleh kamera mulai dari ISO, Apperture, Shutter Speed dan segala jenis pengaturan lainnya.
Inti nya kita hanya tinggal jepret dan biarkan kamera yang bekerja dan mengurus semua nya. Kita hanya perlu menunggu hasil nya saja dengan menekan tombol Shutter. Untuk pemula memang sangat cocok namun jika kita ingin menghasilkan gambar yang maksimal sebaik nya jangan gunakan mode Auto ini.

Mode Landscape

Mode Landscape ini sebenar nya masih dalam kategori otomatis karena semua nya juga sudah di atur oleh kamera. Namun kamera akan menyesuaikan dengan settingan Apperture yang kecil dan juga di imbangi dengan Shutter Speed yang agak lambat karena semua itu memang di butuhkan jika kita ingin memotret Landscape atau pemandangan. Saran saya dalam memakai mode Landscape ini untuk menggunakan Tripod agar gambar yang kita hasilkan tidak kabur akibat goncangan tangan.

Baca Juga Cara Mengambil Gambar Landscape Yang Baik

Mode Night

Sesuai dengan nama nya Night yang berarti malam, jadi mode Night ini memang di tujukan untuk memotret di malam hari. Karena kita semua tahu bahwa malam hari sangat kurang dengan cahaya maka dalam hal ini kamera akan otomatis mengatur Shutter Speed dalam angka yang sangat lama jadi Tripod juga alat wajib yang harus di gunakan saat menggunakan mode Night ini.

Mode Portrait

Jika kita ingin mengambil gambar Close Up atau wajah seseorang kita bisa menggunakan mode Portrait ini. Biasa nya kamera akan otomatis mengatur angka Apperture pada angka F kecil atau bukaan lebar sehingga di dapat gambar yang fokus dan tajampada obyek serta blur pada background. Mode ini juga cocok di gunakan saat pemotretan model.

Mode Sport

Jika ada event olahraga kita bisa menggunakan mode ini. Kegiatan olahraga biasa nya memiliki gerakan yang cepat sehingga kita di paksa untuk mendapatkan moment yang pas dalam kejadian sepersekian detik. Mode ini sangat cocok karena nanti nya dalam mode ini kamera akan secara otomatis mengatur kecepatan Shutter Speed di tingkat yang cepat dan juga menaikkan ISO untuk mengambil cahaya dalam waktu Shutter yang singkat.

Baca Juga Cara Mengambil Foto Sport Yang Baik

Mode Makro

Memotret Makro memiliki tingkat kesulitan tersendiri, apalagi yang masuk dalam kategori ekstrim makro. Selain karena obyek yang kecil semacam serangga juga di karenakan jarak yang harus kita ambil dengan dekat sehingga memungkin kan serangga untuk kabur. Mode ini akan sedikit membantu dalam perburuan makro kita, namun sesuai pengalaman saya dalam mengambil gambar makro lebih baik memakai manual fokus dari pada auto fokus pada lensa, namun untuk lebih jelas nya silahkan saja bandingkan sendiri.

Baca Juga Cara Mengambil Gambar Bunga Outdoor Yang Baik

Mode AV Apperture Priority

Ini adalah mode semi auto, jadi disini kita hanya mengatur nilai Apperture yang akan kita gunakan dalam pengambilan gambar. Nanti nya kamera akan menyesuaikan sendiri nilai ISO dan juga Shutter Speed yang di butuhkan saat itu sehingga di dapatkan Eksposure yang bagus.

Baca Juga Teknik Fotografi Mengenal Segitiga Eksposure

Mode TV Shutter Speed Priority

Jika AV adalah mengatur Apperture secara manual maka TV ini adalah sebalik nya. Dalam mode ini kita bisa mengatur Shutter Speed sesuka hati yang nantinya kamera akan bekerja menyesuaikan nilai Apperture dan ISO yang pas. Mode ini bisa kita gunakan juga untuk memotret sesuatu yang membutuhkan pengaturan Shutter Speed seperti olahraga atau sport dan juga pemandangan atau landscape.

Mode Bulb

Jika dalam mode otomatis ada mode Night maka di mode semi otomatis ini ada mode Bulb. Biasa nya mode Bulb ini di gunakan saat mengambil gambar di malam hari yang membutuhkan Shutter Speed sangat lambat. Biasa nya dalam kamera DSLR Shutter Speed paling rendah berada di angkat 30 detik namun dengan mode Bulb ini kita bisa sesuka hati mengatur Shutter Speed bahkan sampai hitungan 2 atau 3 menit. Kita juga bisa mengatur ISO dan juga Apperture sesuka hati.

Baca Juga Tutorial Foto Bulb Spoiler Yang Bagus

Mode Program

Mode ini juga masih dalam kategori semi auto karena kita hanya bisa mengatur ISO sendiri sedangkan pengaturan yang lain akan di berikan kepada kamera. Namun untuk pengaturan Apperture dan juga Shutter Speed juga masih kita atur namun dalam batas yang tidak terlalu bebas seperti manual.

Mode Manual

Ini adalah mode yang sangat susah bagi para amatir seperti saya. Namun mode ini lah yang paling bisa menghasilkan gambar atau foto yang maksimal dengan pengaturan sendiri. Disini kita bebas mengatur apa saja yang kita inginkan tanpa ada batasan, jadi gambar yang kita hasilkan nanti nya pun tidak akan langsung sempurna sekali jepret. Biasa nya memerlukan beberapa kali pengambilan gambar sampai di dapatkan pengaturan yang pas.
Jadi mode ini sangat cocok untuk kategori fotografi yang tidak mengejar moment seperti model, night shot, landscape. Dan jangan sekali kali menggunakan mode manual ini saat mengejar moment seperti sport jika kita tidak ingin menyesal akibat salah settingan dan ketinggalan moment berharga.
Demikian lah sedikit informasi mengenaiĀ Mode Dalam Kamera DSLR yang memang sangat perlu kita ketahui agar dalam menggunakan kamera kita bisa menghasilkan gambar yang maksimal dengan memilih berbagai mode yang tepat di atas sesuai kebutuhan. Semoga informasi ini bermanfaat dan saya ucapkan terima kasih.
Gambar Gravatar

Hanya seorang anak muda dari Pekalongan yang mempunyai hobi Travelling dan juga Fotografi. Maka dari itu saya membuat blog www.aristo.id ini untuk wadah berbagi pengalaman. Support anda adalah semangat saya untuk berkarya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *