Mengenal Istilah Bluehours Dalam Fotografi

Diposting pada
ARISTO.ID. Dalam dunia photograpy banyak sekali cara maupun teknik yang di pakai agar memperoleh kualitas gambar yang bagus dan enak di pandang mata salah satu nya yang akan kita bahas kali ini adalah tentang Blue Hours. Blue Hours adalah istilah yang di pakai untuk menggambar kan suasana sesaat setelah matahari terbenam pada sore hari atau pun pada pagi hari sebelum matahari terbit. Saat itu lah warna langit akan sempurna untuk mengambil gambar baik landscape maupun nightshot di perkotaan dengan gedung gedung tinggi nya.

Untuk kali ini yang akan saya jadikan contoh adalah saat saya mengambil gambar nightshot di salah satu tempat spot favorit saya yaitu di Odaiba Tokyo. Di bawah ini adalah hasil gambar yang saya ambil dalam waktu dan hari yang berbeda sebelum saya mengenal istilah Blue Hours dan setelah saya mengenal Blue Hours kemudian langsung saya praktekan di tempat yang sama.

MENGENAL ISTILAH BLUEHOURS DALAM FOTOGRAFI AGAR GAMBAR YANG KAMU AMBIL MENJADI LEBIH BAGUS
Foto di bawah saya ambil sekitar pukul 19.00, namun saat musim dingin yang waktu siang nya pendek jadi pukul 17.00 pun matahari sudah terbenam. Dari gambar di bawah tampak langit nya berwarna hitam namun karena cuaca saat itu cerah dan awan juga nampak jadi masih lumayan bagus kalau menurut saya pribadi :D. Sementara foto di atas ini saya ambil saat Blue Hours yaitu sesaat setelah matahari terbenam, dan bisa dilihat perbedaan nya dari gambar di bawah yang di ambil saat malam hari dengan gambar di atas ini yang di ambil saat Blue Hours.
MENGENAL ISTILAH BLUEHOURS DALAM FOTOGRAFI AGAR GAMBAR YANG KAMU AMBIL MENJADI LEBIH BAGUS

 

Keuntungan Hunting Saat Blue Hours

1. Gambar Lebih Hidup

Dengan hunting saat Blue Hours maka bisa di pastikan kombinasi warna yang di dapat akan semakin bervariasi sehingga gambar akan nampak lebih hidup dan menarik. Sedangkan saat malam hari kita hanya bisa mengandalkan warna warna dari lampu untuk membuat gambar terlihat bagus karena langit hanya akan menyumbang warna gelap yang dominan.

2. Menghemat Filter

Saat mengambil Landscape tentunya kita akrab dengan berbagai jenis filter yang di gunakan untuk memaksimalkan hasil dari Landscape yang kita ambil. Sementara saat mengambil gambar di waktu Blue Hours penggunaan filter itu bisa kita minimalisir karena tanpa menggunakan filter pun gambar yang akan kita hasil kan sudah penuh dengan warna. Namun jika ingin menambah kan filter juga tidak masalah.

3. Meminimalisir Proses Editing

Memotret dan proses editing tidak bisa di pisahkan, kedua nya harus selalu berdampingan bahkan sampai ada yang bilang “motret itu 100% dan edit itu 100%”. Namun jika kita sudah menghasil kan 100% gambar yang bagus itu, dalam proses editing kita akan di permudah. Jadi menurut pengalaman saya sendiri gambar yang saya ambil saat Blue Hours memang sedikit sekali saya otak atik karena hasil aslinya sendiri memang sudah bagus.

4. Pencahayaan Yang Sempurna

Saat memotret Landscape pada siang hari kita sering di hadapkan pada masalah pencahayaan yang terlalu kontras antara langit dan tanah atau obyek yang akan kita ambil gambar nya. Pun saat malam hari yang gelap sehingga cahaya yang tersedia kurang memadai. Saat Blue Hours kita tidak akan di pusingkan dengan masalah pencahayaan karena saat ini cahaya dari langit akan meredup sehingga warna langit dan tanah atau pun obyek akan sama. Jadi jangan khawatir masalah pencahayaan saat kita memotret di waktu Blue Hours.

5. Meningkatkan Kemampuan Photograpy

Blue Hours memiliki waktu yang singkat mungkin sekitar 30 menit sampai 1 jam an saja. Di waktu yang singkat itu tentunya kita di paksa untuk menghasilkan gambar yang sempurna, dan kita juga di harus untuk mendapatkan moment yang pas karena apabila dalam waktu tersebut kita tidak mendapatkan gambar yang bagus maka bisa di pastikan kita harus menunggu waktu 24 jam lagi untuk mencari kembali moment yang pas tersebut. Dan dengan banyak nya latihan serta jam terbang maka akan meningkat pula skill atau kemampuan kita dalam hal photograpy.

Baca Juga Settingan Kamera Saat Mengambil Gambar HDR

MENGENAL ISTILAH BLUEHOURS DALAM FOTOGRAFI AGAR GAMBAR YANG KAMU AMBIL MENJADI LEBIH BAGUS
Gambar Gravatar

Hanya seorang anak muda dari Pekalongan yang mempunyai hobi Travelling dan juga Fotografi. Maka dari itu saya membuat blog www.aristo.id ini untuk wadah berbagi pengalaman. Support anda adalah semangat saya untuk berkarya.

One thought on “Mengenal Istilah Bluehours Dalam Fotografi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *