Memilih Antara Lensa Prime Atau Lensa Zoom ?? Ini Pertimbangannya

Diposting pada

ARISTO.ID Memilih Antara Lensa Prime Atau Lensa Zoom ?? Ini Pertimbangannya. Lensa merupakan salah satu komponen penting dalam fotografi yang tidak bisa dipisahkan dengan body kamera. Jika tidak ada lensa tentu kita tidak akan bisa melakukan pemotretan. Dan lensa sendiri memiliki jenis yang bermacam macam mulai dari wide sampai tele dan juga lensa prime atau lensa zoom

Baca Juga Berbagai Jenis Lensa Kamera Dalam Dunia Fotografi

Pada pembahasan kali ini saya hanya akan menfokuskan antara lensa prime dan juga lensa zoom. Banyak pertanyaan yang masuk kepada saya tentang kedua jenis lensa tersebut. Kebanyakan mempertanyakan tentang kelebihan masing masing lensa sehingga bisa menjadi pertimbangan untuk membeli lensa selanjutnya.

Memilih Antara Lensa Prime Atau Lensa Zoom ??

Memilih Antara Lensa Prime Atau Lensa Zoom ??

Lensa Prime adalah lensa yang hanya memiliki satu focal lenght dan juga biasa disebut dengan lensa fix. Contohnya adalah lensa prime 50mm F1.8 dan lensa prime 100mm F2.8. Sedangkan Lensa Zoom adalah lensa yang memiliki dua focal lenght dari jarak terdekat sampai jarak terjauh. Contoh dari lensa zoom ini adalah Lensa Kit 18-55mm F3.5-5.6 dan lensa kit 55-250mm F4-5.6.

Kedua lensa tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing sesuai fungsinya. Dan berikut pembahasan lengkapnya tentang lensa prime baik kelebihan maupun kekurangannya.

Kelebihan Lensa Prime :

  • Biasanya ukuran lebih kecil dan lebih ringan dibandingkan lensa zoom
  • Kualitas optik lebih baik
  • Nilai Apperture maksimum sangat lebar
  • Karena Apperture lebar tentu ini modal untuk membuat Foto Bokeh yang tepat
  • Autofokus yang relatif lebih cepat
  • Karena fix kita harus memaju mundurkan kaki untuk mendapatkan framing yang tepat. Dan hal ini tentu melatih insting memotret lebih bagus.

Kekurangan Lensa Prime :

  • Tidak bisa dizoom
  • Susah mencari framing yang tepat karena kita harus bergerak untuk mendapatkan komposisi foto yang lengkap

Memilih Antara Lensa Prime Atau Lensa Zoom ??

Itu adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari lensa prime atau lensa fix. Kemudian bagaimana dengan kompetitornya yaitu lensa zoom. Berikut dibawah ini saya paparkan tentang kelebihan dan kekurangan dari lensa zoom yang perlu kita ketahui.

Kelebihan Lensa Zoom :

  • Lebih mudah mengatur komposisi foto saat akan memotret
  • Tidak perlu menggonta ganti lensa karena bisa di zoom apalagi jika menggunakan Lensa Sapujagat ( lensa dengan jarak focal lenght sangat panjang misalnya 18-270mm Tamron )
  • Cocok untuk pemula yang baru belajar fotografi
  • Kita tidak perlu membawa banyak lensa saat ingin travelling dengan kamera

Kekurangan Lensa Zoom :

  • Nilai Apperture maksimal berubah sesuai panjang focal lenght. Contohnya pada lensa kit 18-55mm, saat kita menggunakan focal lenght pada angka 18mm Apperture maksimal bisa sampai F3.6 namun jika menggunakan focal lenght 55mm Apperturenya turun sampai F5.6
  • Lebih berat
  • Optik lebih rentan mengalami kerusakan terutama kabel fleksibel
  • Kurang dalam mengambil foto bokeh

Baca Juga Antara RAW vs JPG : Memilih Format Untuk Kamera

Memilih Antara Lensa Prime Atau Lensa Zoom ??

Itulah pembahasan mengenai keduanya antara lensa prime atau lensa zoom. Kemudian yang menjadi pertanyaan adalah lebih baik mana antara lensa prime atau lensa zoom ???

Jawabannya adalah relatif sesuai kebutuhan.

Keduanya sama sama diperlukan sesuai kebutuhannya. Saat kita sedang memotret model atau makro maka lebih baik menggunakan lensa prime yang memiliki Apperture lebar namun jika kita hanya akan memotret aktifitas jalan jalan lebih baik menggunakan lensa zoom saja karena kita tidak akan disusahkan dengan menggonta ganti lensa nantinya.

Jadi tidak ada yang lebih baik dari kedua lensa diatas. Semuanya relatif tergantung kebutuhan dan juga tergantung kepentingan. Demikianlah artikel tentang Memilih Antara Lensa Prime Atau Lensa Zoom ?? Semoga bermanfaat dan akhir kata terima kasih. Salam fotografi.

Gambar Gravatar
Hanya seorang anak muda dari Pekalongan yang mempunyai hobi Travelling dan juga Fotografi. Maka dari itu saya membuat blog www.aristo.id ini untuk wadah berbagi pengalaman. Support anda adalah semangat saya untuk berkarya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *