Antara RAW vs JPG : Memilih Format Yang Bagus Untuk Kamera

Diposting pada

ARISTO.ID  Antara RAW vs JPG : Memilih Format Yang Bagus Untuk Kamera. Bagi fotografer pemula atau orang yang baru memegang kamera tentu belum berpikir untuk memilih format yang cocok untuk kamera DSLR. Seperti saya beberapa tahun yang lalu. Yang saya tahu hanyalah memotret dan memotret kemudian memberi watermark segede gajah dan meng uploadnya di media sosial.

Tujuannya apalagi kalau tidak ingin dipanggil mastah fotografi. Tapi seiring berjalannya waktu saya pun sadar dan malu sendiri dengan tingkah saya beberapa waktu yang lalu tersebut. Sedikit demi sedikit saya belajar mengenai fotografi termasuk dalam pemilihan format yang tepat antara RAW vs JPG.

Antara RAW vs JPG : Memilih Format Yang Bagus Untuk Kamera

Antara RAW vs JPG : Memilih Format Yang Bagus Untuk Kamera

RAW vs JPG ?? Perbedaan antara format file RAW dan format file JPG sangat banyak dan masing masing keduanya juga memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Format File RAW adalah format file mentah yang langsung direkam dari sensor kamera dan dikirim ke kartu memori sedangkan Format File JPG adalah file hasil olahan software kamera dari file RAW tersebut dan kemudian baru dikirim file foto ke kartu memori dalam bentuk JPG.

Bagi orang yang baru terjun didunia fotografi mungkin tidak mempermasalahkan ini tapi bagi para profesional tentu ini menjadi hal yang perlu diperhatikan. Antara RAW vs JPG sendiri juga sebenarnya bagus di pakai dalam kondisi tertentu. Dan berikut saya paparkan beberapa kelebihan dan kelemahan masing masing format file dalam kamera DSLR.

Kelebihan Format RAW :

  • Bisa lebih leluasa mengatur atau mengedit White Balance
  • Lebih bebas dan lebih leluasa melakukan editing foto
  • Lebih banyak informasi yang tersimpan karena jika menggunakan format JPG kamera akan secara otomatis menghilangkan sebagian informasi kecil untuk mempercepat proses pengolahan
  • Berfungsi sebagai digital negative foto atau Klise pada jaman dahulu. Karena file RAW adalah file murni jadi kita bisa mengeditnya sesuai keinginan apabila dimasa mendatang ada aplikasi editing foto yang baru
  • Kualitas foto secara keseluruhan lebih natural dan lebih baik dari JPG

Kekurangan Format RAW :

  • Ukuran file foto lebih besar sehingga memakan kapasitas memori lebih banyak
  • Harus melalui proses editing untuk bisa diupload ke internet atau dilihat melalui smartphone
  • Lebih banyak menyita waktu ( karena harus melalui proses editing )

Baca Juga Tips Menjadi Fotografer Pernikahan

Antara RAW vs JPG : Memilih Format Yang Bagus Untuk Kamera

Itu adalah beberapa penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan menggunakan format file RAW. Pada intinya format RAW adalah format murni tangkapan sensor kamera yang tidak di otak atik oleh software di dalam kamera. Jadi benar benar file murni yang sebenarnya belum tersentuh apapun. Sementara format JPG sendiri berikut dibawah ini saya paparkan kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Format JPG :

  • Bisa langsung di upload diinternet atau dilihat melalui smartphone
  • Tidak perlu melakukan editing karena software kamera sudah bekerja untuk itu
  • Ukuran foto lebih kecil jadi tidak terlalu memakan banyak tempat
  • Lebih praktis dan mudah

Kekurangan Format JPG :

  • Keterbatasan dalam editing foto. Sebenarnya format JPG juga masih bisa di edit melalui photoshop atau aplikasi lainnya hanya sifatnya lebih terbatas dan tidak selengkap pada format RAW
  • Informasi yang tersimpan lebih sedikit dari pada RAW
  • Kualitas keseluruhan foto masih kalah dibandingkan dengan file RAW

Itu adalah perbandingan antara format RAW vs JPG. Kemudian yang jadi pertanyaan adalah lebih baik manakah antara kedua format foto tersebut. Kalau salah satunya lebih baik tentu yang lain seharusnya tidak perlu di munculkan ( di tiadakan ). Untuk membandingkan nya silahkan lihat tabel dibawah ini.

Kategori Fotografi JPG vs RAW Alasan
Foto Landscape RAW  
Foto Model RAW  
Foto Wedding RAW  
Foto Olahraga JPG Untuk mengejar moment
Foto Burung Terbang JPG Untuk menangkap gerakan burung yang sangat cepat
Foto Nightshot RAW  
Foto Still Life RAW  
Foto Makro RAW  
Foto Portrait RAW  
Foto Jalan Jalan Biasa JPG Menghemat kartu memori

 

Dari table diatas bisa disimpulkan bahwa penggunaan RAW vs JPG itu relatif sesuai dengan jenis kategori foto apa yang akan kita buat. RAW sendiri sebenarnya memang secara keseluruhan lebih baik namun bagi orang yang tidak ingin ribet dengan pengeditan dan hanya untuk foto travelling pribadi saja format JPG bisa menjadi pertimbangan.

Demikian pembahasan kali ini mengenai pemilihan format yang bagus dalam fotografi antara RAW vs JPG. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.

Gambar Gravatar

Hanya seorang anak muda dari Pekalongan yang mempunyai hobi Travelling dan juga Fotografi. Maka dari itu saya membuat blog www.aristo.id ini untuk wadah berbagi pengalaman. Support anda adalah semangat saya untuk berkarya.

2 thoughts on “Antara RAW vs JPG : Memilih Format Yang Bagus Untuk Kamera

  1. kalo saya untuk dicetak lebih baik menggunakan raw karena pasti gambar lebih jernih,

    1. Iyaa memang RAW lebih bagus di hampir semua lini om dari pada JPG. . .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *