Lensa Portrait Murah Yang Tidak Murahan yaitu Lensa 50MM

Diposting pada
ARISTO.ID. Selamat malam pecinta photograpy, kali ini saya akan membahas tentang sebuah lensa portrait murah yang tidak murahan dan pasti nya dapat menghasilkan gambar gambar yang menakjubkan yaitu Lensa Fix 50mm. Memang lensa yang satu ini adalah lensa yang sangat banyak peminat nya dan hampir setiap pecinta photograpy memiliki lensa ini termasuk saya. Lensa ini juga memiliki beberapa kelas atau versi yang tentunya memilik kualitas dan harga yang berbeda. Berikut ulasan lengkap nya mengenai Lensa Fix 50mm.
 
LENSA PORTRAIT MURAH YANG TIDAK MURAHAN YAITU LENSA 50MM

 

Jenis Lensa 50mm

Lensa 50mm mempunyai jenis atau pun tingkatan tersendiri dari yang termurah sampai yang termahal dan tentunya kualitas nya pun juga beda. Khusus nya pada Canon, yang paling murah adalah Lensa 50mm F1.8 dan versi ini pun memiliki dua jenis yaitu yang STM dan yang non STM. Untuk lensa ini berharga 1.000.000 an rupiah untuk yang non STM dan hampir 2.000.000 an rupiah untuk yang STM.. Lensa ini bisa memiliki harga yang terbilang cukup murah karena terbuat dari bahan plastik yang terkesan murahan tapi sama sekali jangan ragukan kualitas dari gambar yang dihasilkan dengan lensa ini.
Untuk yang kedua yaitu Lensa 50mm F1.4, lensa ini bisa menghasilkan bokeh yang lebih bagus di bandingkan dengan yang memiliki bukaan diafragma 1.8 saja. Keunggulan lain dari lensa ini adalah dengan sudah dibenamkan nya fitur USM atau Ultra Sonic Motor yang bekerja pada mekanisme autofokus yang lebih halus. Namun untuk menebus lensa ini di perlukan mahar yang tidak murah yaitu sekitar 5.400.000 an rupiah.
LENSA PORTRAIT MURAH YANG TIDAK MURAHAN YAITU LENSA 50MM

Dan jika Lensa 50mm F1.4 dirasa masih kurang masih ada lagi kakak nya yaitu Lensa 50mm F1.2. Lensa kategori L series atau lensa kelas utama dari Canon ini merupakan penghasil bokeh nomor 1 karena memiliki bukaan diafragma yang sangat lebar yaitu 1.2. Untuk kualitas bahan dan gambar yang dihasilkan tak perlu di tanyakan lagi namun lensa ini juga mempunyai kekurangan tentunya. Dan mungkin kekurangan satu satu nya adalah harga yang selangit yaitu sekitar 21.000.000 rupiah.

Kelebihan Lensa 50mm

1. Ringan

Bentuk yang mungil dari lensa ini membuat nya ringan dan akan terasa nyaman saat di kalungkan bersama DSLR kita saat jalan jalan. Karena berat lensa ini hanya 130 gram untuk yang F1.8, 290 gram untuk yang F1.4 dan 549 gram untuk yang versi F1.2. Bandingkan jika kita menggunakan lensa 70-200mm F2.8 L Series yang memiliki berat 1,3 kilogram akan sangat terasa jika di kalungkan di leher. Dengan bentuk yang mungil dan ringan ini lah membuat lensa 50mm ini cocok di gunakan untuk aktivitas sehari hari.
LENSA PORTRAIT MURAH YANG TIDAK MURAHAN YAITU LENSA 50MM

2. Penghasil Bokeh Atau Blur Terbaik

Lensa 50mm adalah penghasil bokeh atau blur terbaik karena memiliki bukaan diafragma yang lebar, hanya dengan F1.8 pun kita sudah bisa menghasilkan blur yang maksimal. Apalagi dengan F1.4 bahkan F1.2 kita akan mendapatkan bokeh yang sangat maksimal. Selain itu dengan nilai Apperture yang dimiliki lensa 50mm ini memungkinkan kita untuk mengambil gambar di kondisi yang sangat minim cahaya sekalipun dengan hasil yang tajam.

3. Cocok Untuk Portrait, Makro Dan Animal

Jika kamera yang kita gunakan menggunakan jenis sensor APSC atau sensor crop factor 1.5 maka akan membuat focal lenght efektif lensa ini menjadi 75mm. Dengan demikian lensa ini akan menjadi lensa portrait yang sangat ideal untuk kamera jenis APSC. Selain itu dengan tambahan Extention Tube lensa 50mm ini juga sangat cocok digunakan untuk foto makro. Dan hasil nya pun tidak akan kalah dengan lensa khusus makro lain yang beredar sekarang. Untuk foto animal misal nya burung yang sedang terbang lensa ini juga cocok untuk pembahasan nya bisa dilihat di artikel saya sebelum nya.
LENSA PORTRAIT MURAH YANG TIDAK MURAHAN YAITU LENSA 50MM

 

4. Fix Tanpa Zoom

Lensa 50mm ini adalah lensa fix yang tidak bisa di zoom karena memang focal lenght nya hanya di jarak 50mm saja. Dengan demikian maka kita harus menggerakkan kaki kedepan atau pun kebelakang untuk mengambil frame yang pas dari obyek yang akan kita foto. Dengan sering nya menggerakkan badan tanpa disadari itu akan melatih kita untuk mencari komposisi yang pas dalam pengambilan sebuah gambar dan tentunya meningkat kan skill dalam photograpy.

5. Murah

Ini khusus untuk yang Lensa 50mm F1.8 saja, dikatakan murah karena hanya dengan harga kurang dari 2.000.000 rupiah kita bisa mendapatkan lensa yang sangat bagus ini. Sebenarnya dengan F1.8 juga sudah cukup menghasilkan gambar gambar yang menakjubkan yang tidak kalah dengan lensa L series lainnya dari Canon. Dan juga dengan satu lensa ini kita bisa menggunakannya untuk 2 macam pemotretan berkualitas yaitu makro dan portrait.
Gambar Gravatar

Hanya seorang anak muda dari Pekalongan yang mempunyai hobi Travelling dan juga Fotografi. Maka dari itu saya membuat blog www.aristo.id ini untuk wadah berbagi pengalaman. Support anda adalah semangat saya untuk berkarya.

One thought on “Lensa Portrait Murah Yang Tidak Murahan yaitu Lensa 50MM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *