Harapan Untuk Kereta Api Indonesia Di Masa Mendatang

Diposting pada

ARISTO.ID Harapan Untuk Kereta Api Indonesia Di Masa Mendatang. Kalau berbicara mengenai masalah transportasi umum tentu kita tidak akan lepas dari yang namanya Kereta Api. Kereta Api adalah salah satu mode transportasi umum andalan warga Indonesia khususnya pulau Jawa dan juga Sumatera. Karena mode transportasi ini tentu memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh mode transportasi lain. Diantara lain kelebihannya adalah :

  • Harga tiket yang terjangkau
  • Fasilitas Kereta Api yang memadai
  • Transportasi anti macet
  • Fasilitas penunjang di stasiun yang juga memadai

Dengan berbagai kelebihan diatas tentu bagi sebagian besar masyarakat Kereta Api masih menjadi pilihan terbaik untuk menemani perjalanan. Walaupun sekarang ini banyak berbagai macam jenis transportasi di Indonesia Kereta Api masih memiliki tempat tersendiri bagi masyarakat Indonesia.

Harapan Untuk Kereta Api Indonesia Di Masa Mendatang
Google.com

Kereta Api di Indonesia dan Kereta Api di Jepang

Sebelumnya perkenalkan dulu nama saya adalah Mukhamad Aristo. Saya adalah seorang pemuda dari Pekalongan Jawa Tengah yang sekarang ini berprofesi sebagai seorang fotografer. Selain sebagai seorang fotografer saya juga seorang blogger yang mengelola blog pribadi saya ini yaitu Aristo Blog / www.aristo.id.

Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas mengenai perbedaan teknologi Kereta Api di Indonesia dan juga di Jepang. Saya mencoba membahas masalah ini karena saya sendiri memiliki pengalaman tinggal selama 3 tahun di Jepang. Saya bekerja di sebuah perusahaan Jepang dengan status pekerja magang atau biasa disebut dengan istilah ” Kenshusei “.

Sebagai seorang yang memiliki kesempatan tinggal di negara orang saya pun memanfaatkannya dengan sering jalan jalan mengenal lebih jauh tentang Jepang. Dan Kereta Api adalah transportasi andalan yang selalu saya gunakan. Karena kereta api menurut saya lebih murah dan cepat dibandingkan transportasi lainnya.

Baca Juga Pengalaman Tinggal Di Jepang 3 Tahun Sebagai Pemagang

Di Indonesia sendiri Kereta Api juga merupakan salah satu transportasi andalan masyarakat. Terutama saat saya tinggal di ibukota Jakarta dan memakai jasa Commuter Line. Teknologi dari Commuter Line menurut saya sudah sangat baik dan hampir menyamai Kereta Api yang ada di Jepang. Sayangnya Commuter Line ini hanya ada di Jakarta saja. Seandainya Commuter Line ini bisa melayani rute seluruh Indonesia saya yakin Indonesia akan menjadi negara maju dan mampu bersaing dengan Jepang, Amerika, Korea, Inggris dan negara negara maju lainnya.

Harapan Untuk Kereta Api Indonesia Di Masa Mendatang

Kinerja dari PT Kereta Api Indonesia sebenarnya saya rasa sudah semakin baik setiap waktunya. Armada Kereta Api yang terus diperbarui, pembangunan jalur ganda di sepanjang jalur Kereta Api di Indonesia sudah menunjukkan bahwa PT Kereta Api Indonesia selalu mengedepankan pelanggannya yang merupakan rakyat Indonesia. Namun sebagai warga negara saya juga mengidam idamkan perkeretaapian yang lebih maju seperti negara negara adidaya didunia lainnya.

Contohnya saja Jepang yang saya sendiri pernah tinggal disana selama 3 tahun. Saya pun mempunyai harapan harapan untuk Kereta Api Indonesia di masa mendatang. Dan berikut adalah beberapa Harapan Untuk Kereta Api Indonesia Di Masa Mendatang dari saya pribadi.

1.Commuter Line di Seluruh Indonesia

Harapan pertama saya untuk Kereta Api Indonesia Di Masa Mendatang adalah adanya Commuter Line di seluruh Indonesia. Seperti yang saya sebutkan diatas bahwa Commuter Line yang saat ini ada di Jakarta sangatlah membantu aktivitas masyarakat ibukota. Kita tidak perlu bermacet macetan lagi jika menggunakan Commuter Line ini.

Dan bisa dibayangkan jika Commuter Line ada diseluruh Indonesia !! Bisa dipastikan perekonomian Indonesia akan maju dengan pesat karena masalah transportasi akan lebih mudah dengan adanya Commuter Line ini.

2.Penggantian Lokomotif Dengan Kereta Listrik

Di Indonesia saat ini Kereta Listrik hanya ada di Jakarta saja yaitu yang saya sebutkan tadi Commuter Line. Selain itu Kereta Api kita di seluruh Indonesia masih menggunakan Lokomotif untuk menarik gerbong gerbong di belakangnya. Menurut pendapat saya akan lebih baik jika semua Lokomotif yang ada di gantikan dengan Kereta Listrik.

Saya sebagai masyarakat awam tentu tidak tahu kekurangan dan juga kelebihan masing masing teknologi ini secara detailnya. Namun yang saya lihat dengan mata orang awam ini Kereta Listrik memiliki keunggulan keunggulan yang membuatnya lebih baik dari kereta Lokomotif. Salah satunya adalah tingkat pengereman yang lebih baik. Hal ini tentu akan mengurangi tingkat kecelakaan tabrakan antara Kereta Api karena dengan jarak yang cukup dekat Kereta Listrik masih mampu berhenti dengan baik. Berbeda dengan kereta Lokomotif yang memerlukan jarak cukup jauh saat melakukan pengereman sampai kereta benar benar berhenti sepenuhnya.

Namun untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan 2 teknologi ini tentu kita memerlukan tenaga ahli untuk mengkajinya. Bukan hanya pandangan orang awam seperti saya saja.

3.Kereta Cepat Di Indonesia

Harapan Untuk Kereta Api Indonesia Di Masa Mendatang

Beberapa tahun terakhir ini ramai dibicarakan di media bahwa Indonesia akan membangun kereta cepat dari Jakarta ke Bandung. Benar atau tidaknya saya sebagai warga biasa tentunya tidak tahu. Saya hanya berharap bahwa berita itu benar adanya. Dan impian atau harapan saya agar kereta cepat ada di Indonesia bisa terlaksana.

Selain rute Jakarta Bandung yang santer tersebar menurut saya rute Jakarta Bali akan lebih baik jika di utamakan. Melihat tarif kereta cepat ini yang bisa dikatakan mahal dan juga untuk akses turis asing dari luar negeri agar bisa menikmati perjalanan darat dari ibukota Jakarta menuju pulau dewata Bali atauapun sebaliknya.

4.Pembangunan Palang Pintu Otomatis Di Setiap Perlintasan Jalur Kereta Api

Hampir setiap bulan bahkan setiap minggunya ada berita mengenai orang tertabrak kereta api di jalur perlintasan tanpa palang pintu di Indonesia. Bukan hanya di ibukota saja bahkan di kota kota kecil seperti tempat tinggal saya Kota Pekalongan pun kecelakaan seperti ini sering terjadi.

Penyebabnya tentu selain karena tidak adanya palang pintu adalah kecerobohan pengguna jalan yang kurang hati hati atau tidak sabar menunggu kereta lewat. Hal ini bisa di atasi dengan membangun palang pintu otomatis di setiap perlintasan kereta api. Seperti yang di lakukan oleh Jepang. Bahkan untuk jalan kecil yang hanya bisa dilewati oleh sepeda pun dibangun palang pintu kereta api otomatis di negara tersebut.

Dan untuk menghindari PHKnya para pekerja di Kereta Api kita bisa menfokuskan pekerjaannya dengan memantau kendaraan yang sedang berada di belakang palang pintu agar tidak menerobos. Jadi kemungkinan kecelakaan bisa dihindari pekerjaan petugas pun semakin mudah.

5.Pembangunan Infrastuktur Stasiun di Indonesia

Harapan Untuk Kereta Api Indonesia Di Masa Mendatang yang terakhir adalah masalah pembangunan infrastuktur stasiun. Hampir semua stasiun di Indonesia memiliki bangunan yang sudah tua walaupun fasilitasnya cukup lengkap namun peremajaan infrastuktur perlu juga dilakukan.

Misalnya saja dengan membangun terowongan untuk penyeberangan penumpang sehingga penumpang tidak perlu melewati rel kereta jika ingin berganti jalur. Memang hal ini membuat waktu tempuh penumpang semakin panjang karena harus menuruni dan menaiki tangga untuk pindah jalur. Namun keselamatan penumpang akan lebih terjamin dari pada menyeberang di rel yang bisa dilintasi kereta sewaktu waktu.

Kemajuan Kereta Api Indonesia Di Masa Mendatang Membutuhkan Kerjasama Semua Pihak

Untuk mewujudkan berbagai harapan harapan saya mengenai Kereta Api Indonesia Di Masa Mendatang tersebut tentu membutuhkan kerjasama semua pihak dan juga waktu yang tidak singkat. Pemerintah dan juga PT Kereta Api Indonesia harus berkossdinasi untuk mempercepat pembangunan sedangkan kita sebagai masyarakat biasa juga harus berperan aktif dalam pembangunan tersebut.

Caranya tentu dengan selalu menaati aturan aturan dari PT Kereta Api Indonesia dan juga selalu berhari hati saat hendak menyeberang perlintasan kereta. Jangan mempertaruhkan nyawa kita hanya untuk beberapa menit waktu menunggu kereta api lewat. Karena semua pihak harus bersatu dan bekerja sama untuk mewujudkan suasana perkeretaapian yang aman, nyaman dan memuaskan bagi pelanggan.

Demikian artikel saya mengenai Harapan Untuk Kereta Api Indonesia Di Masa Mendatang. Semoga PT Kereta Api Indonesia semakin maju dan bisa selalu memanjakan pelanggan dengan berbagai pelayanannya yang memuaskan. Selamat ulang tahun PT Kereta Api Indonesia yang ke 72 tahun. Semoga semakin maju dan bisa selalu memberikan pelayanan terbaik.

Gambar Gravatar

Hanya seorang anak muda dari Pekalongan yang mempunyai hobi Travelling dan juga Fotografi. Maka dari itu saya membuat blog www.aristo.id ini untuk wadah berbagi pengalaman. Support anda adalah semangat saya untuk berkarya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *