Kenapa Harga Jasa Fotografi Mahal ?? Berikut Rincian Alasannya

Diposting pada

ARISTO.ID Kenapa Harga Jasa Fotografi Mahal ?? Berikut Rincian Alasannya. Menjadi seorang fotografer profesional yang bisa menghasilkan uang adalah tujuan utama dari setiap pecinta fotografi. Karena hal yang paling menyenangka tentunya adalah saat kita melakukan hobi yang dibayar. Dan menjadi fotografer profesional adalah merupakan salah satu cita cita saya saat ini.

Banyak sekali jenis jenis fotografer yang ada di dunia mulai dari fotografer pernikahan, fotografer jurnalistik dan ada juga yang menjadi fotografer alam liar. Semuanya sama saja bisa menghasilkan uang namun dengan obyek pemotretan yang berbeda. Dan saya sendiri ingin menjadi fotografer segala jenis baik pernikahan, jurnalistik, wildlife, animal dan berbegai jenis fotografi lainnya. Maka dari itu saya belajar semua jenis fotografi sampai saat ini.

Baca Juga Cara Memotret Yang Bagus Dengan Kamera DSLR Bagi Pemula

Kenapa Harga Jasa Fotografi Mahal ?? Berikut Rincian Alasannya

Kenapa Harga Jasa Fotografi Mahal ??

Dimanapun kita berada pasti akan menemui bahwa harga pasaran untuk pemotretan tertentu biasanya mahal. Hal tersebut menyeluruh ke seluruh penjuru dunia. Karena memang profesi fotografer ini bukan profesi sembarangan yang bisa dijalankan siapa saja. Ada beberapa alasan yang membuat profesi ini di geluti oleh sebagian orang saja. Dan berikut alasannya kenapa harga jasa fotografi mahal ??

1.Alat Fotografi Yang Mahal

Memang alasan utama kenapa harga jasa fotografi mahal adalah karena alat alat fotografi juga mahal harganya. Untuk kamera + lensa yang standar digunakan bekerja saja biasanya berkisar antara 6 sampai 7 juta harganya. Itu juga belum termasuk perlengkapan lainnya seperti Flash, Lighting, PC untuk editing dan aksesoris lainnya.

Sebenarnya ada kamera DSLR yang harganya 5 juta kebawah tapi itu diperuntukkan bagi dokumentasi pribadi saja. Kalaupun untuk bekerja menggarap proyek dari klien pasti hasilnya kurang maksimal. Dan bisa saja klien akan pergi dan mencari fotografer lainnya yang lebih bagus dan maksimal.

2.Memotret Itu Ada Ilmunya

Memotret itu tidak sembarangan dan ada ilmunya. Belajar memegang dan memotret yang benar juga memerlukan waktu yang tidak sebentar bahkan bisa hitungan tahun. Saya sendiri sudah belajar mendalam mengenai kamera DSLR dari tahun 2014 awal dan saya rasa kemampuan saya masih sangat jauh dibawah.

Jadi untuk menjadi seorang fotografer profesional tidak bisa hanya dengan modal kamera saja. Kemampuan dalam mengoperasikan kamera juga tidak mudah terlebih saat kita berhubungan dengan pengaturan  seperti ISO, Apperture dan juga Shutter Speed. Jadi wajar kalau harga jasa fotografi itu mahal. Karena belajarnya pun tidak mudah dan memerlukan waktu dan tenaga.

3.Editing pun Tidak Kalah Susahnya

Tugas kita belum selesai setelah memotret. Masih ada tahapan selanjutnya lagi yang tentu tidak kalah melelahkan dan tidak kalah menyusahkan. Yaitu proses editing foto. Proses ini diperlukan untuk memaksimalkan hasil foto jika ada kekurangan sewaktu memotret. Kita memerlukan PC atau Laptop dengan berbagai aplikasi editing namun yang utama menurut saya hanyalah photoshop.

Proses ini juga tidak kalah menyusahkan dan menurut saya adalah proses paling membosankan. Karena kita harus duduk didepan komputer dan melakukan editing sedemikian rupa agar foto yang kita ambil tampak lebih bagus. Menguasai ilmu editing juga tidak mudah bahkan menurut saya proses editing lebih sulit dibandingkan dengan proses memotret obyek.

Kenapa Harga Jasa Fotografi Mahal ?? Berikut Rincian Alasannya

4.Pengalaman ( Jam Terbang ) = Harga

Semakin banyak pengalaman seorang fotografer tentu semakin berkualitas pula foto foto yang dihasilkannya. Hal ini mempengaruhi harga dari fotografer itu sendiri. Jadi biasanya untuk fotografer yang sudah berpengalaman atau memiliki nama harganya cukup mahal. Tapi itu tidak masalah karena hasil tentu tidak akan mengecewakan.

Atau kita juga bisa menggunakan jasa dari fotografer muda yang baru terjun didunia ini. Biasanya harga mereka lebih murah dan juga memiliki pola pemikiran yang sama dengan kita. Mereka biasanya lebih kreatif dan juga lebih inovatif dalam menentukan konsep atau pun property dalam pemotretan. Kekurangannya hanya belum memiliki nama saja ( belum dikenal ).

Baca Juga Cari Fotografer Di Pekalongan ?? Aristo Fotografi Aja Jawabannya

Itulah beberapa alasan Kenapa Harga Jasa Fotografi Mahal ?? Jadi mulai dari sekarang jangan menawar berlebihan jika akan menggunakan jasa fotorgafi untuk keperluan kita. Karena memang ada harga yang harus dibayar sang fotografer untuk mengerjakan semuanya sampai bisa menjadi sebuah foto yang bagus. Terima kasih dan salam fotografi

Gambar Gravatar

Hanya seorang anak muda dari Pekalongan yang mempunyai hobi Travelling dan juga Fotografi. Maka dari itu saya membuat blog www.aristo.id ini untuk wadah berbagi pengalaman. Support anda adalah semangat saya untuk berkarya.

One thought on “Kenapa Harga Jasa Fotografi Mahal ?? Berikut Rincian Alasannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *