Cara Settingan Kamera Saat Mengambil Foto HDR High Dynamic Range

Diposting pada
ARISTO.ID. Cara Settingan Kamera Saat Mengambil Foto HDR High Dynamic Range. Selamat malam semua nya para pembaca setia blog pribadi saya yang sederhana ini, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba memberikan tips bagaimanakah cara nya settingan kamera DSLR saat megambil foto High Dynamic Range atau sering disebut dengan HDR. Sebenarnya saya juga masih awam dan baru mengetahui beberapa waktu yang lalu tentang teknik fotografi HDR ini, di karenakan hasil nya yang bagus di banding dengan mengambil gambar dengan cara yang biasa maka saya putuskan untuk membuat artikel ini agar ilmu yang baru saya dapatkan ini tersalurkan kepada anda sekalian pembaca setia blog saya ini.

Cara Settingan Kamera Saat Mengambil Foto HDR High Dynamic Range

Apa Itu Foto HDR ?

Sebelum membahas bagaimana cara settingan kamera saat mengambil foto HDR lebih baik nya kita mengetahui dahulu apa yang di sebut dengan Fotografi HDR itu sendiri. Dalam Bahasa Indonesia HDR berarti jangkauan dinamis tinggi, atau bahasa mudah nya menurut saya teknik HDR adalah sebuah teknik pengambilan foto dengan mengambil minimal 3 foto dengan Exposure yang berbeda mulai dari exposure rendah, sedang dan exposure tinggi sehingga dalam sekali pengambilan foto kita memiliki 3 berkas foto dengan hasil yang terlalu gelap, sedang dan hasil yang terlalu terang. Dari 3 berkas itulah nanti nya akan kita proses menjadi satu foto yang memiliki pencahayaan yang sempurna.

CARA SETTINGAN KAMERA SAAT MENGAMBIL FOTO HDR HIGH DYNAMIC RANGE
CARA SETTINGAN KAMERA SAAT MENGAMBIL FOTO HDR HIGH DYNAMIC RANGE
Foto Pertama

 

CARA SETTINGAN KAMERA SAAT MENGAMBIL FOTO HDR HIGH DYNAMIC RANGE
Foto Kedua

 

CARA SETTINGAN KAMERA SAAT MENGAMBIL FOTO HDR HIGH DYNAMIC RANGE
Foto Ketiga

Kapan Teknik Pengambilan Foto HDR ?

Setelah mengetahui apa itu teknik HDR, kemudian yang jadi pertanyaan kapan saat yang tepat menggunakan teknik ini ? Menurut saya pribadi saat yang tepat untuk menggunakan teknik ini adalah saat pengambilan di luar ruangan seperti Landscape pada siang hari yang memiliki tingkat kontras cahaya yang tinggi antara langit dan tanah. Karena jika kita hanya melakukan pengambilan gambar tanpa teknik HDR biasa nya akan di dapat gambar langit yang terlalu cerah, sehingga gambar yang di hasilkan kurang sempurna.

Cara Settingan Pada Kamera DSLR

1. Aksesoris Yang Perlu Dipersiapkan

Tripod, Remote dan Filter ND 1000 adalah aksesoris yang saya pakai saat pengambilan gambar HDR ini. Tripod berfungsi untuk membantu agar dalam pengambilan gambar tidak ada pergerakan pada kamera karena dengan sekaligus pengambilan 3 gambar pasti akan memakan waktu yang lebih lama dari biasa nya. Remote diperlukan karena saat kita menekan tombol Shutter kamera pasti akan bergoyang walau sedikit, sedangkan Filter ND 1000 saya gunakan karena dalam pengambilan Landscape saya lebih cenderung menggunakan Shutter Speed lambat karena gambar yang dihasil kan tentunya akan semakin jelas maka dari itu dalm kondisi siang hari saya membutuhkan Filter ND 1000 ini untuk memperlambat Shutter Speed.

2. Apperture

Untuk Apperture saya rekomendasikan setting pada angka yang besar seperti F11 sampai F16, selain untuk memperlambat masuk nya cahaya juga akan membuat fokus pada foto Landscape akan semakin luas.

3. ISO

Iso yang saya gunakan juga kecil untuk mengurangi bintik bintik pada foto atau yang biasa di sebut noise sehingga ketajaman dari hasil foto menjadi lebih bagus. Iso bisa di atur pada angka 100 sampai 200.

4. Gunakan Fitur Bracketing

Diatas sudah saya jelaskan bahwa teknik HDR adalah pengambilan dari 3 atau lebih foto dengan pencahayaan yang berbeda. Nah untuk mengambil 3 foto tersebut gunakan fitur bracketing ini pada DSLR, dengan fitur ini kita tidak perlu menyetel manual untuk pengambilan pada pencahayaan yang berbeda karena kamera akan dengan otomatis melakukan nya sendiri pada fitur bracketing ini.

5. Shutter Speed

Untuk Shutter Speed bisa menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan, kemudian mulai lah pengambilan gambar.

Baca Juga Tutorial Foto Bulb Spoiler

CARA SETTINGAN KAMERA SAAT MENGAMBIL FOTO HDR HIGH DYNAMIC RANGE

 

CARA SETTINGAN KAMERA SAAT MENGAMBIL FOTO HDR HIGH DYNAMIC RANGE
Foto Pertama
CARA SETTINGAN KAMERA SAAT MENGAMBIL FOTO HDR HIGH DYNAMIC RANGE
Foto Kedua
CARA SETTINGAN KAMERA SAAT MENGAMBIL FOTO HDR HIGH DYNAMIC RANGE
Foto Ketiga

Baca Disini Cara Editing Foto HDR Dengan Photomatix

Setelah melakukan pengambilan gambar dan memperoleh hasil 3 berkas gambar dengan pencahayaan yang berbeda kemudian yang kita lakukan adalah memproses hasil gambar tersebut ke komputer dengan beberapa aplikasi pendukung nya. Untuk cara memproses dan penggabungan nya akan saya jelaskan lagi di artikel selanjut nya. Semoga artikel Cara Settingan Kamera Saat Mengambil Foto HDR High Dynamic Range ini bermanfaat.Terima kasih.

Gambar Gravatar

Hanya seorang anak muda dari Pekalongan yang mempunyai hobi Travelling dan juga Fotografi. Maka dari itu saya membuat blog www.aristo.id ini untuk wadah berbagi pengalaman. Support anda adalah semangat saya untuk berkarya.

4 thoughts on “Cara Settingan Kamera Saat Mengambil Foto HDR High Dynamic Range

  1. oooh hasil akhirnnya itu di "amplas" pake aplikasi lagi toh, saya kira sekali jepret langsung dpt gambar yang hasil akhir 😀

    1. Iyaa mas masih pake aplikasi lg. . . Saya jga dulu mikir nya foto" bagus itu tanpa editing semua ternyata edit dalam fotograpy itu lumrah. . .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *