Cara Mengurangi Noise Pada Saat Motret Dan Editing

Diposting pada

ARISTO.ID Noise merupakan salah satu pengganggu yang tidak di ingin kan kehadirannya saat kita memotret. Kualitas foto akan menurun drastis jika di dalam nya terdapat noise. Kali ini saya akan mencoba mengulas tentang Noise mulai dari apa itu Noise ?? Apa saja penyebab nya ?? Dan bagaimanakah solusi untuk mengatasi nya dan juga cara yang tepat saat memotret sehingga noise bisa kemunculan diminimalisir ?? Dan juga Cara Mengurangi Noise saat editing.

Cara Mengurangi Noise
Sesudah Editing

Apa Sie Noise Itu ??

Noise adalah bintik bintik yang terdapat pada foto yang terjadi akibat kinerja sensor yang di pakai saat mengumpulkan cahaya dalam proses shutter berlangsung. Noise tidak bisa di hindari saat pengambilan gambar namun masih bisa di minimalisir kemunculannya. Jadi untuk mendapatkan foto yang baik kita masih bisa mengakalinya dengan mengetahui apa penyebab kemunculan Noise. Serta menghindari nya pada pengaturan saat pengambilan gambar.

Cara Mengurangi Noise
Sebelum Editing

Penyebab Dan Cara Mengurangi Noise

1. ISO

ISO adalah salah satu penyebab utama munculnya Noise. Biasa nya semakin tinggi nilai ISO yang di pakai saat memotret maka akan semakin banyak pula Noise yang bermunculan. Solusi nya yaitu dengan menurunkan nilai ISO yang di pakai, saya biasanya selalu memakai ISO dibawah 500 untuk menghindari Noise berlebihan.

Namun bagaimana jika kita melakukan pengambilan gambar di malam hari ?? Solusi satu satunya adalah memakai tripod, jadi kita masih bisa mengambil gambar malam hari dengan ISO rendah tanpa Noise yang mengganggu. Untuk siang hari pun demikian, jika kita memakai ISO tinggi maka gambar siang hari akan sangat pecah. Dan tentunya itu akan menurunkan kualitas nya.

Baca Juga Cara Mengambil Gambar Siang Hari Agar Tidak Pecah

2.Sensor Kamera

Sensor bertugas menangkap cahaya yang masuk dalam proses pengambilan foto. Semakin besar sensor yang di pakai dalam sebuah kamera semakin bagus pula kinerjanya dalam meminimalisir Noise. Karena besar kecil nya sensor mempengaruhi sensitifitas dalam menangkap cahaya. Maka dari itu kamera Full Frame selalu lebih unggul dalam penanganan masalah Noise di banding kan kamera APS-C.

Namun itu semua harus di bayar dengan harga mahal. Karena kamera Full Frame memang di banderol dengan harga yang fantastis, untuk Canon saja kamera Full Frame termurah adalah EOS 5D Mark II yang harga bekas nya pun masih di atas 10 juta rupiah. Bandingkan dengan kamera APS-C yang harga nya masih di bawah 10 juta untuk kamera yang sudah bisa dibilang canggih seperti EOS 70D.

3.Lamanya Eksposure

Saat kita mengambil gambar dengan Long Eksposure kinerja pada sensor kamera akan menghasilkan statik dan menjadi naik temperatur nya. Hal ini dapat meningkatkan Noise pada gambar yang akan di hasilkan nantinya. Juga jika kita memotret dalam keadaan Undereksposure, cahaya yang kurang akan menimbulkan Noise pada foto.

Lalu bagaimanakah cara nya mengambil gambar tanpa Noise ?? Jawabannya tidak bisa karena Noise itu memang tidak bisa dipisahkan dari foto, tapi cara meminimalisir nya adalah dengan menggunakan Eksposure yang pas. Jadi tidak over maupun tidak under, dan untuk mengamati nya kita bisa melihat info pada histogram.

Itu adalah penyebab dan solusi agar gambar yang kita hasil kan terminimalisir oleh Noise. Namun jika terpaksa gambar yang kita hasilkan memiliki Noise yang cukup banyak kita masih bisa mengakali nya dengan melakukan editing pada foto.

Cara Mengurangi Noise Dengan Editing Photoshop

Dalam dunia fotografi editing juga memegang peran penting dalam menghasilkan gambar yang berharga. Biasa nya banyak dari para pecinta fotografi menggunakan Adobe Photoshop dan juga ada yang menggunakan Lightroom. Saya sendiri memakai dua dua nya dan berikut Cara Mengurangi Noise dengan edit melalui Adobe Photoshop.

  1. Masukkan foto yang akan memiliki Noise kedalam aplikasi Photoshop untuk di edit.
  2. Kemudian pilih menu Filter, Noise, Reduce Noise.
    Cara Mengurangi Noise
  3. Setelah klik Reduce Noise nanti kita akan di alihkan ke pengaturannya. Antara lain kita bisa mengatur Strengt, Preserve Detail, Reduce Color Noise dan juga Sharpen Detail.
    Cara Mengurangi Noise
  4. Setelah itu klik OK dan Noise pun akan terkurangi.

Itu adalah Cara Mengurangi Noise melalui edit gambar di aplikasi Photoshop yang bisa kita gunakan untuk memaksimalkan hasil karya fotografi kita. Semoga artikel mengenai Cara Mengurangi Noise ini bisa bermanfaat dan berguna bagi anda semua sesama pecinta forografi. Terima kasih dan salam jepret.

Gambar Gravatar

Hanya seorang anak muda dari Pekalongan yang mempunyai hobi Travelling dan juga Fotografi. Maka dari itu saya membuat blog www.aristo.id ini untuk wadah berbagi pengalaman. Support anda adalah semangat saya untuk berkarya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *