Cara Mengambil Foto Olahraga Atau Sport Photography Yang Bagus

Diposting pada
ARISTO.ID Cara Mengambil Foto Olahraga Atau Sport Photography Yang Bagus. Jumpa lagi bersama saya yang kali ini akan mencoba membagikan beberapa tips fotografi lainnya yaitu tentang Sport Photography atau cara memotret aktifitas olahraga yang sedang di lakukan. Kita tahu sendiri bahwa memotret aktifitas olahraga tentunya juga membutuhkan settingan kamera yang berbeda dengan gaya memotret Landscape misal nya, karena gerakan olahraga yang sedang di lakukan biasa nya cepat jadi kita dituntut bisa mengambil moment yang tepat dalam waktu yang singkat.
Cara Mengambil Foto Olahraga Atau Sport Photography Yang Bagus

 

Untuk memotret Sport Photography ini sebenar nya hampir sama dengan memotret Animal khusus nya saat memotret burung yang sedang terbang. Karena kedua hal ini sama sama memiliki kategori gerakan yang cepat sehingga pengaturan yang dibutuhkan pun bisa di katatan mirip. Sebelum nya saya pernah memaparkan cara memotret burung yang sedang terbang, simak ulasan lengkap nya di bawah ini.

Cara Memotret Burung Yang Sedang Terbang Dengan Lensa Fix 50mm

Namun dalam mengambil foto olahraga juga memiliki perbedaan sedikit yang perlu di perhatikan. Nah berikut adalah pembahasan lengkap nya.
Cara Mengambil Foto Olahraga Atau Sport Photography Yang Bagus

Cara Mengambil Foto Olahraga Atau Sport Photography Yang Bagus

1. Wajib Shutter Speed Cepat

Tentu saja dalam memotret Sport Photography kita harus menngunakan Shutter Speed cepat. Karena moment dalam sebuah aktifitas olahraga itu bisa berubah setiap detik nya jadi kita harus bisa mengambil gambar yang cepat di saat moment yang tepat pula.

2. Bukaan Diafragma Terlebar Atau Apperture Terkecil

Yang kedua adalah angka Apperture yang harus kita gunakan, biasa nya saya sendiri menggunakan angka terkecil atau bukaan terlebar sesuai lensa yang saya pakai. Dalam pemotretan ini saya biasa menggunakan lensa canon 70-200mm F2.8, jadi saya biasa menggunakan bukaan F2.8 yang merupakan bukaan terlebar lensa ini. Bukaan terlebar ini memungkinkan cahaya banyak yang masuk karena dengan Shutter Speed cepat tentunya kita hanya memiliki waktu singkat untuk mengumpulkan cahaya dalam satu Shutter.
Cara Mengambil Foto Olahraga Atau Sport Photography Yang Bagus

3. Mode High Speed Cointinuous

Selanjut nya adalah gunakan Mode High Speed Continuous yaitu dengan mode ini kita bisa bisa mengambil beberapa frame foto dalam satu detik. Tentu ini juga tergantung dengan fitur kamera yang kita punya karena setiap kamera memiliki kecepatan berbeda jika di gunakan pada mode ini. Selain itu memori micro SD yang kita gunakan juga berpengaruh karena setiap memori juga memiliki kecepatan menyimpan gambar yang berbeda.

4. Meminimalkan ISO

Seperti yang saya katakan dalam beberapa artikel sebelum nya, angka ISO yang sering saya pakai adalah antara 100 sampai 500 itu juga termasuk saat memotret olahraga seperti ini. Karena jika menggunakan ISO yang besar pasti akan terjadi noise dan foto menjadi pecah. Namun ada beberapa fotografer lain yang menyarankan untuk menggunakan ISO yang tinggi karena tujuan kita adalah untuk mengejar moment. Jadi saran saya coba gunakan ISO kecil dan besar kemudian lihat perbedaan nya, anda sendiri yang akan menentukan manakah yang lebih baik.

Baca Juga Cara Agar Menghasilkan Gambar Yang  Tajam / Tidak Pecah

5. Gunakan Monopod

Untuk membantu menghasilkan gambar yang tajam alias tidak blur kita bisa menggunakan monopod sebagai penopang kamera. Apalagi jika lensa kita belum memiliki fitur Image Stabilizer seperti yang saya punyai, monopod sangat membantu sekali karena selain mendapatkan gambar yang bagus monopod juga membantu dalam menahan berat kamera karena biasa nya lensa tele cukup berat.
Cara Mengambil Foto Olahraga Atau Sport Photography Yang Bagus
Itu adalah beberapa cara yang biasa saya lakukan saat mengambil gambar atau foto olahraga. Jadi cara di atas juga bisa anda kembangkan sendiri sesuai keinginan dan juga sesuai kondisi saat anda mengambil gambar. Demikian akhir dari artikel mengenai Cara Mengambil Foto Olahraga Atau Sport Photography Yang Bagus agar bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.
Gambar Gravatar

Hanya seorang anak muda dari Pekalongan yang mempunyai hobi Travelling dan juga Fotografi. Maka dari itu saya membuat blog www.aristo.id ini untuk wadah berbagi pengalaman. Support anda adalah semangat saya untuk berkarya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *