Cara Membuat Dan Mempertahankan Artikel Di Page One

Cara Membuat Dan Mempertahankan Artikel Di Page One

Diposting pada

ARISTO.ID Cara Membuat Dan Mempertahankan Artikel Di Page One. Bagi para Blogger memiliki artikel yang berada di posisi pertama halaman pertama merupakan sebuah impian yang di idam-idamkan. Karena dengan mempunyai artikel yang berada di puncak pencarian tentunya akan mendatangkan pengunjung organik yang melimpah ke dalam Blog kita. Dan trafik organik ini lah yang nanti nya akan membuat Blog bagus di mata Google dan mesin pencari lain.

Namun bagi para Blogger pemula seperti saya sendiri rasa nya sangat susah merajai posisi di Search Engine. Apa lagi dengan usia Blog yang masih belia. Di tambah dengan pengetahuan tentang dunia Blogging yang masih terbatas membuat saya melakukan banyak pencarian informasi serta ” trial and eror “ sendiri untuk bisa mendapatkan cara yang jitu untuk menduduki bahkan mempertahankan posisi page one. Dan berikut penjabaran cara yang saya lakukan untuk bisa mendapatkan posisi pertama di halaman pertama mesin pencarian.

 

Cara Membuat Dan Mempertahankan Artikel Di Page One

Anda sedang membaca Cara Membuat Dan Mempertahankan Artikel Di Page One

Di atas ini adalah salah satu dari artikel saya yang mendapatkan posisi pertama di halaman pertama dengan jumlah pencarian 23juta dengan kata kunci ” nama orang jepang “. Saya melakukan browsing di atas di Google Chrome dengan mode penyamaran jadi data di atas cukup akurat.

Berikut Artikel Diatas Tentang Daftar Nama Nama Orang Jepang Beserta Artinya Yang Bagus

Optimasi SEO ( Search Engine Optimation )

Bagi para pemula sangat susah memahami apa arti dari SEO. Apa saja yang harus di lakukan dalam pengoptimalan SEO agar artikel kita bisa keluar di halaman pertama Google. Saya sendiri sudah berbulan bulan mempelajari tentang SEO namun belum juga bisa memahami betul apa yang di maksud kan dari SEO. Karena ilmu SEO sendiri sangatlah luas dan tidak mungkin bisa dipahami dalam waktu yang singkat.

Secara garis besar SEO di bagi menjadi 2 yaitu SEO On Page dan juga SEO Off Page. SEO On Page adalah langkah optimasi yang di lakukan di dalam website atau Blog yang meliputi pemilihan template, penempatan meta tag, penggunaan tag h1, h2 dan h3. Sedangkan SEO Off Page adalah langkah optimasi yang di lakukan di luar website atau blog. Biasanya untuk SEO Off Page ini meliputi promosi Blog diberbagai macam media sosial dan juga penempatan inbond link dari Blog lain menuju Blog kita.

Kalau membahas secara teori dari SEO On Page dan SEO Off Page tentunya akan sangat memusingkan kepala seperti yang sering saya alami saat browsing tentang SEO di Internet. Kita tinggalkan sejenak teori nya dan sekarang saat nya kita membahas praktek yang saya lakukan untuk mengoptimalkan SEO. Sampai artikel saya menempati halaman pertama pada mesin pencarian Google.

Cara Membuat Dan Mempertahankan Artikel Di Page One

1. Buat Konten Berkualitas

Buatlah konten yang berkualitas kepada para pembaca sehingga pembaca mendapatkan banyak manfaat dari artikel yang kita buat. Terlepas dari apa itu SEO biasa nya artikel yang kita jumpai dihalaman 1 rata rata adalah artikel yang memiliki kualitas baik. Intinya yang pertama kita pikirkan adalah bagaimana caranya kita harus bisa membuat artikel yang selalu berkualitas setiap harinya. Dan untuk membuat artikel berkualitas tersebut trik saya adalah ” Jadikan diri kita pembaca atau pengunjung “. Umpamakan kita adalah pengunjung yang membaca konten dari Blog kita tersebut. Jika kita bisa dengan mudah memahami isi dari artikel yang kita buat itu berarti konten tersebut sudah termasuk dalam kategori berkualitas.

2. Judul Yang Unik Dan Relevan

Judul merupakan kata kata yang pertama kali dibaca oleh pengunjung. Jadi usahakan buat judul semenarik mungkin sehingga pembaca penasaran dan ingin membuka seluruhnya dari artikel tersebut. Namun yang perlu di ingat judul harus relevan dengan artikel yang kita buat. Karena relevansi dari judul dan isi artikel bisa meningkatkan kualitas konten sehingga posisi dihalaman utama pun bisa kita raih.

3. Eksternal Link

Sebelumnya banyak saya jumpai dari beberapa artikel tentang SEO yang mengatakan kalau Eksternal Link atau Link keluar yang kita taruh di Blog akan memperburuk posisi dimesin pencari. Faktanya memberikan Eksternal Link bisa membuat Blog kita semakin baik di mata Google. Dengan catatan link keluar yang kita berikan mengarah kepada website atau blog yang sudah lama dan dikenal oleh Google. Contohnya adalah Wikipedia yang merupakan website tentang pengetahuan umum. Yang perlu diperhatikan juga jangan memasang link keluar yang mengarah ke sembarangan Blog. Apa lagi Blog yang masih belum dikenal oleh Google karena itu bisa jadi berakibat buruk pada Blog kita.

4. Internal Link

Internal Link adalah link yang mengarah ke artikel lain di dalam Blog kita yang memiliki keterkaitan dengan topik yang kita bahas. Hal inijuga berpengaruh untuk meningkatkan posisi Blog di mesin pencari. Dalam membuat Internal Link yang perlu diperhatikan juga adalah jumlah nya. Jangan terlalu banyak membuat Internal Link dalam satu artikel, cukup berikan sewajarnya saja.

Anda sedang membaca Cara Membuat Dan Mempertahankan Artikel Di Page One

5. Gunakan Sosial Media

Langkah ini termasuk dalam SEO Off Page karena kita melakukannya di luar dari website atau Blog itu sendiri. Sosial media seperti Facebook, Twitter dan Google Plus juga berpengaruh besar dalam meningkatkan posisi Blog atau artikel di page one mesin pencari. Tapi juga jangan berlebihan menyebar link di sosial media karena bisa saja di anggap spam. Cukup sebar sekali saja saat pertama kali publish atau bisa juga menyebar link ke grup atau fans page yang sesuai dengan materi pembahasan dari artikel yang kita buat.

Baca Juga Apa Itu Google Adsense Dan Bagaimana Cara Kerja Google Adsense

6. Jangan Melakukan Edit Artikel Berlebihan

Melakukan editing pada artikel yang sudah di publish memiliki dua kemungkinan hasil. Yaitu artikel semakin naik atau menjadi semakin turun bahkan hilang di Search Engine. Pengalaman ini saya dapat kan saat mengikuti lomba SEO yang diadakan oleh salah satu grup Blogger di Google Plus. Peserta di berikan waktu 5 hari untuk menerbitkan konten dengan kata kunci ” Potensi Blog Untuk Generasi Muda “.Dan nantinya akan di nilai dari peringkat yang didapat dimesin pencari Google.

Pada hari pertama dan kedua sudah banyak dari peserta yang menerbitkan konten dengan kata kunci tersebut termasuk saya. Namun saat yang lain mulai panik karena posisi nya di geser oleh konten lain saya hanya tenang saja karena tidak tahu apa yang harus di perbuat. Banyak dari para peserta yang melakukan editing sehingga artikel mereka malah hilang dari Search Engine. Namun yang menarik adalah artikel saya sendiri. Sempat berada di halaman 6 dan tanpa saya lakukan editing sedikit pun tiba tiba artikel saya bisa melonjak di page one bahkan sempat berada di posisi 1. Dari sini saya mendapat pelajaran kalau tidak perlu jangan sekali kali mengedit artikel yang sudah di publish. Berikut Screen Shot persaingan di perlombaan ( Posisi 3 ).

Cara Membuat Dan Mempertahankan Artikel Di Page One

Anda sedang membaca Cara Membuat Dan Mempertahankan Artikel Di Page One

7. Buat Artikel Baru Dan Pasang Internal Link Ke Artikel Utama

Langkah selanjut nya adalah dengan terus rutin update konten terbaru dalam Blog kita. Dan tidak lupa juga berikan intenal link ke dalam artikel yang kita target kan di posisi 1 halaman pertama Google. Langkah ini jugalah yang saya lakukan untuk mempertahankan posisi artikel yang saya lombakan diatas dihalaman pertama walaupun tidak bisa menjadi posisi pertama.

Itulah beberapa tips dan Cara Membuat Dan Mempertahankan Artikel Di Page One agar tidak tergeser oleh kompetitor yang lain. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih. Salam blogger Indonesia.
Gambar Gravatar
Hanya seorang anak muda dari Pekalongan yang mempunyai hobi Travelling dan juga Fotografi. Maka dari itu saya membuat blog www.aristo.id ini untuk wadah berbagi pengalaman. Support anda adalah semangat saya untuk berkarya.

2 thoughts on “Cara Membuat Dan Mempertahankan Artikel Di Page One

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *