Cara Membuat Artikel SEO Menurut Yoast Plugin WordPress

Diposting pada

ARISTO.ID Cara Membuat Artikel SEO Menurut Yoast Plugin WordPress. Bagi para blogger yang menggunakan platform WordPress tentu nya sudah tidak asing lagi dengan yang nama nya plugin Yoast. Plugin Yoast adalah sebuah plugin yang membantu kita tentang bagaimanakah Cara Membuat Artikel SEO dan berkualitas. Tapi bagi para pengguna platform blogger tentu tidak tahu tentang Yoast dan cara kerja dari plugin ini.

Nah di kesempatan kali ini saya akan membahas atau lebih tepatnya membagikan sebuah tips. Yaitu tips tentang Cara Membuat Artikel SEO Menurut Yoast Plugin WordPress sehingga para blogger dari platform lain juga bisa mengetahui apa standar artikel SEO menurut plugin yang sangat populer ini.

Cara Membuat Artikel SEO Menurut Yoast Plugin WordPress

 

Manfaat Artikel SEO

Seberapa penting kah artikel SEO dalam sebuah blog ??

Sangat penting sekali karena dengan membuat artikel yang SEO akan berdampak pada trafik yang semakin meningkat. Bagaimana bisa ?? Dan apa hubungannya artikel SEO dengan trafik dan juga keberhasilan sebuah blog ??

Baca Juga Tips Cara Meningkatkan Peringkat Blog Di Google

Artikel yang SEO biasanya akan lebih bisa bersaing di jajaran page one search engine entah Google, Bing atau Yandex. Dan jika artikel kita muncul di page one tentu akan semakin banyak pengunjung ke dalam blog kita yang akibat nya trafik akan semakin meningkat.

Dan jika trafik meningkat akan sejajar juga dengan peningkatan penghasilan dari iklan tentunya seperti Google Adsense. Jadi membuat artikel SEO sangat lah penting namun jangan lupa juga dengan tujuan utama nya yaitu memberi manfaat kepada orang lain dan juga enak untuk dibaca.

Karena artikel yang human friendly juga termasuk dalam artikel yang SEO friendly.

Cara Membuat Artikel SEO Menurut Yoast Plugin WordPress

Kita sudah mengetahui seberapa penting nya artikel yang SEO. Langkah selanjutnya adalah tentang bagaimana cara nya membuat artikel yang SEO tersebut ??

Bagi para pengguna WordPress tentu tidak asing dengan Plugin Yoast bukan ?? Plugin yang sangat populer tentang SEO ini juga biasa saya gunakan dalam membuat artikel berkualitas. Sekarang saya akan membagikannya kepada anda khususnya yang menggunakan platform Blogger karena tidak bisa menggunakan plugin ini.

1.Letakkan Kata Kunci Di Awal Paragraf

Langkah pertama yang harus di lakukan adalah meletakkan kata kunci di awal paragraf. Kita bisa meletakkannya di kalimat mana saja namun saya sarankan untuk meletakkannya di kalimat pertama saja.

Misalnya dalam artikel ini saya menembak kata kunci ” Membuat Artikel SEO “. Dan lihatlah di bagian awal paragraf ada kata kunci yang saya letakkan walau di kalimat kedua.

2.Sebar Kata Kunci

Selain meletakkan kata kunci di awal paragraf kita juga harus menyebarkannya di beberapa paragraf yang lain. Bisa di paragraf kedua, ketiga, keempat dan seterusnya. Namun perlu di ingat jangan terlalu berlebihan dalam menyebarkan kata kunci karena itu juga akan memperburuk kualitas artikel.

Presentase yang di standartkan oleh Yoast sendiri adalah 1.0% sampai 2.5% dari jumlah keseluruhan kata dalam satu artikel. Jadi jika jumlah kata dalam satu artikel 500 maka jumlah kata kunci yang ideal adalah 5 sampai 15 jumlah kata kunci yang disebar.

3.Meta Deskripsi

Yang ketiga dalam Cara membuat artikel SEO menurut Yoast adalah dengan mengisikan Meta Deskripsi. Dalam blogger sendiri letaknya disebelah sidebar kanan dengan judul kolomnya bertuliskan Deskripsi Penelusuran. Isikan beberapa kalimat ringkasan tentang artikel yang kita buat.

Nantinya Meta Deskripsi ini akan muncul dalam pencarian di search engine di bawah URL. Jadi usahakan buatlah Meta Deskripsi yang menarik minat pembaca untuk membuka artikel kita lebih jauh. Buatlah pembaca penasaran degnan artikel yang kita buat tersebut.

4.Letakkan Kata Kunci Di Subheading

Selanjutnya adalah dengan meletakkan Kata kunci yang kita bidik di Subheading atau biasa disebut dengan tag H2. Sebelumnya kita perlu memperlajari apa sie Tag H1, H2, H3 dan seterusnya dan apakah fungsinya dalam pembuatan artikel SEO ? Silahkan cari di Google karena saya belum membuat artikel mengenai Tag H1 dan seterusnya tersebut.

Diartikel ini juga saya meletakkan kata kunci di subheading. Bahkan salah satu Subheading saya samakan dengan judul artikel ini.

5.Sisipkan Gambar Dengan ALT Text Berisi Kata Kunci

Menyisipkan gambar juga salah satu Cara Membuat Artikel SEO menurut Yoast plugin. Namun yang paling penting dalam menyisipkan gambar adalah tag Alt Text nya yang harus kita isi dengan kata kunci artikel yang kita bidik.

Untuk blogger.com pengaturannya sangat mudah yaitu dengan klik gambar dan klik properties. Nanti akan ada dua kolom yang harus di isi. Dan isi lah dengan kata kunci yang kita bidik.

6.Jumlah Kata Minimal 300

Cara membuat artikel SEO selanjutnya adalah dengan memperhatikan jumlah kata yang akan kita pakai. Dalam plugin Yoast minimal nya adalah 300 jumlah kata. Diluaran juga banyak blogger lain yang memang menyarankan jumlah kata minimal adalah 300.

Namun lebih banyak akan lebih baik. Yang perlu di perhatikan adalah kepadatan arti dari setiap kata yang kita buat. Jangan sampai artikel 2000 kata isi inti nya hanya 300 kata sedangkan yang lainnya adalah bicara ngalor ngidul tidak jelas.

Cara Membuat Artikel SEO Menurut Yoast Plugin WordPress

7.Panjang Judul Artikel

Selanjutnya adalah tentang panjangnya judul artikel yang kita buat. Dalam artikel ini awalnya saya akan membuat judul ” Cara Membuat Artikel SEO Menurut Yoast Plugin ” saja. Namun plugin Yoast memberitahukan bahwa judul tersebut masih kurang panjang walau sudah lampu kuning.

Akhirnya saya menambahkannya menjadi ” Cara Membuat Artikel SEO Menurut Yoast Plugin WordPress “. Jadi bisa disimpulkan bahwa judul yang SEO adalah yang berjumlah 40 karakter sampai 60 karakter. Karena jika lebih dari 60 karakter maka judul artikel akan terpotong di search engine.

Baca Juga Cara Membuat Dan Mempertahankan Artikel Di Page One

8.Setting Permalink

Permalink juga sangat berperan dalam Cara Membuat Artikel SEO. Yang pasti adalah dengan meletakkan kata kunci yang kita bidik dalam settingan permalink. Untuk mensetting permalink juga mudah, tinggal setting di side bar dashboard blogger kita.

Pastikan settingan permalink sudah benar karena jika sudah dipublish permalink tidak akan bisa di ganti lagi. Panjang permalink juga menentukan SEO. Jangan terlalu panjang dalam setting permalink cukup dengan 5 sampai 7 kata saja.

9. Panjang Tiap Kalimat Dan Paragraf

Yang terakhir adalah tentang panjang kalimat dan panjang setiap paragraf dalam sebuah artikel tersebut. Yang perlu di ingat kita sedang membuat artikel bukan sedang membuat sebuah novel atau cerpen yang satu paragraf bisa mencapai puluhan kalimat.

Lihat lah kembali keatas dalam artikel ini. Saya paling hanya membuat satu paragraf dari 2 sampai 4 kalimat saja. Dan salam setiap kalimat jumlah kata nya usahakan jangan melebihi 20 kata. Kalau pun ada yang melebihi jangan sampai presentase nya melebihi 25% dari jumlah kata yang ada.

Itulah beberapa kriteria dan standarisasi tentang Caranya Membuat Artikel SEO dan Berkualitas ala Yoast plugin pada WordPress selfhost. Semoga bisa membantu dan bermanfaat kepada para pembaca sekalian agar bisa semakin lancar dalam membuat artikel SEO sehingga trafik blog bisa melonjak karena artikel nangkring di page one.

Sukses semua untuk blogger Indonesia. Semoga semakin banyak orang yang bisa membuat artikel SEO dan semakin banyak pula blogger Indonesia yang berhasil. Terima kasih dan salam blogging.

Gambar Gravatar
Hanya seorang anak muda dari Pekalongan yang mempunyai hobi Travelling dan juga Fotografi. Maka dari itu saya membuat blog www.aristo.id ini untuk wadah berbagi pengalaman. Support anda adalah semangat saya untuk berkarya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *