Cara Membersihkan Telinga Kucing Sendiri Dengan Benar

Diposting pada

ARISTO.ID Cara Membersihkan Telinga Kucing Sendiri Dengan Benar. Kebersihan adalah sebagian dari iman. Begitu juga yang harus kita lakukan pada kucing kesayangan kita. Nah kali ini saya akan membahas mengenai cara membersihkan telinga kucing sesuai pengalaman saya sendiri.

Hal ini menjadi perhatian saya karena sebelumnya kucing kesayangan saya YUKI mengalami infeksi telinga. Berikut artikel mengenai infeksi telinga kucing.

Baca Juga Cara Memandikan Kucing Yang Benar Dirumah Sendiri

Karena hal tersebut akhirnya saya mulai memperhatikan kebersihan telinga kucing agar terhindar dari infeksi kembali. Dan berikut artikel selengkapnya mengenai cara membersihkan telinga kucing.

Cara Membersihkan Telinga Kucing Sendiri Dengan Benar

Cara Membersihkan Telinga Kucing Sendiri Dengan Benar

Sebelum mulai membersihkan telinga kucing ada beberapa bahan yang perlu kita persiapkan. Diantaranya adalah :

  • Kapas
  • Tisu
  • Cutton Bud
  • Baby Oil / Minyak Bayi

1.Basahi Cutton Bud Dan Tisu / Kapan Dengan Baby Oil

Langkah pertama yang harus di lakukan adalah dengan membasahi ujung Cutton Bud, Kapas dan juga Tisu dengan baby oil. Hal ini karena nantinya barang barang tersebut akan digunakan membersihkan telinga kucing sehingga perlu dibasahi dengan baby oil agar nantinya proses membersihkan telinga lebih mudah.

2.Ambil Kotoran Yang Lebih Besar Dengan Cutton Bud

Dalam membersihkan telinga kucing pertama yang kita gunakan adalah Cutton Bud. Cutton Bud digunakan untuk membersihkan kotoran dalam telinga kucing yang memiliki ukuran agak besar. Selain itu penggunaan Cutton Bud juga agar bisa membersihkan bagian dalam dari telinga yang susah dijangkau dengan tisu atau kapas.

Bersihkan berkala dan hati hati karena penggunaan Cutton Bud tentunya agak berbahaya apalagi jika kucing dalam keadaan tidak tenang. Jangan sampai Cutton Bud terdorong sehingga merusak organ dalam telinga kucing.

3.Bersihkan Area Luar Dengan Tisu atau Kapas

Setelah membersihkan area dalam dengan Cutton Bud selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah membersihkan bagian luar telinga dengan menggunakan kapas atau tisu yang sudah dibasahi sebelumnya dengan baby oil. Penggunaan tisu atau kapas agar area jangkauan bisa lebih luas karena jika menggunakan cutton bud akan memakan waktu lebih lama.

Bersihkan dengan hati hati agar tidak menyakiti kucing tersebut. Selain membersihkan bagian dalamnya bersihkan juga bagian luar telinga agar semua bagian telinga menjadi bersih.

Cara Membersihkan Telinga Kucing Sendiri Dengan Benar

4.Gunakan Obat Tetes

Selain membersihkan secara manual cara lain yang bisa kita gunakan untuk membersihkan telinga kucing adalah dengan menggunakan obat tetes. Karena pada saat YUKI infeksi pun dokter memberikan obat tetes untuk menyembuhkan dan membersihkan telinga YUKI dari berbagai virus atau bakteri. Gunakan obat tetes ini secara teratur dan sesuai dosis tentunya.

5.Hati Hati dan Buat Kucing Senyaman Mungkin

Saat membersihkan telinga kucing yang terpenting adalah hati hati. Telinga kucing sangat sensitif maka dari itu pelan pelan saja membersihkannya. Selain itu buat kucing senyaman mungkin saat melakukan proses pembersihan. Bisa dengan mengusap usap bulu atau kepala kucing sampai kucing merasa nyaman.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan pada artikel Cara Membersihkan Telinga Kucing Sendiri Dengan Benar ini. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Jangan lupa follow IG YUKI yaa Onty dan Ongkel disini >> YUKI Meoww

Gambar Gravatar
Hanya seorang anak muda dari Pekalongan yang mempunyai hobi Travelling dan juga Fotografi. Maka dari itu saya membuat blog www.aristo.id ini untuk wadah berbagi pengalaman. Support anda adalah semangat saya untuk berkarya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *