Cara Memandikan Kucing Yang Benar Dirumah Sendiri

Diposting pada

ARISTO.ID Cara Memandikan Kucing Yang Benar Dirumah Sendiri. Mandi adalah ritual rutin yang wajib dilakukan untuk membersihkan diri dari berbagai kuman atau bakteri karena aktifitas sehari hari. Begitu juga dengan kucing kesayangan kita. Kita harus rutin memandikannya agar terhindar dari  berbagai penyakit yang mungkin menyerang akibat kuman atu bakteri yang bersarang didalam tubuh.

Ada 2 pilihan untuk memandikan kucing yaitu dengan memandikannya sendiri atau bisa juga dengan menggunakan jasa Grooming pilihan. Untuk menggunakan jasa Grooming saya sarankan untuk memilih yang terbaik karena cara memandikan yang salah bisa berakibat buruj pada kucing. Misalnya saja saat telinga kemasukan air bisa saja mengakibatkan infeksi seperti yang kucing saya alami.

Cara Memandikan Kucing Yang Benar Dirumah Sendiri

Baca Juga Nama Kucing Yang Bagus Untuk Anabul Kesayangaan

Cara Memandikan Kucing Yang Benar Dirumah Sendiri

Untuk memandikannya sendiri dirumah saya pribadi mempunyai beberapa tips yang mungkin bisa juga anda gunakan. Cara memandikan kucing ini saya lakukan berkala setiap 1 minggu sekali agar kuman kuman atau bakteri dalam tubuh kucing juga bisa dibersihkan secara berkala.

Pertama tama kita persiapkan beberapa alat dan bahan terlebih dahulu seperti :

  • Air Hangat
  • Bak
  • Shampo Kucing
  • Kanebo
  • Hair Dryer

1.Siapkan Air Hangat

Langkah pertama saat memandikan kucing yang pertama adalah dengan mempersiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu. Kita juga harus mempersiapkan air hangat kedalam bak atau ember yang nantinya akan digunakan untuk memandikan kucing. Jangan terlalu panas dan jangan terlalu dingin juga. Pastikan airnya hangat sehingga bisa membuat kucing merasa nyaman.

2.Basahi Bagian Tubuh Kucing

Selanjutnya kita basahi seluruh bagian tubuh kucing dengan air hangat tersebut. Caranya dengan mengucur kucurkan air keselurug bagian tubuh kucing. Basuh secara perlahan dan hati hati agar air tidak masuk ke dalam telinga.

3.Gunakan Shampo

Setelah seluruh bagian tubuh kucing basah langkah selanjutnya adalah dengan menggunakan shampo khusus kucing untuk membersihkan bulu bulu dari kotoran yang menempel. Gunakan shampo khusus kucing, jangan menggunakan shampo yang biasa kita gunakan karena tentu berbeda dari bahan yang digunakan.

Usap usap dan pijit pijit secara perlahan bagian tubuh kucing. Tujuannya agar kotoran yang menempel ikut keluar serta membuat kucing tetap merasa nyaman ketika dimandikan.

4.Bilas Kucing Dengan Air Hangat

Cara memandikan kucing selanjutnya adalah dengan membilas seluruh bagian tubuh kucing dengan air hangat kembali. Hal ini tentu untuk menghilangkan sisa sisa shampo yang sebelumnya digunakan untuk membersihkan dari kotoran.

Cara membilasnya pun juga dengan hati hati dan di kucur kucurkan secara perlahan. Tetap perhatikan agar air tidak masuk kedalam telinga kucing.

Cara Memandikan Kucing Yang Benar Dirumah Sendiri

5.Keringkan Dengan Hair Dryer

Langkah yang terakhir adalah dengan mengeringkan tubuh kucing menggunakan Hair Dryer. Penggunaan Hair Dryer juga harus hati hati agar membuat kucing merasa nyaman. Gunakan saja level pertama agar udara yang disemprotkan oleh Hair Dreyer tidak telalu panas.

Untuk proses pengeringan biasanya memakan waktu yang lama. Karena kita harus benar benar mengeringkan bulu bulu kucing agar tidak lembab. Karena tempat lembab merupakan tempat favorit jamur dan bakteri berkumpul. Jika kita tidak mengeringkan secara benar bisa saja kucing kesayangan akan terkena jamur.

Baca Juga

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan pada artikel Cara Memandikan Kucing Yang Benar Dirumah Sendiri ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua para pecinta kucing. Terima kasih.

Jangan lupa follow IG YUKI yaa Onty dan Ongkel disini >> YUKI Meoww

Gambar Gravatar
Hanya seorang anak muda dari Pekalongan yang mempunyai hobi Travelling dan juga Fotografi. Maka dari itu saya membuat blog www.aristo.id ini untuk wadah berbagi pengalaman. Support anda adalah semangat saya untuk berkarya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *