Bulan Ramadhan Di Jepang

Diposting pada
ARISTO.ID Bulan Ramadhan Di Jepang. Marhaban Ya Ramadhan, Alhamdulillah tahun ini kita masih dipertemukan dengan bulan Ramadhan yang sangat mulia. Tahun 2016 ini adalah tahun ketiga saya pribadi menjalankan puasa di negara matahari terbit ini, banyak tantangan dan juga godaan dalam menjalankan ibadah selama bulan Ramadhan pada dua tahun kebelakang yang saya alami di sini. Suasana yang sangat berbeda dari negara Indonesia membuat pengalaman puasa di Jepang ini menjadi salah satu pengalaman berharga yang saya punya.
Di Indonesia saat Ramadhan tentunya suasana sangat spesial dan berbeda sekali dengan bulan bulan lainnya. Mulai dari tradisi kentongan yang biasa di jalankan oleh anak anak untuk membangunkan ibu ibu saat hendak memasuki waktu sahur sampai ” Ngabuburit “ yaitu kebiasaan menunggu waktu berbuka dengan melakukan aktifitas apa saja yang kita senangi.
Bulan Ramadhan Di Jepang
Sementara di Jepang yang agama Islam merupakan minoritas suasana Ramadhan hampir tidak terasa perbedaan nya. Karena memang mushola dan masjid masjid masih jarang disini, bagi seorang perantau seperti saya saat Ramadhan ini adalah salah satu saat saat yang membahagiakan sekaligus menyedihkan. Bahagia karena masih di beri kesempatan menikmati Ramadhan di Jepang dan juga sedih karena tidak bisa menjalankannya bersama keluarga di rumah.

Puasa Selama Kurang Lebih 16 Jam

Saat bulan Ramadhan ini adalah bertepatan dengan musim panas yang memang memiliki siang hari yang sangat panjang. Begitu pula puasa yang di jalani bagi para Muslim di Jepang pada tahun 2016 ini, rata rata puasa selama bulan Ramadhan ini adalah sekitar 16 – 17 jam dengan Sahur sekitar jam 2 pagi dan buka sekitar jam 7 malam. Untuk jadwal pelaksanaan puasa Ramadhan di Jepang tahun ini bisa di lihat di bawah ini.
Bulan Ramadhan Di Jepang
Walaupun memiliki jam puasa yang lebih panjang namun itu tidak menghalangi para Muslim di Jepang untuk menjalankan ibadah Ramadhan ini dengan baik, justru karena itu lah ibadah ini menjadi semakin melatih kesabaran dan semoga di terima di oleh Allah SWT. Kami para perantau di Jepang menjalankan puasa 16 jam saja bisa seharus nya anda yang tinggal di Indonesia dengan jam puasa sekitar 13 jam lebih bisa bukan ??

Baca Juga Ulasan Masjid Di Sekitar Tokyo

Cuaca Yang Sangat Panas

Indonesia memang sangat panas dengan suhu sekitar 30 derajat setiap hari nya, namun jangan salah, di Jepang saat musim panas, panas nya bisa melebihi panas di Indonesia. Awal nya sebelum datang ke Jepang yang ada di bayangan saya Jepang adalah negara yang sangat sejuk dengan salju setiap hari nya. Ternyata semua yang saya lihat di televisi itu salah, di Jepang saat musim dingin suhu bisa mencapai minus setara dengan lemari es dan saat musim panas juga panas nya bisa sangat melebihi Indonesia.
Sebenarnya suhu panas nya tidak terlalu jauh berbeda dengan Indonesia namun di Jepang ini sedikit terdapat angin sehingga panas nya seperti ” Di Ungkep “. Berbeda dengan Indonesia yang masih banyak angin di mana mana sehingga hawa panas akan sedikit hilang jika ada angin yang melewati kita.
Bulan Ramadhan Di Jepang

Di Anggap Aneh Oleh Warga Jepang

Bagi saya yang setiap hari bekerja bersama orang Jepang, ibadah puasa ini tentunya di anggap aneh oleh mereka. Sering mereka mengatakan untuk apa puasa ? Orang koq tidak boleh makan di siang hari ? Dan yang lebih menyakitkan lagi adalah di bilang Tuhan saya aneh ?
Sebenar nya saya ingin sekali menjelaskan kepada mereka tentang ajaran Islam tapi karena bahasa Jepang yang saya kuasai belum begitu banyak jadi saya selalu kalah debat dengan mereka. Namun walau pun mereka selalu mengatakan seperti itu, mereka juga bisa menghormati saya yang sedang beribadah entah itu saat sholat atau pun saat puasa seperti sekarang ini. Saya juga tidak menyalah kan mereka kenapa berpikiran seperti itu karena saya tahu mereka terlahir dari keluarga yang jauh dari Islam sehingga tidak memahami bagaimana indah nya ajaran Islam.
Saya juga tidak tahu jika saja saya di lahir kan di anggota keluarga seperti itu, tapi Alhamdulillah saya di lahirkan di keluarga Islam yang dari sana lah saya mengetahui dan belajar sedikit demi sedikit tentang Islam. Semoga warga Jepang mendapat hidayah dan Jepang bisa menjadi negara Muslim, kalau Allah sudah berkehendak tidak ada yang tidak mungkin bukan ? Aamiin

Jauh Dari Keluarga

Ini yang kadang kadang membuat saya sedih karena resiko menjadi perantau di negara orang seperti ini tentunya akan jauh dari keluarga dirumah. Jika suasana Ramadhan seperti ini biasa nya saya sering makan sahur dan buka bersama bersama keluarga sekarang saya hanya melakukan nya itu sendiri. Walaupun ada juga beberapa teman namun tetap saja keluarga lah yang sangat dirindukan pada saat saat seperti ini.
Bulan Ramadhan Di Jepang
Yaa begitulah cerita singkat tentang apa yang saya rasakan selama menjalankan ibadah bulan Ramadhan di Jepang. Banyak tantangan nya untuk menjalankan ibadah di Jepang jadi bagi anda yang tinggal di Indonesia bersama keluarga tentunya bisa lebih bersemangat dalam menjalankan puasa ini. Akhir kata Marhaban Ya Ramadhan, semoga Ramadhan tahun ini lancar dan kita bisa di pertemukan di Hari Kemenangan Idul Fitri nanti nya. Aamiin
Gambar Gravatar
Hanya seorang anak muda dari Pekalongan yang mempunyai hobi Travelling dan juga Fotografi. Maka dari itu saya membuat blog www.aristo.id ini untuk wadah berbagi pengalaman. Support anda adalah semangat saya untuk berkarya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *