Berbagai Jenis Lensa Kamera Dalam Dunia Fotografi

Diposting pada

ARISTO.ID Kali ini kita akan berbicara tentang Berbagai Jenis Lensa Kamera Dalam Dunia Fotografi. Banyak sekali jenis lensa kamera di dalam dunia Fotografi. Ada yang merupakan buatan perusahaan yang sama dengan body kamera nya dan ada juga yang merupakan buatan perusahaan ketiga.

Body kamera Canon tentu pasangannya adalah lensa dari Canon juga tapi ada juga perusahaan lain yang membuat lensa untuk Canon. Misalnya saja Sigma, Tamron dan ada juga beberapa perusahaan pihak ketiga lainnya. Perusahaan ketiga ini hanya membuat lensa tanpa membuat body kamera nya. Nikon, Pentax dan merk kamera lainnya pun juga demikian.

Untuk jenis lensa kamera sendiri terbagi menjadi beberapa. Dan berikut adalah ulasan lengkapnya.

Kategori Jenis Lensa Kamera

Menurut kategori nya lensa kamera dibagi menjadi 2 yaitu

  • Lensa Fix
  • Lensa Zoom

1.Lensa Fix

Berbagai Jenis Lensa Kamera Dalam Dunia Fotografi

Lensa Fix adalah lensa yang memiliki panjang focal 1 saja atau fix. Misalnya adalah Lensa 50mm, Lensa 100mm, Lensa 135mm dan masih banyak lagi lensa fix lainnya. Ciri utama pada lensa fix adalah hanya memiliki 1 jumlah angka saja.

Jadi lensa jenis ini hanya bisa digunakan pada 1 jarak focal saja. Kelebihan dari lensa ini biasa nya akan menghasilkan gambar yang lebih tajam. Selain itu biasa nya lensa ini memiliki nilai Apperture yang kecil sehingga memiliki hasil yang lebih bokeh atau blur.

Baca Juga Cara Menghasilkan Foto Bokeh Atau Blur

2.Lensa Zoom

Berbagai Jenis Lensa Kamera Dalam Dunia Fotografi

Selanjutnya adalah lensa zoom. Lensa ini memiliki 2 kombinasi angka misalnya Lensa Kit 18-55mm, 18-135mm, 55-250mm dan masih banyak lagi lainnya. Jadi lensa ini bisa di zoom in ke angka terkecil dan zoom out sampai angka terbesar nya.

Namun dibandingkan dengan lensa fix ketajaman yang dihasilkan masih kalah. Sementara keuntungannya seperti yang saya sebutkan tadi bisa di zoom in dan juga zoom out. Jadi kita bisa sampai di posisi wide dan juga bisa sampai ke posisi tele dalam satu lensa.

Jenis Lensa Kamera Menurut Panjang Focal Lenghtnya

Di atas kita sudah mengetahui bahwa lensa ada yang fix dan juga lensa zoom. Sekarang kita akan membagi lagi jenis lensa kamera menurut panjang focal lenght nya. Menurut panjang focal lenght nya lensa bisa dibagi menjadi 6 yaitu.

  • Lensa Super Wide
  • Lensa Wide
  • Lensa Standar
  • Lensa Tele
  • Lensa Super Tele
  • Lensa Sapu Jagat

1.Lensa Super Wide

Berbagai Jenis Lensa Kamera Dalam Dunia Fotografi

Untuk Lensa super wide ini biasa nya digolongkan dari panjang focal lenght kurang dari 14mm. Contoh lensa super wide ini adalah 10-22mm, 11-24mm dan juga fish eye 8mm. Untuk lensa fish eye 8mm ini adalah lensa yang sangat super wide sekali dan efek dari distorsi nya pun akan sangat terlihat cembung.

Baca Juga Apa Distorsi dan Cara Menghilangkannya

2.Lensa Wide

Berbagai Jenis Lensa Kamera Dalam Dunia Fotografi

Untuk lensa wide ini biasanya memiliki jarak focal antara 14mm sampai 30mm. Dan yang termasuk dalam lensa wide ini adalah lensa kit 18-55mm dan lensa 14-24mm dari Nikon.

3.Lensa Standar

Berbagai Jenis Lensa Kamera Dalam Dunia Fotografi

Selanjutnya adalah lensa standar. Lensa standar adalah lensa yang memiliki focal lenght standar, tidak terlalu wide dan tidak terlalu tele juga. Biasanya focal lenght nya antara 30mm sampai 70mm. Yang paling banyak digunakan dari lensa standar ini adalah lensa 50mm.

Karena selain murah lensa ini juga bisa menghasilkan bokeh yang maksimal.

4.Lensa Tele

Berbagai Jenis Lensa Kamera Dalam Dunia Fotografi

Lensa tele biasanya dipakai untuk wild life atau bisa juga digunakan untuk foto model dengan backgound yang bokeh. Kategori dari lensa tele berkisar antara 70mm sampai 200mm. Dan lensa tele jenis ini yang menjadi favorit adalah lensa 70-200mm L Series F2.8 yang juga saya punyai.

5.Lensa Super Tele

Berbagai Jenis Lensa Kamera Dalam Dunia Fotografi

Selanjutnya dan yang terakhir adalah lensa super tele yang di kategorikan dalam lensa ini biasanya memiliki panjang focal lenght lebih dari 200mm. Lensa super tele ini juga di gunakan untuk foto wild life juga namun dengan jarak yang lebih jauh.

Beberapa contoh lensa super tele ini di antara nya 150-600mm, 300mm, 400mm dan masih banyak lagi yang lainnya.

6.Lensa Sapu Jagat

Berbagai Jenis Lensa Kamera Dalam Dunia Fotografi

Yang terakhir adalah lensa sapu jagat. Lensa sapu jagat adalah lensa yang memiliki panjang focal lenght dari wide sampai tele. Lensa ini sangat fleksibel karena kita tidak perlu menggonta ganti lensa saat ingin memotret dalam kondisi yang berbeda.

Namun untuk masalah ketajaman lensa sapu jagat kurang bagus dibandingkan dengan lensa fix atau lensa khusus wide atau pun lensa khusus tele. Lensa sapu jagat ini contohnya adalah 18-200mm Canon dan 18-270mm dai Tamron serta ada pula yang 16-300mm Tamron.

Jenis Lensa Kamera Menurut Spesialisasinya

Ada juga pembagian jenis lensa lain menurut spesialisasinya. Disebut spesial karena dari fungsi lensa ini tidak akan bisa di gantikan dengan lensa yang lain. Untuk jenis lensa ini di kategorikan menjadi 2 yaitu

  • Lensa Khusus Makro
  • Lensa Khusus Fish Eye

1.Lensa Makro

Berbagai Jenis Lensa Kamera Dalam Dunia Fotografi

Lensa khusus makro ini di buat untuk memotret benda atau serangga serangga kecil seperti semut, belalang dan lain sebagai nya. Lensa ini di fungsikan memang untuk memotret seperti itu dan pastinya tidak ada lensa lain yang bisa menyamai hasil dari lensa khusus makro ini.

Lensa khusus makro ini di antara nya adalah 60mm, 100mm dan 135 mm. Untuk yang lensa 100mm sendiri ada yang khusus untuk makro dan ada yang biasa jadi saat membeli nya teliti terlebih dahulu. Untuk yang makro ukuran nya lebih besar dari yang biasa.

2.Lensa Fish Eye

Berbagai Jenis Lensa Kamera Dalam Dunia Fotografi

Lensa Fish Eye atau lensa mata ikan ini fungsi nya adalah untuk mengambil gambar landscape dengan efek distorsi yang cukup besar. Efek distori yang di timbulkan akan sangat cembung sehingga hasilnya sangat menyerupai mata ikan. Maka dari itu lensa ini dinamakan lensa fish eye.

Lensa ini biasa nya memiliki focal lenght yang sangat pendek. Biasa nya 8mm atau 14mm.

Jenis Lensa Kamera Menurut Nilai Apperturenya

Menurut besaran nilai Apperture nya lensa dibagi juga menjadi 2 yaitu

  • Lensa Cepat
  • Lensa Lamba

1.Lensa Cepat / Fast Lens

Berbagai Jenis Lensa Kamera Dalam Dunia Fotografi

Lensa cepat biasanya di tandai dengan nilai bukaan diafragma yang besar atau nilai Apperture yang kecil. Misalnya saja F2.8, F2, F1.8, F1.4, F1.2 bahkan ada juga yang F0.75. Lensa ini memiliki bukaan diafragma yang tinggi jadi cahaya yang masuk akan menjadi lebih banyak dibandingkan dengan yang memiliki bukaan diafragma kecil.

Ini menjadi kan kita bisa lebih cepat menangkap pergerakan obyek dengan menggunakan Apperture yang kecil. Maka dari itu Shutter Speed yang dibutuhkan pun akan sangat kecil. Sehingga lensa dari jenis ini disebut lensa cepat atau Fast Lens.

Beberapa yang termasuk dari lensa cepat ini adalah 50mm F1.8, 50mm F1.4, 50mm F1.2, 70-200mm F2.8 dan masih banyak lagi lensa dengan nilai Apperture yang kecil.

2.Lensa Lambat / Slow Lens

Berbagai Jenis Lensa Kamera Dalam Dunia Fotografi

Lensa yang termasuk dalam lensa lambat atau slow lens adalah jenis lensa kamera yang memiliki nilai Apperture tinggi atau memiliki bukaan diafragma sempit. Lensa ini dkatakan lensa lambat karena bukaan diafragma yang sempit menyebabkan cahaya yang masuk akan sedikit. Sehingga diperlukan waktu yang agak lama untuk mendapatkan eksposure yang pas.

Contoh mudahnya adalah lensa kit 18-55mm dengan nilai F3.5-5.6. Jadi dengan nilai Apperture yang besar tersebut akan membuat kita lebih banyak memakan waktu untuk menangkap cahaya atau juga kita harus menaikkan nilai ISO nya.

Dari beberapa penjelasan di atas bisa kita simpulkan bahwa lensa terdiri dari berbagai macam dan jenis. Kesemuanya tentu memiliki kekurangan dan kelebihan masing masing. Seperti lensa fix yang memiliki hasil tajam namun tidak bisa di zoom.

Sementara lensa zoom bisa di zoom in atau zoom out tapi gambar yang dihasilkan akan kalah dengan lensa fix.

Itulah akhir dari artikel Berbagai Jenis Lensa Kamera Dalam Dunia Fotografi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua dan salam fotografi. Terima kasih.

Gambar Gravatar

Hanya seorang anak muda dari Pekalongan yang mempunyai hobi Travelling dan juga Fotografi. Maka dari itu saya membuat blog www.aristo.id ini untuk wadah berbagi pengalaman. Support anda adalah semangat saya untuk berkarya.

2 thoughts on “Berbagai Jenis Lensa Kamera Dalam Dunia Fotografi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *