Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Wednesday, 1 March 2017

7 Tips Memilih Alat Outdoor dengan Tepat

ARISTO.ID 7 Tips Memilih Alat Outdoor dengan Tepat. Bukan hanya mempertimbangkan merk alat outdoor lokal terbaik maupun merk alat outdoor terkenal di dunia tidak akan lagi berguna bagi perjalanan bila Anda sendiri tidak tahu bagaimana tips memilihnya. Memilih barang bukan hanya dilihat dari merknya saja. Jangan kira semua forester outdoor gear yang didapat dari merk jaket outdoor luar negeri selalu bagus.

Bukankah Anda juga mencari yang tetap bisa menekan biaya keluar dari kantong? Wajar saja, kan kita manusia yang berpikir ekonomi. Sebelum menentukan 10 merk sepatu gunung terbaik maupun memilih peralatan luar ruangan lainnya, ada hal yang lebih penting dari itu. Anda harus tahu apa saja yang perlu dipertimbangkan pada saat memilih alat outdoor. Tentu saja tujuannya supaya Anda sendiri tidak kelabakan pada waktu beraktivitas di luar rumah.

7 Tips Memilih Alat Outdoor dengan Tepat


Anggap saja Anda tidak memiliki rumah dan harus bisa bertahan hidup tanpa bergantung kepada siapapun. Untuk kehidupan yang layak, tentunya Anda membutuhkan peralatan berkualitas. Dalam artian dapat berfungsi dengan baik. Berikut adalah tips memilih alat outdoor dengan tepat.


  1. Multifungsi




Percuma saja Anda membanggakan merk tas gunung paling bagus bila Anda tidak memahami model seperti apa yang sedang dibutuhkan. Hal pertama yang harus Anda pikirkan adalah multifungsi. Aspek fungsi menjadi prioritas pertama di atas harga dan model dari alat outdoor itu sendiri. Nanti di saat Anda beraktivitas di luar ruangan, Anda akan membutuhkan banyak barang untuk bertahan hidup secara layak. Bila Anda membawa barang kebutuhan satu barang untuk satu fungsi, dipastikan punggung akan semakin bungkuk karena menahan beban berat atau jangan-jangan malah Anda membawa tas lebih dari satu.

Contoh barang multifungsi yang harus dibawa adalah aluminium foil. Jika Anda makan kan tidak harus di piring kaca, bukan? Nah, ganti wadah makan biasanya dengan aluminium foil. Lagi pula bila masih ada sisa nasi atau makanan lain, Anda masih dapat membungkusnya untuk disantap pada jam makan selanjutnya. Ini akan membantu Anda menghemat tempat di tas carrier, mempersingkat waktu karena tidak perlu mencuci setiap kali selesai makan dan tentunya juga membantu Anda berhemat saat hidup di luar rumah.

Mempertimbangkan alat outdoor
Baca juga : Gunung cantik yang mudah didaki



  1. Matras




Jangan karena alasan beban berat lalu dengan entengnya Anda mengabaikan matras. Kebanyakan aktivitas di luar ruangan yang berada di hutan rimba sangat menarik diikuti. Termasuk juga mendaki gunung. Para pendaki ini biasanya malah memilih mengikat matrasnya di luar carrier bag. Sebagus apapun merk matras outdoor terbaik, bila Anda sembarangan merawatnya tetap tidak akan membuat istirahat yang nyaman.

Jika Anda telah memasuki jalur pendakian gunung, langsung masukkan matras ke dalam tas carrier. Mengikatkan matras di luar tas memang sangat menarik di lihat, tapi beresiko. Bagaimana bila Anda melewati medan yang batang pohonnya tinggi dengan semak belukar yang sangat lebat. Besar kemungkinan matras Anda akan kotor duluan sebelum digunakan. Belum lagi resiko matras yang nyangkut ke pohon.


  1. Kantong Plastik




Tips Memilih Alat Outdoor dengan Tepat selanjutnya adalah masalah kantong plastik. Plastik memang bukan barang organik yang bisa terurai sendiri dalam waktu singkat. Tapi tujuan Anda membawa kantong plastik naik gunung atau aktivitas outdoor lainnya bukan untuk menambah sampah. Justru ketika Anda menemukan sampah-sampah berserakan di sembarang tempat, Anda dapat membantu membersihkannya dengan kantong plastik ini. Masukkan semuanya ke dalam kantong plastik dan bawa sampah tersebut turun gunung.
Baca juga : Sejarah dan 5 Alasan Melakukan Pendakian Gunung di Dunia

Anda juga dapat belajar memanajemen barang bawaan dengan bantuan kantong plastik. Sehingga sebisa mungkin jangan hanya plastik satu ukuran saja yang Anda sediakan. Namun bila tidak bisa, langsung bawa saja plastik yang ukurannya besar. Dengan begitu Anda dapat memisahkan pakaian kotor dengan yang belum dipakai dalam perjalanan. Alat outdoor yang sudah kotor dengan yang masih belum tersentuh serta pemisahan-pemisahan lainnya.


  1. Simpan Baju




Baju memang berguna sebagai pelindung dari cuaca pada saat Anda beraktivitas di luar ruangan. Namun tidak perlu membawa terlalu banyak baju. Anda masih bisa bertahan hidup dengan satu baju untuk dua hari. Beberapa aktivis oudoor malah biasanya lebih dari itu. Nah, ngomong-ngomong tentang cara merawat baju pada saat beraktivitas ternyata tidak ribet.

Pertama siapkan kantong plastik tadi. Bila aktivitas yang Anda jalani memakan banyak energi sehingga menghasilkan keringat yang akhirnya membasahi baju atau memang kegiatannya berhubungan dengan air, gunakan saja kantong plastik (dry-zax) yang Anda yakini kualitasnya bagus jadi benar-benar kedap air. Hal ini disebabkan tidak semua tas carrier kedap air. Daripada khawatir, lebih baik antisipasi dengan melapisi barang yang mengandung air dengan kantong plastik.
Baca juga : Gunung dengan Panorama Eksotis di Pulau Jawa

Sebaiknya pilih baju, pakaian atau apapun alat sandang khusus aktivitas outdoor. Memilih alat outdoor termasuk juga mempertimbangkan bahan dan kegunaan darinya. Masih mengacu pada prinsip multifungsi, sebaiknya Anda beli saja jaket yang tahan api sekaligus tahan air. Cari saja yang harganya di bawah lima ratus atau empat ratus ribu rupiah. Daripada melihat gaya luarnya saja, sekalian cari yang bergaya namun juga berharga.


  1. Simpanan Perbekalan




Bekal yang dimaksud ini adalah logistik makanan. Cadangan makanan adalah sumber utama tenaga. Apapun kegiatan outdoornya, Anda pasti tetap membutuhkan cadangan makanan. Bila Anda masih suka naik gunung, antisipasi segala kemungkinan dengan memasukkan cadangan makanan ke dalam plastik lalu bungkus serapatnya. Terakhir, masukkan ke dalam tas yang sekiranya tidak akan terlihat oleh para binatang liar.

Pada beberapa vegetasi alam, banyak jenis Monyet yang menjadi penghuni hutan dan bersahabat dengan para pendaki. Tapi sayangnya Monyet-monyet itu sering tidak tahu diri. Mereka merampas paksa perbekalan para pendaki di tengah jalan atau ketika beristirahat. Daripada kelaparan karena harus mengalah dengan Monyet, lebih baik simpan semuanya serapat mungkin sejak keberangkatan.
Baca juga : 7 Puncak Gunung Tertinggi di Sumatera Indonesia

Bawa saja minuman sebanyak mungkin karena Anda dapat memanfaatkan air sebagai penahan haus dan lapar sementara. Lagi pula banyak medan petualangan yang menarik ditaklukkan tapi tidak ada persediaan air bersih di alamnya. Begitu pula dengan beberapa makanan yang dapat mengganjal rasa lapar Anda secara baik. Simpanlah baik-baik. Utamakan mengantongi coklat atau gula merah. Kedua jenis makanan ini dapat Anda seduh dan akan sangat berguna untuk menghangatkan tubuh. Daya tahan tubuh Anda dapat menjadi stabil bahkan coklat serta gula merah dapat mencegah Anda dari bahaya hipotermia.


  1. Simpan Korek Api




Jangan membawa korek api jes alias korek api gesek. Dipastikan sebelum Anda berhasil membuat api, angin akan memadamkannya lebih dulu. Sebisa mungkin bawalah korek api yang tahan angin dan tahan air. Memang mencarinya sulit, harganya pun terbilang mahal. Tapi jika Anda ingin kehidupan dan kehangatan selama di luar rumah lebih terjamin, ya memang harus berkorban uang lebih banyak. Bila Anda belum mampu membeli yang seperti itu, bolehlah membawa korek api batangan. Eits, jangan lupa meletakkannya di dalam kotak foto film atau tempat lain yang bisa menjaminnya selalu kering.

tips memilih alat outdoor standar


  1. Susun Barang




Tips Memilih Alat Outdoor dengan Tepat yang terakhir adalah packing. Bahasa kerennya adalah packing. Bagaimana cara Anda memanajemen semua barang bawaan supaya hemat tempat dan tidak merepotkan perjalanan akan menjadi satu hal menentukan seberapa cepat Anda lelah. Susunlah barang dengan prinsip barang terberat akan membebani pundak. Jangan sampai barang-barang berat justru membebani pinggang. Jika hal ini terjadi Anda bisa-bisa sulit melangkah. Padahal untuk beberapa medan dibutuhkan kegesitan.

Nah, itulah 7 Tips Memilih Alat Outdoor dengan Tepat dan cara merawatnya ketika sudah ada di luar ruangan. Selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 7 Tips Memilih Alat Outdoor dengan Tepat