Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Thursday, 23 February 2017

Tips Foto Bokeh Dengan Menggunakan Lensa Kit

ARISTO.ID Tips Foto Bokeh Dengan Menggunakan Lensa Kit. Membuat foto bokeh atau foto blur sebenarnya cukup mudah jika kita mempunyai peralatan yang memadai. Karena salah satu faktor terpenting dalam membuat foto bokeh adalah nilai Apperture lebar yang biasanya hanya dimiliki lensa prime. Lensa prime yang paling murah adalah lensa 50mm F 1.8 yang merupakan lensa menakjubkan yang memiliki banyak kelenihan. Berikut kelebihannya :

Baca Juga 7 Kelebihan Lensa Prime 50mm Yang Wajib Diketahui

Meskipun harganya murah namun bagi pemula yang baru memegang kamera DSLR tentu membeli sebuah lensa menjadi pertimbangan tersendiri. Solusinya kita harus memaksimalkan lensa yang kita miliki yaitu lensa kit 18 - 55mm. Saya sendiri menggunakan lensa ini sekitar 6 bulan pertama sebelum membeli lensa lainnya. Dan hanya dengan lensa kit saya bisa menghasilkan beberapa gambar yang bagus menurut saya. Berikut contohnya.

Tips Foto Bokeh Dengan Menggunakan Lensa Kit

Tips Foto Bokeh Dengan Menggunakan Lensa Kit


Hanya dengan memaksimalkan lensa kit sebenarnya kita juga bisa menghasilkan foto bokeh yang cukup bagus. Asal kita tahu berbagai trik dan cara caranya. Dan pada artikel kali ini saya akan mencoba memberikan berbagai Tips Foto Bokeh Dengan Menggunakan Lensa Kit yang mudah. Simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

1.Gunakan Apperture Terlebar


Kunci dari memotret foto bokeh adalah menggunakan nilai Apperture lebar. Kita setting Apperture terlebar dari lensa kit di angka F3.5 pada focal lenght 18mm dan di angka F5.6 pada focal lenght 55mm. Memang hasil gambar tidak terlalu maksimal namun karena hanya menggunakan lensa kit ini bisa dibilang bagus.

Penggunaan angka Apperture sangat penting dalam memotret foto bokeh. Karena semakin lebar angka Apperture yang digunakan maka akan semakin bokeh pula gambarnya. Sebaliknya jika angka Apperture semakin sempit maka hasil foto akan semakin tajam disetiap sisi yang artinya tidak ada bokeh dalam foto tersebut.

2.Gunakan Focal Lenght Terjauh


Tips Foto Bokeh Dengan Menggunakan Lensa Kit selanjutnya adalah masalah Focal Lenght. Dalam menghasilkan foto bokeh menggunakan focal lenght yang panjang adalah lebih baik. Beberapa waktu yang lalu saya pernah menuliskan pula bagaimana tips membuat foto bokeh yang salah satu pointnya adalah dengan menggunakan lensa tele yang tentunya memiliki focal lenght panjang. Berikut artikelnya.
Baca Juga Tips Foto Bokeh Mudah Yang Harus Kamu Coba

Lensa dengan focal lenght panjang juga mempengaruhi dalam menentukan tingkat ke-bokeh-an dari sebuah foto. Jadi untuk kita yang masih menggunakan lensa kit gunakan lah focal lenght 55mm jika ingin menghasilkan foto bokeh yang maksimal.

[caption id="attachment_3642" align="aligncenter" width="500"]Tips Foto Bokeh Dengan Menggunakan Lensa Kit https://www.instagram.com/zekehosnaps/[/caption]

3.Jauhkan Obyek Dan Background


Faktor penting lainnya dalam menghasilkan foto bokeh adalah jarak antara obyek dan background. Semakin jauh jarak obyek dan background maka akan semakin bokeh atau blur pula gambar yang dihasilkan. Sebaliknya jika jarak obyek dan background dekat maka tingkat blur atau bokeh yang dihasilkan berkurang atau tidak maksimal.

4.Pilih Warna Background Yang Bervariasi


Untuk memberi kesan yang berbeda dan menarik sebaiknya pilih lah background dengan berbagai warna. Ini bisa memberikan efek yang lebih indah pada foto bokeh yang kita hasilkan. Jangan memilih warna background yang datar seperti langit atau laut karena tentu saja nantinya akan berakibat pada foto yang menjadi kurang menarik.

5.Konsisten Latihan


Tips Foto Bokeh Dengan Menggunakan Lensa Kit yang terakhir adalah konsisten dan terus berusaha menghasilkan karya yang terbaik. Dalam menghasilkan foto yang bagus itu tidak mudah dan membutuhkan latihan yang lama. Bahkan salah seorang fotografer profesional pun membutuhkan waktu bertahun tahun untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Seperti Alan McFadyen yang bisa kita lihat pada gambar dibawah ini.

Tips Foto Bokeh Dengan Menggunakan Lensa Kit

Dia membutuhkan waktu 6 tahun untuk mendapatkan gambar burung yang di idam idamkannya. Tentu 6 tahun bukanlah waktu yang cepat bahkan hanya untuk mendapatkan 1 gambar impian yaitu moment saat burung Kingfisher menyentuh permukaan air tanpa adanya percikan disekitarnya.

Jadi untuk kalian yang baru beberapa hari memegang kamera DSLR jangan terlalu mudah putus asa dalam belajar fotografi. Walaupun kelihatannya mudah namun ilmu fotografi ternyata cukup susah untuk dipraktekkan. Demikian yang bisa saya bagikan. Dan semoga artikel Tips Foto Bokeh Dengan Menggunakan Lensa Kit ini bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih dan salam fotografi.
Jangan lupa follow IG saya di Aristo Fotografi Pekalongan

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Foto Bokeh Dengan Menggunakan Lensa Kit