Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Wednesday, 22 February 2017

Pendaki Pria Paling Inspiratif dari Dalam dan Luar Negeri

Pendaki Pria Paling Inspiratif dari Dalam dan Luar Negeri. Sepanjang sejarah pendaki di seluruh dunia, selalu terdapat beberapa nama yang inspiratif bagi para pendaki yang hidup sedudahnya. Memang, gunung adalah salah satu fenomena alam yang tidak dapat ditebak. Adakalanya beberapa hal tidak terduga terjadi di gunung. Namun, ke-7 pendaki pria paling inspiratif dari dalam dan luar negeri ini telah membuktukan bahwa kita bisa melakukan banyak kegiatan bermanfaat di gunung. Siapa saja dan dari mana asal mereka? Berikut ulasannya.

Pendaki Pria Paling Inspiratif dari Dalam dan Luar Negeri




  1. Warkop DKI, Para Pendaki Komedian




Meskipun berprofesi sebagai komedian, anggota Warkop DKI memang terkenal hobi malakukan pendakian dan merupakan penggiat – penggiat pendakian yang ramah, kocak, dan hear warming. Melihat mereka saja, kita pasti merasa terhibur. Ditambah lagi, upaya – upaya unik yang dilakukan untuk mempromosikan hobi pendakian sangat menarik dan sayang untuk dilewatkan.

Pada awalnya, anggota Warkop DKI berjumlah 4 orang yakni Dono, Kasino, Nanu, dan Indro. Diantara keempat pria tersebut, hanya Indro yang tidak tergabung dalam ikatan Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Universitas Indonesia. Mereka kerap melakukan canda dan tawa dalam pendakian, serta mempromosikan pariwisata gunung di Indonesia melalui tawa.

Banyak dari film warkop DKI yang mengambil latar belakang pegunungan. Dengan cara ini, akan banyak penonton baik dari dalam maupun luar negeri yang menyaksikan view gunung tertentu karena sudah terintegrasi dengan filmnya. Mereka juga memberikan beberapa adegan yang menjelaskan apa saja kegiatan menarik di gunung untuk melepas penat.

Pendaki Pria Paling Inspiratif dari Dalam dan Luar Negeri


  1. Iwan Abdulrachman, Sang Pendaki Greenpeace




Pria yang lahir di tahun 1947 tersebut adalah salah satu bapak alam asal Indonesia. Kecintaan dan kesadarannya terhadap lingkungan telah mengantarkan pria yang sering disapa Abah Iwan ini menjadi duta lingkungan sekitar gunung dan musisi penyuara kesadaran lingkungan.

Konservasi Masigit Kareumbi merupakan bukti nyata kerja keras Abah Iwan. Setelah mendaki berbagai jenis gunung, akhirnya beliau menemukan formulasi yang tepat untuk merawat alam dengan idelismenya. Jadi, perawatan alam secara langsung dilakukan di area konservasi, dan perawatan secara tidak langsung seperti lagu – lagu penggerak hati masyarakat dilakukan dengan musik.

Sebuah kata – kata mutiara dari Abah Iwan di bawah ini nampak sederhana, tetapi memiliki makna yang besar dan mendalam bagi kehidupan banyak orang. Berikut adalah kalimat tersebut:

“Respek yakni suatu filosofi mendasar yang seyogyanya harus dijiwai. misalnya saja respek terhadap alam, dalam artian kita mau menyediakan diri untuk mempelajari segala sesuatu tentang alam serta bersikap ‘benar’ dalam memperlakukannya, akan menciptakan semacam dialog spiritual antara alam dengan penjelajahnya. Begitu pula respek terhadap manusia, bukan karena jabatan atau kekayaannya karena pada dasarnya kita tak memiliki apa-apa.”

Pendaki Pria Paling Inspiratif dari Dalam dan Luar Negeri


  1. Youk Tanzil, Sang Pendaki Social Man




Dengan melakukan ekspedisi yang diberi nama “Rings of Fire”, Youk Tanzil berhasil  membuktikan banyak keindahan gunung – gunung di Indonesia. Sebaiknya  kita yang masih mudah terus belajar darinya, karena tekad bulat dan semangat tidak akan bisa dibatasi oleh usia serta kondisi fisik lainnya.

Kita sebagai generasi muda sebaiknya sadar bahwa banyak gunung di Indonesia yang belum terawat kondisinya, sehingga perlu banyak pembenahan baik secara fisik maupun promosi. Jadi, Youk Tanzil tidak hanya melakukan kampanye kesadaran gunung tetapi juga berbagai aktifitas sosial untuk menolong beberapa orang yang ditemuinya saat mendaki.

Tidak bisa dipungkiri, kondisi fisik beliau yang sudah tidak muda lagi memang di atas rata – rata pria sebayanya. Tetapi, jika dibandingkan dengan pemuda Indonesia, pasti kita seharusnya lebih mampu melakukan itu. Youk Tanzil sangat berharap suatu saat para pendaki juniornya akan memiliki pola pikir yang sama.
Baca Juga 6 Latihan Fisik Sebelum Pendakian dan Manfaatnya

Pendaki Pria Paling Inspiratif dari Dalam dan Luar Negeri


  1. Sir Edmund Hillary, Sang Pendaki Pionir




Sir Edmund Hillary adalah seorang warga negara New Zealand yang melakukan pendakian pertama untuk menaklukkan puncak tertinggi di dunia, Gunung Everest. Bersama dengan para pendaki Nepal Sherpa bernama Tenzing Norgay, ia menjelajahi gunung tersebut. Hal ini dilakukan dalam rangka ekspedisi British yang dipimpin ole John Hunt.

Karena Sir Edmund Hillary merupakan seorang pionir di bidang ekspedisi Gunung Everest, ia menjadi salah satu dari 100 daftar pendaki paling berpengaruh di dunia. Perjalanan pertamaya adalah menaklukkan Gunung Oliver pada tahun 1939. Selain menjadi penakluk pertama Gunung Everest di masing – masing kutubnya.
Anda sedang membaca Pendaki Pria Paling Inspiratif dari Dalam dan Luar Negeri

Pendaki Pria Paling Inspiratif dari Dalam dan Luar Negeri


  1. Beck Weathers, Pendaki Survivor Saksi Badai Everest




Banyak korban pendakian yang menjadi korban dalam tragedi Gunung Everest pada tanggal 10 sampai 11 Mei 1996. Penulis dan pendaki Jon Krakauer menjadi salah satu dari 34 orang yang tengah mencoba mendaki puncak es. Karena jumlah pendaki yang banyak, beberapa kemungkinan menjadi penyebab tragedi tersebut semakin memakan korban jiwa.

Keadaan cuaca yang sangat ekstrim dan labil mengakibatkan kadar oksigen semakin menipis hingga hanya 14%. Ditambah lagi, terjadi badai salju di bagian barat daya Gunung Everest mengurangi kecepatan serta kemampuan untuk menuruni gunung. Beberapa dari mereka tersesat karena diserang disorientasi akibat kelelahan, hipotermia dan hipoksia.

Salah satu pendaki yang menjadi bagian dari ekspedisi tersebut adalah Beck Weathers yang ditemukan oleh tim SAR dalam keadaan luka akibat keadaan dingin yang luar biasa dan tidak bisa bergerak maupun memberi respon.

Meskipun ditinggalkan dalam keadaan hipotermia serius, Beck Weathers mampu melangkah setapak demi setapak hingga bisa meraih lokasi penyelamatan Camp IV. Setelah badai berakhir, Beck Weathers kembali mempercayai bahwa ia benar – benar hampir meninggal.

Dalam keadaan sangat lelah, sakit dan hipotermia, Beck Weather tetap berusaha sampai di Gunung Everest. Ia menjalani proses penyembuhan luka dengan berbagai memar akibat beku luar biasa. Meskipun begitu, ia tetap selamat.

Pendaki Pria Paling Inspiratif dari Dalam dan Luar Negeri


  1. Aron Ralston, Sang Pemberani Penakluk Diri Sendiri




Pada tanggal 26 April 2003, pendaki bernama Aron Ralston melakukan pendakian di slot Canyon Utah saat tiba – tiba sebuah batu besar berbobot 360 kg meluncur jatuh menuju ke arahnya. Tepat pada bagian tangan kanannya, Aron Ralston harus menyadari bahwa ia terjebak pada celah itu dengan batu besar menindih.

Keputusan harus diberikan dengan cepat, berbeda dengan orang lain yang menyerah pada keadaan, Aron Ralston menggunakan berbagai alat yang dibawanya untuk memotong sendiri tangannya. Supaya tidak menyebabkan rasa sakit berlebihan, ia memanfaatkan segala hal yang dibawanya. Beruntung, ia berhasil selamat dari bencana itu.

Pendaki Pria Paling Inspiratif dari Dalam dan Luar Negeri


  1. Jim Davidson, Pendaki Selamat yang Kehilangan Sahabat




Jim Davidson dan temannya Mike Price berusaha untuk menuruni Gunung Rainier yang berlokasi di dekat Seattle, Wahington pada tanggal 21 Juni 1992. Jim Davidson berada di depan saat ia meninggalkan jalan kecil untuk menghindar dari sebuah celah di gunung yang memiliki sungai es. Sayangnya, ia terjatuh ke chasm yang sangat dalam pada bagian bawah salju.

Mike Price akhirnya meninggal dunia, namun akhirnya Jim Davidson tetap selamat meskipun dalam keadaan yang cukup parah.

Pendaki Pria Paling Inspiratif dari Dalam dan Luar Negeri

Itulah tadi ke-7 pendaki pria paling inspiratif dari dalam dan luar negeri. Diantara para pendaki tersebut, kesemuanya adalah sosok – sosok yang memiliki dedikasi tinggi terhadap pendakian.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pendaki Pria Paling Inspiratif dari Dalam dan Luar Negeri