Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Tuesday, 28 February 2017

Gunung Cantik Yang Mudah Untuk Didaki

ARISTO.ID Gunung Cantik Yang Mudah Untuk Didaki. Jika bicara mengenai objek wisata alam, gunung seringkali menjadi objek wisata yang paling diincar. Sungguh anugerah Tuhan yang Maha Kuasa karena memberikan Indonesia banyak sekali gunung yang sangat cantik. Tidak hanya cantik, ternyata beberapa gunung ini juga cukup mudah untuk didaki. Brikut adalah 10 gunung cantik yang mudah untuk didaki.

Gunung Cantik Yang Mudah Untuk Didaki




  1. Gunung Semeru




Gunung Cantik Yang Mudah Untuk Didaki

Berada di ketinggian 3.676 meter membuat gunung Semeru menjadi gunung paling tinggi di pulau Jawa. Gunung ini juga menjadi salah satu gunung yang paling ramai dikunjungi, terutama saat liburan tiba. Puncak Mahameru juga menjadi salah satu hal yang menarik para wisatawan untuk menghabiskan liburan mereka disini.

Selain puncak Mahameru, gunung Semeru juga memiiliki spot wisata lainnya yang bernama Danau Ranu Kumbolo. Namun, para pendaki dilarang untuk menaiki puncak gunung Semeru pada siang hari karena rawan keracunan gas berbahaya yang berasal dari Kawah Jonggring Saloka.

Baca Juga Sejarah dan 5 Alasan Melakukan Pendakian Gunung di Dunia





  1. Gunung Papandayan




Gunung Cantik Yang Mudah Untuk Didaki

Gunung cantik yang satu ini terletak di wilayah Garut, provinsi Jawa Barat. Gunung Papandayan ini memiliki ketinggian sampai 2.665 meter. Untuk beberapa orang yang tinggal di wilayah ibukota Jakarta, gunung ini menjadi salah satu tempat favorit yang wajib untuk dikunjungi. Mendaki gunung Papandayan juga tidak terlalu sulit, sehingga gunung ini cocok untuk para pendaki pemula.

Salah satu daya tarik yang dimiliki oleh gunung Papandayan adalah bagian kawahnya. Sebagian besar kawahnya baru bisa dilihat setelah pendaki sampai di puncak. Hanya membutuhkan waktu dua hari untuk mendaki gunung ini. Selain kawahnya, masih ada dua tempat lain yang menjadikan gunung Papandayan sering dikunjungi wisatawan, yaitu hutan mati dan Tegal Alun. Tegal Alun ini memiliki sebuah padang Edelweiss.


  1. Gunung Merbabu




Gunung Cantik Yang Mudah Untuk Didaki

Seringkali orang-orang mengira gunung ini mirip dengan Gunung Merapi di Yogyakarta. Gunung ini terletak di wilayah perbatasan antara Kabupaten Magelang, Boyolali dan Semarang. Untuk pendaki yang menyiapkan fisik yang kuat, sangat mungkin untuk mendaki gunung Merbabu dan gunung Merapi secara bersamaan. Ketika mendaki di gunung Merbabu, jangan lupa untuk melihat matahari terbit yang sangat cantik di gunung Merbabu.

Matahari terbit itu akan diiringi dengan awan cumulus yang membentuk sebuah tempat tidur. Gunung Merbabu memiliki dua puncak yang slaing bersebelahan, yaitu puncak Syarief dan puncak Kenteng Songo. Jika ingin menginap, terdapat sebuah penginapan disana yang bernama penginapan Selo. Selain semua hal diatas, Gunung Merbabu memiliki sabana atau padang rumput yang sangat saying untuk dilewatkan. Di padang rumput terakhir sebelum menu ke puncak Merbabu, terdapat bunga edelweiss yang tumbuh di lereng bukit.


  1. Gunung Gede




Gunung Cantik Yang Mudah Untuk Didaki

Dilambangkan sebagai bunga abadi, bunga edelweiss memang banyak diincar oleh para wisatawan. Mungkin jika kalian mencari bunga edelweiss, tidak ada salahnya untuk mencoba mendaki Gunung Gede. Gunung ini dipenuhi oleh padang bunga edelweiss. Gunung ini juga memiliki sebuah spot bernama Alun-alun Suryakencana yang sangat bagus digunakan untuk menikmati kecantikan bunga edelweiss yang tumbuh disana. Gunung Gede terletak di wilayah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat.

Dari puncak gunung Gede, para pendaki bisa melihat matahari terbit dan terbenam yang sangat indah. Selain itu, pemandangan kota Cianjur, Sukabumi dan Bogor juga bisa terlihat dari atas. Terdapat tiga buah kawah yang masih aktif, yaitu kawah Lanang, kawah Wadon dan kawah Ratu.


  1. Gunung Merapi




Gunung Cantik Yang Mudah Untuk Didaki

Terkenal baik di dalam negeri maupun diluar negeri membuat gunung ini sering dikunjungi oleh wisatawan. Gunung ini juga disakralkan oleh masyarakat Yogyakarta. Bagian lereng gunung juga ditempati oleh masyarakat di sekitar sana. Puncak gunung Merapi sendiri terbagi menjadi dua puncak, yaitu puncak Garuda dan puncak Limas. Para pendaki harus berhati-hati saat mendekati wilayah puncak karena puncak gunung Merapi cukup runcing dan dekat dengan jurang kawah yang lebar.


  1. Gunung Ciremai




Gunung Cantik Yang Mudah Untuk Didaki

Gunung ini terletak di wilayah Jawa Barat dan menjadi gunung paling tinggi di Jawa Barat. Gunung ini terletak di bagian perbatasan antara daerah Majalengka, Cirebon dan Kuningan. Disana, para pendaki akan disuguhi keindahan kawah yang sangat indah dan ada Goa Walet. Pendaki yang akan menaiki gunung Ciremai ini membutuhkan waktu pendakian minimal 2 hari, namun hal itu tergantung pada kekuatan individu masing-masing.


  1. Gunung Kerinci




Gunung Cantik Yang Mudah Untuk Didaki

Para pendaki yang ingin merasakan sensasi baru saat melakukan pendakian, harus mencoba mendaki gunung yang satu ini. Gunung Kerinci yang sekarang menjadi gunung berapi aktif tertinggi di Asia Tenggara ini menawarkan sejuta keindahan yang hanya bisa ditemui disini. Terletak di wilayah Jambi dengan ketinggian 3.805 meter, gunung Kerinci memiliki pemandangan yang sangat mengesankan.

Haimau Sumatera dan Badak Sumatera juga hidup dengan tenang di wilayah gunung ini. Di bagian kaki gunung, terdapat perkebunan teh yang sangat menarik untuk dikunjungi. Bahkan, para pendaki juga bisa mencicipi nikmatnya teh asli gunung Kerinci ini. Dari bagian atas, para pendaki bisa melihat pemandangan menakjubkan dari Danau Gunung Tujuh.


  1. Gunung Rinjani




Gunung Cantik Yang Mudah Untuk Didaki

Tidak kalah menarik dari berbagai gunung lain yang ada di Indonesia, mungkin gunung Rinjani adalah gunung berapi yang paling indah di Indonesia. Ada dua rute yang bisa digunakan untuk mendaki Gunung Rinjani ini, yaitu dari wilayah Sembalun dan Senaru. Kedua rute tersebut sama-sama menyenangkan dan tidak membosankan.

Rute Sembalun melewati lebih banyak padang, sedangkan rute Senaru lebih banyak melewati hutan tropis yang memang ada banyak disana. Para pendaki mungkin mengalami kesulitan saat usaha untuk mendakinya, namun semua itu akan terbayarkan saat melihat pemandangan dari puncak gunung Rinjani.

Dari puncak gunung, para pendaki bisa melihat Danau Segara Anakan. Konon katanya, jika seseorang melihat danaunya tampak besar, maka umurnya akan panjang. Setelah mengunjungi gunung Rinjani dan Danau Segara Anakan, jangan lewatkan pemandangan menakjubkan dari wilayah Gunung Baru. Disana, pendaki juga bisa berendam di air hangat yang sudah disediakan disana.

Baca Juga Destinasi Wisata Buah untuk Keluarga dan Program Sekolah





  1. Gunung Prau




Gunung Cantik Yang Mudah Untuk Didaki

Terletak di wilayah Wonosobo, Jawa Tengah dengan ketinggian 2.565 meter membuat gunung Prau ini memiliki keindahan yang luar biasa. Gunung Prau bukanlah gunung berapi yang aktif, namun gunung ini terletak di jajaran gunung berapi besar, yaitu jajaran Dieng Plateau. Meskipun bukan gunung berapi aktif, kegiatan panas bumi masih terjadi di sekitar gunung ini.

Nama prau berasal dari perahu. Tidak butuh waktu lama untuk bisa melakukan pendakian di gunung ini. Karena itulah, gunung ini sangat populer digunakan untuk camping. Meskipun gunung ini tergolong mudah untuk didaki, pemandangan dari puncak gunung juga tidak kalah mengesankan. Dari puncak gunung, tampak Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing dan tampak sangat indah.


  1. Gunung Ijen




Gunung Cantik Yang Mudah Untuk Didaki

Jawa timur memang tampaknya memiliki banyak sekali gunung yang indah. Satu lagi, gunung yang indah di Jawa timur yaitu Gunung Ijen. Blue fire atau api biru yang terjadi di malam hari hanya ada di Gunung Ijen. Blue fire ini berasal dari cairan belerang yang ada disana.

Nah, itulah 10 gunung cantik yang mudah untuk didaki. Sangat indah, bukan?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Gunung Cantik Yang Mudah Untuk Didaki