Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Friday, 24 February 2017

Destinasi Wisata di Bangka Belitung Yang Wajib Dikunjungi

ARISTO.ID Destinasi Wisata di Bangka Belitung Yang Wajib Dikunjungi. Pulau Bangka Belitung memang menjadi sebuah destinasi wisata yang sangat menarik. Untuk para wisatawan pecinta kegiatan air, beberapa tempat wisata berikut ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Berikut ini adalah Destinasi Wisata di Bangka Belitung Yang Wajib Dikunjungi.

Destinasi Wisata di Bangka Belitung Yang Wajib Dikunjungi




  1. Pantai Tanjung Kelayang




Destinasi Wisata di Bangka Belitung Yang Wajib Dikunjungi

Pantai Tanjung Kelayang adalah sebuah pantai yang terletak di wilayah Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung. Pantai ini berada sekitar 27 km dari pusat kota Tanjungpandan di Belitung. Pantai Tanjung Kelayang ini merupakan salah satu tempat wisata yang populer di kalangan wisatawan domestik, maupun mancanegara. Dalam event sail Indonesia, ratusan perahu yacht akan mampir di pantai yang ada di Belitung ini. Batuan granitnya tampak menawan dengan salah satu batuannya berbentuk seperti kepala burung. Hamparan pasirnya putih bersih dan terawatt kebersihannya.


  1. Pantai Parai Tenggiri




Destinasi Wisata di Bangka Belitung Yang Wajib Dikunjungi

Beralih ke wisata air yang menakjubkan. Pantai Parai Tenggiri ini berada di Desa Sinar Baru, Sungailiat, Bangka Belitung. Mungkin pantai di daerah lain tidak ada yang seperti pantai yang satu ini. Pantai ini memiliki hamparan batu granit yang telah menjadi ciri khasnya. Karena itulah, pantai ini menjadi pantai yang paling indah di wilayah Bangka Belitung.

Setelah menaiki batuan granit tersebut, para wisatawan akan melihat hamparan Laut Cina Selatan yang sangat indah. Tidak hanya menyuguhkan pemandangan saja, Pantai Parai Tenggiri ini juga menyediakan berbagai macam kegiatan air, hotel atau resort yang bisa digunakan untuk menginap dan akomodasi yang lengkap.

Biaya masuk untuk bisa menikmati keindahan alam Pantai Parai Tenggiri ini adalah Rp25.000 per orangnya. Tiket masuk ini bisa digunakan wisatawan untuk mendapatkan makanan atau minuman yang disediakan oleh restoran yang ada di tepi pantai


  1. Pantai Tikus




Destinasi Wisata di Bangka Belitung Yang Wajib Dikunjungi

Namanya saja sudah terdengar unik. Pantai tikus ini terletak di Desa Rebo, Kelurahan Kenanga, Sungailiat, Bangka Belitung. Pantai tikus ini memiliki panorama yang indah dan masih belum terkotori oleh tangan manusia. Di pantai ini terdapat hamparan batuan granit yang terbentuk melalui bukit yang terjal. Di puncak bukit ini, para wisatawan bisa melihat dengan jelas sebuah kuil peribadatan yang berdiri dengan cukup megah. Kuil atau kelenteng yang ada di Pantai tikus ini memiliki bentuk yang bulat yang menjadi ciri khas dari pantai ini.


  1. Pantai Penyusuk




Destinasi Wisata di Bangka Belitung Yang Wajib Dikunjungi

Jika menuju ke arah Bangka Belitung bagian utara, tidak ada salahnya untuk mampir ke Pantai Penyusuk. Pantai ini terletak di jalan Penyusuk, Belinyu, Bangka Belitung. Tumpukan batu granit yang ada di pantai ini seolah membentuk sebuah ceruk. Pepohonan yang hijau juga tumbuh dengan baik di pesisir pantai diiringi dengan 4 buah pulau lain yang berjajar dengan indah.

Salah satu daya tarik lain yang dimiliki oleh pantai ini adalah ombaknya yang tenang. Hal ini membuat para wisatawan bebas untuk berenang dan bermain air laut di tepi pantai. 4 buah pulau yang ada disana bisa dikunjungi dengan menyewa sebuah perahu nelayan. Satu perahu dapat menampung sampai 10 orang dengan rentangan harga mulai Rp150.000 sampai Rp250.000.

Diantara 4 pulau tersebut, pulau yang paling sering dikunjungi adalah Pulau Lampu. Pulau ini memegang peranan penting yaitu sebagai mercusuar. Setelah berenang di pantai, para wisatawan bisa menyegarkan diri kembali dengan mandi di dua buah kamar mandi yang sudah disediakan.


  1. Pulau Lengkuas




Destinasi Wisata di Bangka Belitung Yang Wajib Dikunjungi

Pernahkah kalian mendengar tentang Pulau Lengkuas? Pulau ini terletak di wilayah Kecamatan Sijuk, Kabupaten Bangka Belitung, Bangka Belitung. Daya tarik utama yang ada di pualu ini adalah keberadaan sebuah mercusuar yang berusia sangat tua dan sampai sekarang masih digunakan. Mercusuar ini adalah mercusuar peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1882.

Meskipun wilayahnya kurang dari satu hektar, Pulau Lengkuas akan memanjakan para wisatawan dengan pemandangan alam yang sangat menarik. Dengan menaiki mercusuar yang memiliki ketinggian 50 meter, para wisatawan bisa melihat pemandangan indah yang menyejukkan mata. Meskipun tidak menaikinya sampai atas, setiap lantai mercusuar ini memiliki jendela yang menghadap ke segala arah sehingga para wisatawan tetap bisa melihat pemandangan dari sini.
Baca Juga Tantang Adrenalin dengan Mendaki 9 Puncak Dunia di Pulau Sumatera



  1. Pantai Pasir Padi




Destinasi Wisata di Bangka Belitung Yang Wajib Dikunjungi

Pantai Pasir Padi adalah sebuah tempat wisata yang berada di Kecamatan Bukit Intan, Pangkalpinang, Bangka Belitung. Pantai ini berjarak sekitar 7 km jauhnya dari kota Pangkalpinang. Setelah sampai di bandara udara Pangkalpinang, alangkah baiknya jika mengunjungi wilayah ini. Tempat wisata ini adalah salah satu dari yang paling terkenal di Bangka Belitung.

Pasir yang ada di pantai ini menyerupai bentuk padi sehingga dinamakan pasir padi. Untuk bisa memasuki wilayah Pantai Pasir Padi, setiap orang harus membayar Rp10.000 untuk tiket masuk. Harga tersebut tergolong murah, karena fasilitas publik yang disediakan disini sangat lengkap. Mulai dari hotel berbintang sampai warung makanan tersedia disana.


  1. Pulau Memperak




Destinasi Wisata di Bangka Belitung Yang Wajib Dikunjungi

Wisata air memang tak pernah bisa dilewatkan ketika sedang melakukan perjalanan wisata. Untuk para wisatawan yang senang melakukan kegiatan snorkeling, mungkin tempat wisata yang satu ini cocok untuk kalian. Pulau Memperak yang terletak di wilayah Kabupaten Belitung Timur, Bangka Belitung ini akan memanjakan mata dengan keindahan alam yang eksotis. Dengan air lautnya yang biru kehijauan dan wilayah yang bersih membuat pantai ini lebih nampak indah.

Keindahan alam yang ada di Pulau Memperak ini belum banyak diketahui para wisatawan. Dari luar, Pulau Memperak ini memang sangat indah, namun cobalah untuk melihat bagian bawah laut pulau ini. Bahkan, melakukan kegiatan snorkeling di pulau ini akan sangatlah menyenangkan. Snorkeling yang terbaik adalah di spot utara, timur dan barat Pulau Memperak ini.

Keindahan terumbu karang dan berbagai macam makhluk hidup yang tumbuh membuat pemandangan bawah laut Pulau Memperak juga tak kalah indah dari permukaannya. Para wisatawan dihimbau untuk menggunakan alas kaki saat melakukan snorkeling karena ada bulu babi tajam yang mungkin menyakiti kaki. Jangan lupa juga untuk membawa bekal karena Pulau Memperak adalah sebuah pulau yang sepi dan hanya ada penjaga pulau yang tinggal disana.


  1. Gunung Menumbing




Destinasi Wisata di Bangka Belitung Yang Wajib Dikunjungi

Destinasi Wisata di Bangka Belitung yang terakhir adalah Gunung Menumbing. Tak lengkap memang rasanya bila melakukan perjalanan wisata tanpa mengunjungi wisata alamnya. Jika mampir ke pulau Bangka Belitung, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Gunung Menumbing. Gunung yang memiliki ketinggian 355 meter ini terletak di desa Air Belo, Mentok, Kabupaten Bangka Barat, Bangka Belitung.

Gunung ini adalah tempat historis bagi bangsa Indonesia, karena pada tahun 1948 sampai 1949 Bung Karno dan Bung Hatta pernah diasingkan disini. Wisma yang menjadi tempat pengasingan kedua orang tersebut masih terawatt dengan baik disana. Penjaga rumah tersebut adalah Abdi Dalem Keraton Yogyakarta yang sejak dahulu memang sudah memiliki tugas untuk menjaga dan melindungi Bung Karno dan Bung Hatta selama mereka diasingkan.

Itulah Destinasi Wisata di Bangka Belitung Yang Wajib Dikunjungi. Jika kita berlibur ke pulau Bangka, jangan lupa untuk mengunjungi beberapa wisata yang telah disebutkan tadi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Destinasi Wisata di Bangka Belitung Yang Wajib Dikunjungi