Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Monday, 27 February 2017

Destinasi Wisata Buah untuk Keluarga dan Program Sekolah

ARISTO.ID Destinasi Wisata Buah untuk Keluarga dan Program Sekolah. Pembelajaran pada anak – anak dapat dilakukan baik secara formal maupun informal. Secara informal, proses berpikir anak bisa diseting melalui kegiatan tertentu. Dalam belajar tentang aneka buah, terdapat setidaknya 5 destinasi wisata buah – buahan untuk keluarga dan program sekolah yang tersebar di Indonesia sebagai salah satu referensi untuk orang tua serta guru sebagai berikut.

Destinasi Wisata Buah untuk Keluarga dan Program Sekolah




  1. Kebun Buah Mekarsari




Destinasi Wisata Buah untuk Keluarga dan Program Sekolah

Kebun buah yang dinobatkan sebagai “the World Biggest Park in Asia” ini menjadi primadona diantara seluruh objek wisata buah di Indonesia. Program pembelajaran tentang buah – buahan sangat variatif dan mudah dipahami oleh anak – anak.

Contohnya program field trip. Program ini didesain untuk memperluas pengetahuan dibidang pertanian tanaman buah bagi anak – anak. Namun, perjalanan lapangan ini bisa juga diikuti oleh semua peminat mulai orang – orang yang hobi menanam, mahasiswa, karyawan, pensiunan, hingga ibu rumah tangga.

Kegiatan ini diawali dengan pengenalan terkait variasi tanaman buah yang ditanam dengan pemanfaatan teknologi tinggi seperti kultur jaringan. Selanjutnya, peserta akan diberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam proses berkeliling area serta tanya jawab.

Dengan harga Rp55.000, para penjung bisa mendapatkan tiket masuk , tiket kereta keliling, tur tanaman langka, fasilitator, dan presentasi pengetahuan hortikultura.


  1. Kebun Buah Mangunan Yogyakarta




Destinasi Wisata Buah untuk Keluarga dan Program Sekolah

Sebagai bentuk penguatan terhadap pariwisata Yogyakarta, pemerintah daerah setempat membangun Kebun Buah Mangunan pada tahun 2003 pada tanah seluas 23.3415 hektar di atas ketinggian 150 – 200 mdpl. Secara fisik, kondisi area Kebun Buah Mangunan dikelilingi oleh pepohonan dan pemandangan pegunungan.

Objek wisata yang berlokasi 15 km dari ibukota Kabupaten Bantul serta 34 km dari pusat Kota Yogyakarta ini memiliki udara sangat sejuk dan view Pantai Parangtritis. Tidak hanya itu, kecantikan Sungai Oya dan populasi monyet di sekitar hutan sangat menarik bagi anak – anak yang mulai jenuh dengan permainan modern maupun gadget.

Tanaman buah – buahan yang tumbuh di Kebun Buah Mangunan sangat beragam mulai dari mangga, jambu air, manggis, rambutan, sawo, duku dan durian. Selain mempelajari tanaman buah, wisata juga dapat dilakukan dengan mengamati tanaman pagar hidup salak, king grass, pohon jati, magium dan pinus.

Jumlah koleksi di objek wisata ini cukup untuk menjadikannya andalan dalam pembelajaran langsung. 1500 pohon durian, 300 pohon jambu air, 220 pohon jeruk, 950 pohon mangga, 40 ekor sapi serta 200 tanaman buah lain yang variatif akan menjadikan anak – anak semakin paham dengan ekosistem dan informasi lain tentang lingkungan biotik.

Baca Juga Chiang Mai: Pusat Budaya dan Sakura di Puncak Negeri Gajah Putih



Meskipun bertitel kebun buah, anak – anak tetap bisa melihat proses pembibitan sapi. Tujuan pembibitan sapi adalah sebagai upaya untuk meningkatkan jumlah sapi yang diternak sehingga tidak habis. Disana diberikan informasi pula bahwa sapi akan meregulasi daur pupuk kandang sebagai cara untuk menyuburkan tanaman buah – buahan di kebun.

Jangan khawatir soal fasilitas. Objek wisata ini memiliki penginapan yang dilengkapi dengan aula dan kolam renang untuk hiburan anak – anak. Tidak hanya itu, terdapat fasilitas bumi perkemahan, reflying, jembatan goyang, outbound, flying fox serta lahan untuk latihan pembibitan tanaman.

 Meskipun memiliki banyak keunggulan, Kebun Buah Mangunan hanya menarik biaya Rp5.000 untuk tiket masuk dan sistem free parking.Lokasi Kebun Buah Mangunan buka mulai pukul 08.00 hingga 18.00. Namun, sebaiknya anak – anak diajak untuk kesana pada pukul 17.00 sehingga bisa menyaksika suasana sunset yang menyenangkan jika sistem wisatanya menginap.


  1. Agrowisata Petik Jeruk




Destinasi Wisata Buah untuk Keluarga dan Program Sekolah

Di Kabupaten Malang tepatnya Kecamatan Dau, terdapat sebuah objek wisata bernama Argowisata Petik Jeruk. Berlokasi 8 km dari jalan utama Malang – Batu, destinasi wisata ini mampu memberikan pembelajaran yang bermakna bagi anak – anak dengan cara petik buah secara langsung.

Lokasi ini dibangun di atas lahan seluas 750 hektar. Seluruh pohon jeruk di sana tertata rapi dan bersih. Cukup dengan Rp15.000, pembelajaran terkait jenis – jenis jeruk seperti jeruk keprok dan jeruk baby. Jika ingin mendapatkan fasilitas memetik sendiri dan memakan jeruk sepuasnya, harga tiket naik menjadi Rp25.000. Anak – anak juga dapat membawa pulang jeruk yang dipilih sendiri dengan harga sangat terjangkau, yakni Rp5.000 per kg.
Anda sedang membaca Destinasi Wisata Buah untuk Keluarga dan Program Sekolah



  1. Kusuma Agrowisata




Destinasi Wisata Buah untuk Keluarga dan Program Sekolah

Pada lahan sekitar 17 hektar, Kusuma Agrowisata hadir sebagai objek wisata petik apel yang menarik di Kota Batu. Kebun yang berada di Jalan Abdul Gani Atas ini memiliki berbagai koleksi tanaman buah – buahan seperti jeruk, buah naga, jambu merah, stroberi, dan beberapa jenis sayuran

Perjalanan menuju Kusuma Agrowisata bisa dilakukan selama 1 jam dari pusat Kota Batu. Untuk wisatawan yang bersasal dari luar kota, terdapat banyak penginaman dan hotel di sekitarnya. Harga paket wisata outbound adalah Rp150.000. Outbound dilakukan selama 6 jam untuk minimal 30 orang. Fasilitas yang diperoleh yakni wisata argo, memetik buah, jus buah, lunch box, peralatan media, air minum dan pelatih profesional.

Hal menarik yang belum tentu dimiliki wisata kebun buah lainnya dalah area kuliner yang khas. Kedai apel menyediakan menu Nasi Goreng Apel, Apple Chicken Steak, Apple Beef Steak, Mie Sarang Apel dan Apel Beef Strobanoff. Untuk minuman, tersedia variasi Apel Sunrise, Apel Glow, Apel Squash, serta jus dan milkshake apel.

Sedangkan Kedai Stroberi menyediakan olahan stroberi berupa Chicken Fruity Stroberi, Ayam Penyet Stroberi, Tusuk Stroberi Coklat, Ayam Saus Stroberi, Udang Saus Stroberi, Javaness Delight Stroberi, Stroberi Chiken Steak Stroberi Beer Stroganof, Pancake stroberi dan Cheese Banana Pizza Stroberi. Sangat menarik bukan?

Tidak hanya melulu soal petik buah, beberapa wahana di area outbound sangat cocok untuk anak – anak. Jenis wahananya meliputi menunggang kuda poni, mini train, fun fishing, flying fox, air softgun battle, motor kros, paintball, highrope games serta ATV.

Untuk bermain video games, anak – anak cukup membayar Rp3.000, kereta – keretaan Rp5.000, memancing Rp10.000, menunggang kuda Rp10.000, paintball combat Rp180.000, dan airsoftgun battle Rp120.000.

Baca Juga Gunung dengan Panorama Eksotis di Pulau Jawa





  1. Mumbul Garden Jember




Destinasi Wisata Buah untuk Keluarga dan Program Sekolah

Destinasi Wisata Buah untuk Keluarga dan Program Sekolah yang terakhir adalah Mumbul Garden Jember. Berada 7 km dari pusat Kota Jember, Mumbul Garden tidak hanya mengusung konsep hijau, tetapi juga konsep air. Perkebunan pisang, buah naga, sengon dan tebu menempati lahan seluas 24 hektar yang masih diselimuti hawa sejuk khas dataran tinggi. Anak – anak bisa mengakses pembelajaran tentang cara menanam, mulai pembibitan, perawatan dan proses memanen. Buah yang diunggulkan pada destinasi wisata yang satu ini adalah pepaya dan pisang. Konsep agrowisata atau memetik sendiri buah dapat dilakukan dengan pendampingan pihak pengelola.

Dulu, Mumbul Garden adalah bekas pabrik pengolahan kopi. Setelah dirombak menjadi objek wisata, Mumbul Garden semakin diminati masyarakat karena mengusung konsep “One Stop Service” yang mulai buka pukul 07.00.

Karena tersebar di beberapa tempat yang berbeda, ke 5 destinasi wisata buah untuk keluarga dan program sekolah ini bisa dijelajahi satu persatu sebagai agenda semester atau tahunan. Selain merasakan pembelajaran, anak akan menjadi tidak jenuh dengan variasi permainan dan outbound yang dimiliki.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Destinasi Wisata Buah untuk Keluarga dan Program Sekolah