Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Friday, 10 February 2017

Cara Memotret Dengan Kamera Smartphone Yang Ringkas

ARISTO.ID Cara Memotret Dengan Kamera Smartphone Yang Ringkas. Memotret adalah sebuah hobi yang menyenangkan bagi sebagian orang termasuk saya pribadi. Karena dengan memotret kita bisa mendokumentasikan sesuatu yang mungkin di kemudian hari akan kita buka lagi. Umumnya orang memotret dengan menggunakan kamera DSLR atau kamera digital tapi tidak sedikit juga orang yang menggunakan kamera smartphone sebagai senjata memotret.

Namun tidak buruk juga memotret dengan kamera smartphone mengingat sekarang jaman semakin canggih dan banyak produsen smartphone membenamkan kualitas terbaik pada sisi kameranya. Banyak juga kita temukan foto foto berkualitas di instagram yang diambil hanya dengan kamera smartphone. Memotret dengan kamera smartphone memiliki kelebihan tersendiri diantaranya :


  • Lebih ringkas

  • Lebih praktis

  • Enteng tidak seperti kamera DSLR yang berat

  • Tidak perlu menggonta ganti lensa

  • Bisa langsung upload di media sosial


Memotret Dengan Kamera Smartphone

Cara Memotret Dengan Kamera Smartphone


Karena beberapa kelebihannya diatas banyak orang yang lebih memilih menggunakan kamera smartphone sebagai alat fotografi mereka. Namun untuk menghasilkan gambar yang bagus juga tidak mudah. Diperlukan beberapa trik khusus dan kali ini saya akan membahasnya mengenai Cara Memotret Dengan Kamera Smartphone yang bagus.

1.Pilih Kamera Smartphone Yang Bagus


Sebelum membahas teknik tentu hal pertama yang harus kita perhatikan adalah masalah kualitas kamera smartphone tersebut. Cari smartphone yang memiliki kualitas kamera bagus dengan ciri ciri memiliki resolusi yang besar.

Karena dengan resolusi kamera yang besar akan memudahkan kita dalam pengambilan gambar nantinya. Detail dan ketajaman pun akan lebih baik dibandingkan dengan kamera smartphone yang memiliki resolusi kecil. Selain resolusi juga pertimbangkan pengalaman dari orang lain yang sudah menggunakan kamera smartphone tersebut. Karena tidak sedikit juga resolusi kamera besar tapi gambar yang dihasilkan kurang tajam.

2.Jangan Pernah Gunakan Zoom


Kamera smartphone terdapat fitur zoom yang bisa membuat kita memotret benda yang jaraknya agak jauh. Tapi jangan pernah sekali kali menggunakan zoom pada kamera smartphone karena itu akan sangat menurunkan kualitas gambar.

Lebih baik kita berjalan mendekati obyek saja dari pada menggunakan zoom. Anggap kita menggunakan kamera DSLR dengan lensa fix 50mm sehingga kita harus maju mundur sendiri untuk mendapatkan framing yang tepat dan sesuai keinginan.
Baca Juga 7 Kelebihan Lensa Prime 50mm Yang Wajib Diketahui

3.Gunakan Aplikasi Kamera DSLR


Perkembangan teknologi semakin pesat terutama pada penggunaan smartphone. Kini sudah banyak tersedia aplikasi aplikasi yang bisa merubah fungsi kamera smartphone menjadi mirip seperti kamera DSLR. Kita bisa mengatur ISO, Apperture, Shutter Speed dan berbagai pengaturan lainnya. Jadi pilihlah aplikasi pendukung yang baik dan cocok dengan kamera smartphone kita.
Baca Juga 7 Aplikasi Foto Terbaik Android Setara Kamera DSLR

4.Gunakan Lensa Tambahan Untuk Smartphone


Sekarang sudah banyak lensa tambahan yang dijual dipasaran untuk pelengkap kamera smartphone. Banyak sekali jenisnya ada yang untuk makro, zoom, tele dan berbagai jenis lensa lainnya. Tentu ini sangat membantu bagi kita yang menekuni hobi fotografi dengan kamera smartphone.

Untuk mendapatkannya juga cukup mudah. Cari saja di berbagai toko online yang ada di Indonesia seperti Tokopedia, Bukalapak, OLX, Lazada dan berbagai situs jual beli lainnya. Dan rasakan sensasinya memotret dengan kamera smartphone beserta lensa tambahan.

Memotret Dengan Kamera Smartphone

5.Atur Komposisi Foto


Komposisi dalam fotografi itu sangat penting. Karena itu yang membedakan foto memiliki nilai seni dengan foto asal asalan. Dan dengan menggunakan kamera smartphone pun kita masih bisa mengatur komposisi foto yang baik. Tidak harus dengan kamera DSLR.
Baca Juga Mengenal Komposisi Rule Of Thirds Pada Fotografi

6.Editing Foto


Proses editing tidak harus dari hasil foto yang menggunakan kamera DSLR. Memotret dengan kamera smartphone pun harus melalui proses editing terlebih dahulu untuk memperindah foto yang kita hasilkan. Kita bisa melakukan proses editing melalui aplikasi smartphone itu sendiri karena banyak juga aplikasi editing yang bagus saat ini. Kalau tidak mengedit menggunakan photoshop di PC atau laptop juga bagus.

7.Konsisten Latihan Memotret


Apapun alatnya memotret secara konsisten terus menerus diperlukan agar mengasah kemampuan kita dalam menghasilkan gambar yang bagus. Maka dari itu walaupun hanya menggunakan kamera smartphone jangan sampai membuat kita untuk malas berlatih memotret. Justru harus menjadi semangat tersendiri.

Apalagi jika kita bisa menghasilkan gambar yang bagus pasti akan bangga karena hanya dengan menggunakan kamera smartphone hasilnya tidak kalah dengan menggunakan kamera DSLR. Maka dari itu konsisten lah memotret untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Itulah Cara Memotret Dengan Kamera Smartphone Yang Ringkas. Semoga membantu dan bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih dan salam fotografi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Memotret Dengan Kamera Smartphone Yang Ringkas