Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Friday, 17 February 2017

Benda Wajib yang Harus Dibawa Seorang Pendaki

Benda Wajib yang Harus Dibawa Seorang Pendaki. Saat di berada di gunung, seorang pendaki sudah harus bertanggung jawab pada dirinya sendiri dan kelompok. Supaya tidak ketinggalan informasi, berikut 10 benda wajib yang harus dibawa seorang pendaki saat melakukan perjalanan.

10 Benda Wajib yang Harus Dibawa Seorang Pendaki


10 Benda Wajib yang Harus Dibawa Seorang Pendaki


  1. Keperluan Logistik




Makanan adalah kunci utama dalam melakukan pendakian. Saat seseorang merasa lapar atau kelelahan di atas gunung, kondisi fisiknya bisa bermasalah dan dapat menimbulkan permasalahan pula pada pendakiannya.


  1. Pakaian Outdoor




Jenis pakaian outdoor yang bisa dipilih adalah sweater, celana panjang, sarung tangan dan kaos kaki tebal. Jangan lupa untuk selalu menggunakan sepatu agar tidak masuk angin atau terpengaruh perubahan cuaca terutama pada pendakian gunung berpuncak tinggi.


  1. Jaket dan Jas Hujan




Jaket adalah hal yang sangat penting dalam pendakian. Sebaiknya pendaki tidak hanya membawa satu jaket. Karena jika jaket terkena embun atau hujan saat perjalanan, akan ada yang tetap bisa dipakai. Apabila cuaca dingin agak ekstrim, jaket bisa juga digunakan berlapis.

Jas hujan juga termasuk bawaan yang penting. Tidak hanya untuk melindungi diri, tetapi juga berbagai barang yang tidak bisa terkena air seperti alat komunikasi, senter, dan sebagainya.


  1. Tenda




Bentuk tenda sebaiknya disesuaikan dengan kondisi alam pendakian serta jumlah anggota kelompok. Untuk para pendaki pemula, sebaiknya pilih tenda yang tidak terlalu sulit dirakit agar tidak menyulitkan momen – momen pendakian.


  1. Sleeping Bag




Saat malam hari udara di atas gunung bisa berubah secara ekstrim. Fungsi sleeping bag selain sebagai pelindung dari benda keras atau serangga, juga bisa sebagai selimut. Jadi, membawa sleeping bag sangat bermanfaat bagi kelangsungan pendakian.


  1. Peralatan Makan




Bawalah peralatan makan yang sederhana saja. Namun, perlengkapan memasak sederhana sangat penting untuk dicatat agar para pendaki bisa menikmati makanan dan minuman hangat sebagai pelipur rasa dingin atau kelelahan. Pada kelompok – kelompok pecinta alam, peralatan makanan biasanya diatur siapa pembawanya dan seperti apa kebutuhannya.


  1. Tas Gunung




Tas gunung yang digunakan harus memiliki ukuran yang pas. Sebaiknya bawa tas gunung sesuai kapasitas fisik. Jangan sampai perlengkapan yang dibawa berlebihan, tas gunung pun sudah berukuran besar, tetapi kita tidak kuat mengangkatnya hingga ke atas. Hal ini tentu akan menjadi masalah tersendiri bagi para pendaki.
Baca Juga 6 Latihan Fisik Sebelum Pendakian dan Manfaatnya



  1. Air, Obat – Obatan




Kebutuhan air harus disesuaikan dengan berapa lama seseorang melakukan pendakian. Beberapa gunung memiliki cadangan air yang cukup, namun sebagian lainnya tidak. Oleh karena itu, mencari informasi sebanyak – banyaknya tentang keadaan fisik destinasi pendakian sangat penting bagi kelancaran prosesnya secara menyeluruh.

Sensasi yang Hanya Bisa Dirasakan Seorang Pendaki Sejati


  1. Alat Komunikasi




Meskipun sudah profesional, alat komunikasi seperti walkie talkie sangat penting untuk mengantisipasi terjadinya masalah seperti anggota kelompok hilang. Saat ini, keadaan alam tidak bisa diperkirakan secara detail, sehingga kitalah yang harus membuat persiapan secara matang. Sebaiknya tiap anggota kelompok pendaki memiliki satu walkie talkie sendiri yang juga dilengkapi dengan baterai sesuai kebutuhan.


  1. Trekking Pole dan Senter




Trekking pole diperlukan sebagai kelengkapan proses pendakian. Bukan hanya trekking pole, senter merupakan benda berukuran kecil yang sering dilupakan, padahal sangat penting terutama diwaktu malam hari saat cuaca kurang bersahabat. Bawalah kedua benda tersebut serta perlengkapan lainnya secara menyeluruh, tetapi tetap mempertimbangkan kapasitas bawaan.

10 benda wajib yang harus dibawa seorang pendaki di atas hanya sebagian kecil dari kebutuhan primer seorng pendaki. Tidak hanya benda, pendaki sejati juga harus menempa dan melatih moral, etika serta kepribadian agar dapat tetap tegar di atas puncak dunia.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Benda Wajib yang Harus Dibawa Seorang Pendaki