Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Friday, 17 February 2017

7 Tempat Wisata Di Bogor Yang Harus Kita Datangi

ARISTO.ID 7 Tempat Wisata Di Bogor Yang Harus Kita Datangi. Salah satu kawasan Jabodetabek yang hawanya tidak membakar kulit tetapi juga tak menusuk tulang adalah Bogor. Walaupun julukannya kota hujan, bukan berarti Bogor selalu dituruni air surga setiap hari. Wilayahnya terdiri dari dataran tinggi yang terkenal akan keindahan Puncak Bogor serta dataran rendah sebagai pusat pemerintahannya. Bogor memiliki banyak pusat pendidikan mulai dari balai penelitian sampai institusi perguruan tinggi papan atas tanah air sekelas IPB.

Anda dapat bebas memilih destinasi kunjungan ketika berada di Bogor. Kota ini menyediakan banyak tempat wisata edukatif seperti Museum Etnobotani dan Museum Zoologi. Kalau ingin pergi ngadem ke tempat ramainya anak muda ada berbagai mall kenamaan. Pilih saja, Eka Lokasari Plaza, Jambu Dua Mall atau Bogor Trade Mall. Ketiga mall tersebut tergolong pusat perbelanjaan besar di Bogor. Tetapi dari semua daftar sebelumnya, Anda akan sangat rugi melewatkan Bogor tanpa mengunjungi tempat berikut ini.

Sebelumnya, pastikan ada cukup waktu beristirahat di kamar hotel. Anda bisa memilih hotel tipe apa yang ingin disinggahi. Selepas berkunjung dari satu tempat ke tempat lain, Anda akan butuh media nyaman sebagai sandaran tulang yang kelelahan. Meskipun hanya sekedar bermain-main dan menikmati pemandangan, aktivitas tetaplah aktivitas yang membutuhkan tenaga. Oke, sekarang mari kita mulai berkunjung.

7 Tempat Wisata Di Bogor Yang Harus Kita Datangi




  1. Kebun Raya Bogor




Ketika seluruh orang Indonesia mendengar kata Bogor, mungkin yang paling banyak diingat adalah Kebun Raya Bogor. Letaknya ada di beberapa ruas jalan. Kebun warisan Presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno tersebut menaungi jalan besar seperti Jalan Dr. Semeru dan Ahmad Yani. Kebun ini luasnya mencapai 85 hektar.

7 Tempat Wisata Di Bogor Yang Harus Kita Datangi

Kebun yang dikhususkan dalam jenis kebun botani ini sudah membesarkan makhluk hidup jenis tumbuhan sebanyak 15.000 spesies lebih. Hanya dengan tiket seharga Rp. 14.000 saja Anda sudah bisa melihat langsung betapa banyaknya jenis tumbuhan, tidak seperti manusia yang sejak pertama diciptakan hanya berjumlah terbatas. Perbedaan di antara tumbuhan justru menambah keindahan mereka. Tidak sebagaimana manusia yang sering berselisih karena perbedaan remeh.

Anda dapat menjumpai kawanan Rusa yang sekarang sudah tergolong hewan langka di Indonesia. Kebun Raya Bogor selalu lekat dengan Istana Merdeka. Di area sinilah Rusa-rusa itu menumbuhkan tanduknya sebagai bukti kewibawaan mereka. Di Istana itu pulalah sejarah memberitahu tentang perjuangan para pendiri bangsa dalam membangun pemerintahan yang bermartabat tinggi.


  1. Taman Mekarsari




Taman wisata ini adalah taman paling tenar di Bogor. Bahkan masyarakat mengenal Bogor dari keberadaan Taman ini. Akhirnya Taman Wisata Mekarsari dijadikan ikon kota hujan. Pemerintah sendiri menyadari betul potensi pengembangan wisata Taman Mekarsari. Ada banyak warga Jabodetabek yang lari ke sini setiap merasa sumpek di daerahnya. Pemerintah berusaha memfasilitasi mereka dengan merenovasi taman.

Taman ini adalah wahana rekreasi keluarga yang sangat direkomendasikan. Ada 264 hektar taman buah di sini. Pembangunan yang dilakukan menghasilkan fasilitas rekreasi keluarga berupa wisata air di water kingdom. Perlu diketahui bahwa tempat itu adalah wahana wisata air yang paling besar se-Asia. Jadi tidak perlu diragukan lagi tingkat keamanannya.


  1. Taman Safari




Tempat Wisata Di Bogor yang ketiga adalah Taman Safari. Lokasi tepatnya di Cisarua, Bogor. Tempat yang sudah masuk di kawasan Puncak Bogor ini lebih ramai pada saat liburan weekend. Anda diberi hak berkomunikasi dengan satwa langsung di habitatnya. Yang lebih menantang adalah program safari malam. Jika biasanya Anda menyapa berbagai jenis hewan buas di siang hari, sekarang bayangkan ketika malam-malam berkelana bersama makhluk lain, hewan.

Harga tiketnya tidak terlalu mahal. Cukup Rp. 140.000 saja, setiap orang sudah bisa langsung menikmati kelucuan tingkah para binatang. Oh iya, jangan lupa kalau ke sini pada waktu liburan –baik weekend atau libur nasional- harus siap-siap mengikuti aturan polisi. Kawasan Puncak Bogor naik hanya bisa dituju lewat jalur searah mulai jam 9 pagi hingga 11.30 WIB. Turunnya juga sama, tapi mulai jam 15.00 sampai 18.00.
Baca Juga 30 Tempat Wisata Di Pekalongan Yang Wajib Kita Kunjungi



  1. Kampung Budaya Sindangbarang




Adanya cuma di Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari. Kira-kira 5km jika ditempuh dari Bogor. Konon katanya, kampong ini sudah terbentuk sejak berkuasanya Kerajaan Sunda. Sangat tua juga ya kalau mengingat kerajaan itu hidupnya di abad ke-7 Masehi. Karena namanya kampong budaya, yang disuguhkan oleh penduduknya tentu produk hasil kebudayaan masa lampau. Ada banyak peninggalan Kerajaan Sunda yang tampak terawat di tangan penduduk kampong. Jika Anda berminat belajar bahasa Sunda dengan suasana romantis khas pedesaan maka desa ini menjadi jawabannya.

7 Tempat Wisata Di Bogor Yang Harus Kita Datangi


  1. Air Panas Tirta Sanita Ciseeng




Tempat Wisata Di Bogor yang kelima adalah Air Panas Tirta Sanita Ciseeng. Ini juga yang jadi tujuan warga asli Bogor. Berdasarkan fakta dan mitos yang berkembang, air belerang menyumbangkan banyak manfaat bagi kesehatan. Jadi, Tirta Sanita Ciseeng ini selalu ramai pengunjung. Wisata air belerang ini hanya dibanderol seharga Rp. 10.000 saja. Tapi bila Anda belum pernah ke sini, biasanya aka nada banyak calo tiket berkeliaran membujuk Anda agar menebus tiket seharga Rp. 50.000. Malah biasanya lebih besar dari nominal tersebut demi merasakan permainan dan kolam berendam air belerang panas.


  1. Museum Zoologi




Ini dia temannya Kebun Raya Bogor. Museum Zoologi memamerkan banyak koleksi hewan. Tapi bukan berarti tempat ini menjadi saingan Taman Safari Cisarua di Puncak Bogor. Hewan-hewan di sini semuanya sudah dalam kondisi mati kemudian diawetkan. Itulah alasannya wahana wisata edukasi ini disebut museum. Koleksi fosil hewannya juga ribuan. Museum Zoologi juga dibangundi area Kebun Raya Bogor kok. Jadi bagi Anda yang ingin berwisata lengkap satu paket bisa langsung direncanakan atau mendadak.


  1. Warso Farm




Rupanya dari tadi Bogor memang tidak bisa dilepaskan dari nuansa kehijauan. Memang Bogor identiknya sangat tentram meneduhkan. Begitu pula dengan tempat wisata yang ketujuh ini. Warso Farm adalah sebuah kebun Durian sekaligus Buah Naga. Tempatnya baru bisa dicapai dari pusat kota setelah melewati jarak 10 km. Tempat wisata buah ini sangat mencolok di lingkungannya.



Dari dalam kendaraan roda empat pun, Anda bisa melihat buah Durian dan Buah Naga yang terpampang dalam ukuran raksasa. Pastinya itu hanya replika yang sengaja diletakkan di pintu gerbang utama saja sebagai ikon wisata. Desa Cihideung yang menjadi lokasi Warso Farm ini memberikan luas lahan sebesar 8 hektar untuk dijadikan kebun Durian dan Buah Naga.

Mungkin masih ada banyak destinasi wisata lain yang menarik untuk dikunjungi ketika mampir ke Bogor. Hampir seluruh destinasi wisata populer di sini adalah wisata alam atau bisa juga wisata edukasi. Kita akan menemui semua hal berbau positif ketika mengunjungi tempat wisata di Bogor. Terlepas dari masuknya Bogor ke kawasan pusat pembangunan, Jabodetabek. Tapi wilayah ini masih tergolong asri. Bahkan hawanya sangat pas untuk pengembangan bisnis maupun tempat paling cocok bagi mahasiswa yang ingin memperdalam ilmunya.

Itulah artikel 7 Tempat Wisata Di Bogor Yang Harus Kita Datangi. Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 7 Tempat Wisata Di Bogor Yang Harus Kita Datangi