Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Tuesday, 21 February 2017

7 Puncak Gunung Tertinggi di Sumatera Indonesia

ARISTO.ID 7 Puncak Gunung Tertinggi di Sumatera Indonesia. Pulau Sumatera yang merupakan pulau terbesar ketiga di Indonesia, memiliki beragam potensi wisata mulai dari Gunung hingga lautnya. Beberapa lokasi wisata alamnya pun sudah mulai dikenal hingga ke mancanegara, namun masih ada juga yang hingga kini tetap terjaga kealamiannya, seperti rimba Sumatera yang masih memiliki kekayaan flora dan faunanya.

7 Puncak Gunung Tertinggi di Sumatera Indonesia


Pulau Sumatera terkenal dengan jajaran pegunungan Bukit Barisannya yang membentang dari ujung Utara (Aceh) hingga ke ujung Selatan (Lampung) dengan panjang kurang lebih 1650 km. Puncak dari Bukit Barisan ini merupakan gunung api tertinggi di Indonesia yakni Gunung Kerinci. Apa saja urutan gunung tertinggi di Pulau Sumatera ini? berikut 7 gunung yang menduduki posisi pertama hingga ketujuh berdasarkan ketinggian puncaknya di pulau Sumatera.

1. Gunung Kerinci (3805 mdpl)


7 Puncak Gunung Tertinggi di Sumatera Indonesia
Gunung Kerinci merupakan Gunung Api tertinggi di Indonesia dan diminati oleh banyak pendaki lokal maupun mancanegara. Selain menjadi lokasi pendakian, gunung ini juga sering dijadikan lokasi penelitian baik flora maupun faunanya. Gunung yang berada di perbatasan antara Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Jambi, tepatnya di Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) ini, bisa didaki melalui Desa Kersik Tuo, Kabupaten Kerinci (430 km dari Kota Jambi atau 190 km dari Kota Padang) dengan estimasi pendakian kurang lebih 2 hari.

Pendaki akan melewati beberapa titik sebelum mencapai puncaknya yakni Pos Bangku Panjang (Pos 1), Pos Batu Lumut (Pos 2), Pos Pondok Panorama (Pos 3), Shelter 1, Shelter 2 dan Shelter 3. Biasanya, pendaki mendirikan tenda di Shelter 3 kemudian dilanjutkan dengan summit attack sekitar pukul 3 dini hari keesokan harinya. Bersiaplah untuk kagum dengan indahnya mahakarya yang kuasa selama melakukan pendakian di atap Sumatera ini.

2. Gunung Leuser (3445 mdpl)


7 Puncak Gunung Tertinggi di Sumatera Indonesia
Gunung Leuser terletak di dekat perbatasan Aceh dan Sumatera Utara, tepatnya di sebelah tenggara Provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Terdapat 3 jalur pendakian yakni Jalur Kedah, Jalur Agusan dan Jalur Meukek, namun jalur yang paling disarankan adalah jalur Kedah. Jalur Agusan memiliki rute yang lebih panjang sedangkan Jalur Meukek memiliki medan yang sangat curam sehingga diperlukan peralatan khusus.

Walaupun puncak tertingginya tidak lebih tinggi dari Gunung Kerinci, tetapi waktu yang diperlukan untuk pendakian melalui Jalur Kedah mencapai 14 hari dengan jarak kurang lebih 51 km. Terdapat 3 puncak gunung di sini yakni Puncak Tanpa Nama (3445 mdpl) yang merupakan puncak tertingginya, Puncak Loser (3405 mdpl) dan Puncak Leuser (3119 mdpl). Persiapan fisik yang baik serta strategi pendakian sangat diperlukan di sini, karena harus menghadapi tantangan perjalanan yang sangat berbeda serta manajemen logistik yang harus sangat diperhatikan.

3. Gunung Dempo (3159 mdpl)


7 Puncak Gunung Tertinggi di Sumatera Indonesia
Gunung Dempo terletak di Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan (kurang lebih 8 jam perjalanan dari Kota Palembang). Ada dua jalur untuk menuju puncaknya yakni Jalur Kampung Empat dan Jalur Rimau, namun untuk Jalur Rimau memiliki medan yang lebih curam. Estimasi pendakian sekitar 2 hari, yakni hari pertama melewati Shelter 1 dan Shelter 2, kemudian melalui area terbuka yang disebut Cadas. Area ini merupakan jalur curam dengan vegetasi pepohonan rendah berupa Cantigi atau menurut bahasa lokal disebut Kayu Panjang Umur (KPU).

Sekitar 1 jam melewati Cadas, pendaki akan tiba di Puncak Dempo, berupa area datar yang tidak begitu luas. Puncak ini menjadi lokasi pertemuan dengan Jalur Rimau. Tidak banyak yang bisa dilihat di sini karena puncaknya tertutup pepohonan. Biasanya pendaki akan turun menuju lembah yang disebut pelataran untuk mendirikan tenda. Keesokan harinya, perjalanan dilanjutkan menuju Puncak Merapi Dempo yang terkenal dengan warna kawahnya yang sering berubah karena dipengaruhi oleh faktor cuaca.

Baca Juga 7 Puncak Gunung Tertinggi Di Jawa Indonesia



4. Gunung Bandahara (3030 mdpl)


7 Puncak Gunung Tertinggi di Sumatera Indonesia
Gunung Bandahara terletak di Kabupaten Gayo Lues, Nangroe Aceh Darussalam, tepatnya sekitar 50 km dari Kota Blangkejeren, ibukota Kabupaten Gayo Lues. Jika dari Kota Kutacane, ibukota dari Aceh Tenggara jaraknya sekitar 35 km. Gunung ini tidak termasuk sebagai Gunung Berapi dan memiliki tumbuhan khas yakni Nepenthes (Kantong Semar).

Rute pendakiannya bisa dimulai dari Desa Seledok, Aceh Tenggara dan transportasinya bisa menggunakan bis dari Gayo Lues dan Kutacane dengan bis terakhir sekitar pukul 5 sore. Jalur pendakian gunung ini, masih tergolong kurang jelas karena jarang dilalui pendaki, sehingga mudah tertutup kembali. Lama pendakian memakan waktu sekitar 9-11 hari, sehingga diperlukan manajemen pendakian yang baik serta kemampuan navigasi yang matang sebelum berniat menjelajahi Gunung Bandahara.

5. Gunung Talamau (2982 mdpl)


7 Puncak Gunung Tertinggi di Sumatera Indonesia
Gunung Talamau merupakan sebuah gunung api yang tidak aktif dan berada di Sumatera Barat tepatnya di Desa Pinagar, Kecamatan Kinali, Kabupaten Pasaman Barat. Gunung yang juga merupakan gunung tertinggi di Sumatera Barat ini, memiliki 3 titik jalur pendakian yakni dari Desa Pinagar, Desa Malampah dan Desa Kinali dengan rata-rata 12 jam pendakian menuju puncak.

Umumnya, pendakian dimulai dari Desa Pinagar dan melewati empat pos yakni Pos Bukit Harimau Campo, Pos Rindu Alam, Pos Bumi Sarasah dan Pos Paninjauan. Sebelum mencapai puncak, atau kurang lebih pada ketinggian 2750 mdpl tersebar 13 telaga yang bisa menjadi tujuan wisata. Dari puncak Gunung Talamau (Puncak Tri Martha) jika cuaca cerah, pendaki bisa melihat keindahan dari ketiga belas telaga tersebut.

6. Gunung Marapi (2891 mdpl)


7 Puncak Gunung Tertinggi di Sumatera Indonesia
Puncak Gunung Tertinggi di Sumatera Indonesia selanjutnya adalah Gunung Marapi. Gunung Marapi terletak di Provinsi Sumatera Barat tepatnya di Kabupaten Agam dekat dengan Kota Bukittinggi, berdampingan dengan Gunung Singgalang. Pendakian gunung berapi aktif ini, umumnya, dimulai dari Koto Baru dan dilanjutkan menuju pos pendakian. Perjalanan menuju puncak memakan waktu sekitar 6 jam.

Sebelum berjalan ke puncak, biasanya pendaki mendirikan tenda di area Cadas. Untuk mencapai puncaknya (Puncak Merpati),  jalur yang dilalui cukup terjal dengan kemiringan sekitar 45 derajat. Dari puncaknya banyak pemandangan indah yang bisa dilihat seperti Taman Edelweiss, Gunung Talamau, Danau Singkarak dan Kota Solok.

7. Gunung Geureudong (2885 mdpl)


7 Puncak Gunung Tertinggi di Sumatera Indonesia

Gunung Geureudong terletak di Desa Bukit Mulie, Kabupaten Bener Meriah, Aceh. Pendakian gunung ini dapat dimulai dari Kampung Pulo Intan dengan lama pendakian kurang lebih 7 hari. Gunung yang merupakan habitat gajah Sumatera ini tergolong jarang didaki, sehingga jalurnya juga tidak begitu jelas karena sudah mulai tertutup. Salah satu daya tarik wisata yang bisa dijumpai di gunung ini adalah hamparan Savana yang sangat luas di antara rimbunnya belantara Aceh.
Itulah ke 7 Puncak Gunung Tertinggi di Sumatera Indonesia. Selain menikmati keindahannya, sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk tetap menjaga keindahan serta kebersihannya. Sebelum memulai pendakian, carilah informasi yang mendetail agar pendakian menjadi lebih aman. Selamat mendaki!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 7 Puncak Gunung Tertinggi di Sumatera Indonesia