Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Friday, 24 February 2017

13 Tempat Wisata Di Sumatera Barat Yang Menakjubkan

ARISTO.ID Tempat Wisata Di Sumatera Barat Yang Menakjubkan. Siapa yang tak mengenal rendang, masakan khas pulau Sumatera itu? Semua orang tahu bahwa itu berasal dari Padang, Sumatera Barat. Selain wisata kulinernya, ternyata Sumatera Barat juga menjadi surga tempat-tempat wisata yang sangat indah. Berikut ini adalah ulasan tentang 13 Tempat Wisata Di Sumatera Barat Yang Menakjubkan. Check it out.

Tempat Wisata Di Sumatera Barat Yang Menakjubkan




  1. Danau Maninjau




Tempat Wisata Di Sumatera Barat Yang Menakjubkan

Ada banyak danau yang indah di Sumatera Barat, salah satunya adalah danau Maninjau. Danau ini sudah lama dikenal karena keindahannya dan berlokasi sekitar 36 km dari kota Bukittinggi. Untuk bisa menikmati keindahan danau ini, para wisatawan harus rela untuk melewati sebuah jalan yang bernama kelok 44 atau ampek puluh ampek karena jalan ini memiliki kelokan atau belokan yang banyak.

Diperlukan perhatian khusus saat mengemudikan kendaraan di jalanan ini. Namun, semua rasa lelah itu akan tergantikan dengan rasa puas melihat pemandangan menakjubkan yang ada di danau ini. Danau Maninjau ini adalah danau terbesar kedua setelah danau Singkarak.


  1. Lubang Jepang




Tempat Wisata Di Sumatera Barat Yang Menakjubkan

Lubang Jepang ini juga sering disebut sebagai gua Jepang yang dibangun saat Jepang menjajah Indonesia pada tahun 1942. Dibangun dengan cara romusha atau kerja paksa yang melibatkan banyak warga dari pulau Jawa, Kalimantan dan Sulawesi. Lubang Jepang ini memiliki banyak anak tangga sehingga tidak dianjurkan untuk membawa pengunjung lansia.

Dulu, lubang jepang ini digunakan sebagai alat pertahanan. Lubang jepang memiliki beberapa ruangan didalamnya, seperti ruang penyergapan, penjara, ruang pengintaian dan gudang senjata. Setelah direnovasi, lokasi wisata ini juga memiliki tambahan café dan ruangan mini theater. Kemampuan meredam suara di lubang jepang juga sangat bagus, karena jika ada yang menembakkan senapan di lubang jepang, maka suaranya tidak akan sampai keluar.

Harga tiket yang dipatok untuk bisa memasuki lubang jepang ini adalah Rp6000 saja. Jika para wisatawan takut tersesat, sudah disediakan guide khusus yang akan dikenai biaya tambahan sebesar Rp20.000.


  1. Istana Bung Hatta




Tempat Wisata Di Sumatera Barat Yang Menakjubkan

Istana Bung Hatta ini lebih sering dikenal dengan nama Gedung Negara Tri Arga. Lokasi istana ini dekat dengan taman Jam Gadang. Meskipun menjadi sebuah tempat wisata, sampai saat ini tidak boleh dimasuki oleh orang umum karena istana ini hanya dimanfaatkan sebagai lokasi seminar sampai pertemuan tingkat nasional.

Dulunya, Istana Bung Hatta dimanfaatkan sebagai istana wakil presiden pertama Indonesia, yaitu Mohammad Hatta di tahun 1946. Lalu pada tahun 1947, gedung ini digunakan sebagai Pusat Pemerintahan Darurat Republik Indonesia. Awalnya, nama gedung ini bukanlah Istana Bung Hatta. Namun, namanya diganti menjadi Istana Bung Hatta karena ditujukan untuk mengenang jasa Bung Hatta sebagai proklamator Indonesia.


  1. Ngarai Sianok




Tempat Wisata Di Sumatera Barat Yang Menakjubkan

Mungkin, tempat wisata yang satu ini memang sudah terkenal baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Ngarai Sianok adalah sebuah lembah yang cukup curam dan berlokasi di perbatasan kota Bukittinggi. Jurangnya memiliki kedalaman sampai 100 meter dan membentang sepanjang 15 km. Ngarai Sianok ini bermula dari bagian selatan Ngarai Koto Gadang sampai Nagari Sianok Anam Suku.

Meskipun panjang dan berkelok-kelok, ternyata Ngarai Sianok ini memiliki panorama alam yang sangat indah. Kunjungi Taman Panorama untuk membeli tiket masuknya yang dibanderol dengan harga Rp4000. Sangat murah, bukan?


  1. Museum Bung Hatta




Tempat Wisata Di Sumatera Barat Yang Menakjubkan

Dulu, ini adalah rumah milik wakil presiden pertama Indonesia, yaitu Bung Hatta. Saat memasuki museum, akan terlihat beberapa koleksi milik Bung Hatta. Beberapa barang itu seperti jam antik, kursi, meja, lemari, buku, sepeda dan tempat tidur. Museum Bung Hatta ini dibuka setiap hari sejak pukul 08.00 sampai pukul 16.00 untuk hari Senin sampai Jumat. Untuk Hari Sabtu dan Minggu, museum ini buka mulai pukul 09.00 sampai 14.00


  1. Janjang Ampek Puluah




Tempat Wisata Di Sumatera Barat Yang Menakjubkan

Nama Janjang Ampek Puluah jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah tangga berjumlah 40. Memang benar, bahwa tangga di lokasi ini berjumlah 40 buah anak tangga. Janjang Ampek Puluah digunakan untuk menghubungkan antara pasar bawah dan pasar atas.


  1. Benteng Fort de Kock




Tempat Wisata Di Sumatera Barat Yang Menakjubkan

Benteng ini adalah sebuah benteng yang dulu dipakai oleh tentara Belanda sebagai sebuah benteng pertahanan ketika menghadapi serangan rakyat Minangkabau. Benteng ini memiliki tinggi sepanjang 20 meter, bercat putih dan hijau serta di empat sudutnya masing-masing terdapat meriam.


  1. Rumah Adat Baanjuang Puti Bungsu




Tempat Wisata Di Sumatera Barat Yang Menakjubkan

Obyek wisata yang satu ini berupa seperti museum etnografi yang memiliki bentuk seperti rumah Gadang. Lokasi rumah adat Baanjuang Puti Bungsu ini ada di dalam kawasan Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan. Di dalam museum ini, terdapat berbagai macam koleksi museum yang terdiri dari benda-benda bersejarah dan budaya dari tanah minang.

Disini, para wisatawan bisa mengambil foto lengkap menggunakan pakaian adat minangkabau. Di seberang rumah adat ini, terdapat Benteng Fort De Kock yang sudah dijelaskan seperti diatas.

Baca Juga 7 Wisata Kuliner Pekalongan Yang Nikmat Abies Dan Bikin Nagih





  1. Jam Gadang




Tempat Wisata Di Sumatera Barat Yang Menakjubkan

Mungkin seluruh rakyat Indonesia sudah mengenal dengan baik tempat wisata yang satu ini. Jam Gadang sudah menjadi ikon dari kota Bukittinggi. Para pengunjung juga bisa menaiki puncak Jam Gadang.


  1. Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan




Tempat Wisata Di Sumatera Barat Yang Menakjubkan

Tempat wisata ini adalah salah satu kebun binatang yang sudah berusia cukup tua. Kebun binatang ini juga menjadi kebun binatang terlengkap di Pulau Sumatera. Selain kebun binatang, lokasi wisata yang satu ini juga memiliki beberapa museum seperti museum aquarium yang memiliki bentuk seperti ikan dan museum zoologi. Harga tiket untuk masuk ke Taman Margasatwa ini adalah Rp5000 ketika hari biasa dan Rp8000 ketika hari libur. Jika kalian ingin masuk ke museum, cukup menambah seribu rupiah saja.


  1. Air Terjun Lembah Anai




Tempat Wisata Di Sumatera Barat Yang Menakjubkan

Lembah Anai adalah sebuah lembah yang berada di sepanjang jalan dari kota Padang menuju kota Bukittinggi. Di sebuah tempat di lembah Anai, terdapat sebuah air terjun yang berukuran sedang di pinggiran jalan. Tidak kalah dengan air terjun yang lainnya, air terjun lembah Anai ini juga memiliki panorama alam yang mempesona.


  1. Pulau Sikuai




Tempat Wisata Di Sumatera Barat Yang Menakjubkan

Tempat Wisata Di Sumatera Barat selanjutnya adalah Pulau Sikuai. Terletak di sebelah barat pulau Sumatera, Pulau Sikuai ini dapat ditempuh dengan perjalanan kapal laut dari dermaga Airud Bungus. Waktu tempuh yang diperlukan untuk bisa mencapai pulau Sikuai ini kurang lebih 35 menit. Pulau ini menyediakan resort yang bisa digunakan oleh para wisatawan untuk menginap.

Di pulau ini, para wisatawan bisa menikmati pemandanga alamnya yang indah, pantai yang terhapar luas, panjat tebing yang menguji adrenalin, trekking menjelajah di pulau dan menjelajah hutan alami yang belum tercemar.


  1. Istana Pagaruyung




Tempat Wisata Di Sumatera Barat Yang Menakjubkan

Istana ini dibangun oleh keluarga kerajaan Pangaruyung atau Batusangkar. Istana ini beralamat di Kecamatan Tanjung Emas, Kabupaten Tanah Datar. Namun, itu bukanlah istana yang asli, melainkan replikanya saja yang berbentuk rumah gadang.

Nah, itulah 13 Tempat Wisata Di Sumatera Barat Yang Menakjubkan. Nikmati panorama alam khas pulau Sumatera dan happy holiday.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 13 Tempat Wisata Di Sumatera Barat Yang Menakjubkan