Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Monday, 23 January 2017

Tips Cara Merawat Kamera DSLR Dan Lensa Agar Lebih Tahan Lama

ARISTO.ID Tips Cara Merawat Kamera DSLR Dan Lensa Agar Lebih Tahan Lama. Hobi fotografi adalah salah satu hobi yang tidak bisa dibilang murah karena memang perlengkapannya memiliki harga yang cukup mahal. Untuk kamera baru versi amatir dan lensa kit saja harganya berkisar 4 jutaan. Belum yang untuk kelas medium atau kelas profesional yang harga kameranya saja bisa puluhan juta rupiah.

Tentu kita tidak mau bukan mempunyai barang yang mahal namun tidak awet alias cepat rusak. Maka dari itu kita harus bisa melakukan perawatan yang benar terhadap kamera dan lensa yang kita gunakan. Dan kali ini saya akan coba membahas bagaimana tips cara merawat kamera DSLR dan lensa agar bisa awet dan tahan lama.

Baca Juga 8 Lensa Murah Terbaik Untuk Kamera Canon Dan Nikon

Tips Cara Merawat Kamera DSLR Dan Lensa Agar Lebih Tahan Lama

Tips Cara Merawat Kamera DSLR Dan Lensa


1.Simpan Di Drybox


Tips cara merawat kamera DSLR yang pertama adalah masalah penyimpanannya jika tidak digunakan. Jangan pernah simpan disembarangan tempat karena kamera serta lensa rentan terhadap jamur. Maka dari itu simpanlah di tempat yang memiliki suhu stabil.

Biasanya di toko kamera juga menjual drybox untuk tempat menyimpan kamera. Namun jika harganya mahal kita bisa mensiasati nya dengan menggunakan toples biasa yang nanti didalamnya kita isi dengan silica gel. Tujuannya agar jamur tidak bisa datang. Untuk silica gel biasanya bisa kita dapatkan di bungkus bungkus roti.

2.Menggunakan Cleaning Kit


Cleaning Kit adalah peralatan wajib selanjutnya yang diperlukan untuk merawat kamera DSLR dan lensa kita. Banyak sekali fungsi dari peralatan Cleaning Kit ini. Yang termasuk dalam Cleaning Kit ini adalah blower, lenspen dan beberapa alat lain namun utamanya adalah blower dan lenspen tersebut.

Kedua alat tersebut kita gunakan untuk menjaga kamera dan lensa dari debu. Terutama saat penggantian lensa pada bodi kamera karena debu rentan masuk kedalam sensor kamera pada saat tersebut.

3.Jauhkan Dari Air


Memang kamera dan lensa saat ini ada beberapa yang tahan terhadap air tapi bukan berarti kita bisa menggunakannya sebebas mungkin. Tahan terhadap air disini biasanya hanya pada percikan air bukan ditenggelamkan kedalam kolam. Maka dari itu hati hati lah saat memotret dalam keadaan basah seperti gerimis karena air juga bisa berpotensi merusak perangkat fotografi kita.

Tips Cara Merawat Kamera DSLR Dan Lensa Agar Lebih Tahan Lama

4.Selalu Gunakan Tas Khusus Kamera


Tas kamera memang umumnya memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan tas tas lain. Karena tas ini memang dibuat sengaja untuk menyimpan kamera dan aksesorisnya dalam keadaan aman sehingga bisa memperpanjang umur peralatan fotografi kita.

Walaupun mahal saya rasa tas kamera merupakan peralatan wajib yang harus dimiliki. Karena memang fungsinya menjaga kamera dan lensa yang harganya cukup mahal. Jadi kalau beli kamera saja kita bisa kenapa kita tidak bisa membeli tasnya juga ???

5.Jangan Terlalu Lama Menyimpan Kamera


Yang terakhir dari Tips Cara Merawat Kamera adalah jangan menyimpannya terlalu lama didalam drybox atau toples. Gunakan kamera untuk memotret karena selain untuk melatih kemampuan fotografi kita juga bisa membuat kamera tidak cepat rusak. Karena kita tahu sendiri pasti sebuah barang yang didiamkan saja dalam waktu yang lama akan mengalami kerusakan juga. Dari pada rusak karena tidak dipakai kan mending rusak karena dipakai.

Itulah Tips Cara Merawat Kamera DSLR Dan Lensa Agar Lebih Tahan Lama semoga bisa bermanfaat bagi kita semua pecinta fotografi. Terima kasih dan salam fotografi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Cara Merawat Kamera DSLR Dan Lensa Agar Lebih Tahan Lama