Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Sunday, 15 January 2017

Tips Belajar Fotografi Dengan Cepat Dan Tepat

ARISTO.ID Tips Belajar Fotografi Dengan Cepat Dan Tepat. Fotografi adalah sebuah hobi yang tidak mudah untuk dipelajari dan juga bukan sebuah hobi yang murah. Karena kebanyakan barang yang berhubungan dengan fotografi itu harganya cukup mahal untuk kalangan menengah. Walaupun semua orang bisa memotret dengan kamera smartphone mereka tapi tidak semuanya bisa menghasilkan foto atau gambar yang bagus.

Untuk menghasilkan gambar yang bagus kita harus terus giat berlatih. Seperti halnya memasak atau hobi yang lainnya. Dengan banyak berlatih akan membuat kita semakin ahli dan membuat kita semakin menguasai segala ilmu dari hobi yang kita jalani. Tidak terkecuali dengan fotografi.

Tips Belajar Fotografi Dengan Cepat Dan Tepat

Tips Belajar Fotografi Dengan Cepat Dan Tepat


Fotografi adalah sebuah hobi yang bisa kita lakukan dimana saja dan dengan obyek apa saja. Misalnya dengan obyek sebuah gelas minuman kita bisa membuatnya tampak lebih menarik dengan sedikit kreatifitas dalam proses pengambilan gambarnya. Berikut dibawah ini ada contoh foto gelas minuman yang sangat bagus. Baca artikel berikut selengkapnya.
Baca Juga 20 Foto Still Life Gelas Minuman Yang Sangat Menginspirasi

1.Gaul Dengan Sesama Fotografer


Berteman dengan orang sehobi memang sebuah keuntungan tersendiri terlebih bagi kita seorang newbie. Kita bisa mendapat materi pembelajaran gratis dari orang yang lebih berpengalaman tentunya. Dan yang pasti ilmu yang akan kita dapatkan juga tidak terbatas.

Apalagi jika kamera yang kita gunakan juga merupakan kamera yang sama dengan beberapa teman kebanyakan. Tentu kita akan dengan mudah memecahkan permasalahan saat terjadi sesuatu yang diluar keinginan dengan kamera yang kita gunakan. Yang pasti berkumpul dengan teman teman sehobi adalah sesuatu yang menyenangkan dan menguntungkan.

2.Harus Bisa Mengambil Materi Dari Mana Saja


Menjadi seorang ahli dalam dunia fotografi bisa di peroleh dari berbagai cara diantaranya adalah mengikuti paket pembelajaran kepada seorang guru dan juga bisa dengan otodidak belajar sendiri dari berbagai sumber. Seperti yang saya alami sendiri yaitu hanya belajar dengan otodidak dari berbagai sumber.

Sumber kita belajar bisa dari mana saja salah satunya adalah internet. Kita bisa mendapatkan apa saja dari internet termasuk materi untuk pembelajaran fotografi. Banyak situs yang mengulas masalah fotografi dan juga banyak grup maupun komunitas online tempat berkumpulnya para fotografer baik amatir maupun profesional.
Baca Juga 7 Situs Belajar Fotografi Terbaik Di Indonesia

3.Belajar Segitiga Eksposure


Tips belajar fotografi selanjutnya adalah belajar mengenai segitiga eksposure. Segitiga Eksposure adalah kunci dari sebuah foto yang bagus. Untuk menghasilkan foto yang baik kita harus menguasai segitiga eksposure yang diantaranya adalah ISO, Apperture dan Shutter Speed.

Untuk pembelajaran masalah Segitiga Eksposure saya sudah membuat artikel lengkapnya dibawah ini.
Baca Juga Teknik Fotografi : Mengenal Segitiga Eksposure

4.Konsisten Belajar Dan Praktek


Dalam proses belajar fotografi hal yang paling penting adalah praktek dan latihan memotret di lapangan. Percuma kalau kita banyak membaca teori dan menonton video tutorial di youtube tanpa melakukan praktek langsungnya.

Banyak banyaklah melakukan latihan memotret entah diluar ruangan maupun di studio. Karena dengan banyak berlatih kita akan mengasah kemampuan fotografi kita menjadi semakin mahir. Selain itu dengan banyak melakukan praktek kita akan lebih bisa memahami dan menguasai kamera yang kita gunakan.

Tips Belajar Fotografi Dengan Cepat Dan Tepat

5.Tunjukkan Karyamu Kepada Orang Lain


Tips belajar fotografi yang terakhir adalah dengan berani menunjukkan hasil karyamu kepada orang lain. Kita bisa mengupload karya kita di berbagai media sosial yang kita punyai sehingga orang lain dapat melihatnya. Dan apabila karya fotografi kita memang bagus mereka tidak akan segan segan untuk memakai jasa kita dalam pemotretan sehingga kita juga bisa menghasilkan uang dari hobi.

Selain itu kita juga bisa mengikuti komunitas komunitas fotografer online diberbagai media seperti facebook dan beberapa website komunitas fotografi. Disana kita akan lebih banyak belajar dengan melihat berbagai hasil karya fotografer profesional. Selain itu kita juga bisa mendapatkan apresiasi dari mereka jika salah satu karya kita bagus dan bernilai seni tinggi.

Itulah Tips Belajar Fotografi Dengan Cepat Dan Tepat. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa diartikel selanjutnya. Terima kasih dan salam fotografi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Belajar Fotografi Dengan Cepat Dan Tepat