Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Sunday, 29 January 2017

Cara Membersihkan Lensa Kamera DSLR Dan Kamera Mirrorless Yang Kotor

ARISTO.ID Cara Membersihkan Lensa Kamera DSLR Dan Kamera Mirrorless Yang Kotor. Lensa adalah salah satu bagian terpenting dalam fotografi yang tidak bisa dilepaskan dengan body kamera. Menjaga kualitas dan kebersihan lensa kamera sangat penting agar komponen tersebut memiliki umur yang lebih lama. Karena harga dari lensa yang mahal tentu perawatan yang benar harus dilakukan supaya kerugian tidak kita alami.

Baca Juga Tips Cara Merawat Kamera DSLR Dan Lensa Agar Lebih Tahan Lama

Jika kita ingin membersihkan bagian komponen kamera yang kotor sebaiknya jangan asal melakukannya karena jika salah akibatnya bisa fatal. Saya sendiri pernah sekali membersihkan sensor kamera tanpa membaca panduan dan searching terlebih dahulu di internet. Saat itu saya menggunakan tisu untuk membersihkan sensor kamera tapi bukannya bersih malah sensor kamera tambah kotor. Namun untungnya saya bisa membersihkannya dengan cara lain sehingga kini sensor kamera saya kembali bersih.

Cara Membersihkan Lensa Kamera DSLR Dan Kamera Mirrorless

Cara Membersihkan Lensa Kamera DSLR Dan Kamera Mirrorless


Perawatan pada lensa kamera sangatlah penting dilakukan baik perawatan berkala ataupun jika ada debu atau kotoran yang menempel. Dan perawatan tersebut harus dilakukan secara hati hati karena lensa kamera memiliki optik optik yang sensitif. Dan berikut adalah Cara Membersihkan Lensa Kamera DSLR Dan Kamera Mirrorless Yang Kotor.

1.Menggunakan Blower


Blower adalah salah satu alat untuk membersihkan lensa kamera dan juga bodi kamera itu sendiri. Cara penggunaannya pun sangat mudah kita hanya perlu menyemprotkannya dimana ada debu debu kecil yang menempel pada lensa atau pun bodi kamera.

Blower sangat penting apalagi saat pemasangan dan pelepasan lensa dari bodi kamera. Sebelum memasang lensa sebaiknya kita semprotkan terlebih dahulu blower kedalam sensor dan lensa kamera agar untuk memastikan debu tidak ada didalamnya. Lakukan hal yang sama saat melepaskan atau mengganti lensa dari bodi kamera.

2.Menggunakan Kain Microfiber


Kain Microfiber juga biasa digunakan untuk membersihkan lensa dari debu debu kecil atau debu micro. Caranya mudah sekali hanya dengan mengeusap usapkannya kebagian luar lensa yang kotor. Namun perlu diingat sebelum membersihkan dengan kain ini harus disemprot terlebih dahulu dengan blower agar debu debu besar hilang. Karena jika ada debu besar bisa mengakibatkan goresan jika langsung dibersihkan menggunakan kain microfiber.
Baca Juga Lomba Fotografi 2017 Dengan Tema Water And Wastewaer

3.Menggunakan Lenspen


Cara membersihkan lensa kamera selanjutnya adalah dengan menggunakan Lenspen. Lenspen ini fungsinya juga sama namun penggunaannya untuk debu debu yang cukup banyak. Usahakan lenspen yang digunakan memiliki bulu bulu halus agar terhindar dari goresan yang mungkin terjadi saat proses pembersihan.

Cara Membersihkan Lensa Kamera DSLR Dan Kamera Mirrorless

4.Tisu Dan Cairan Pembersih


Yang terakhir adalah dengan menggunakan cairan dan tisu pembersih. Ada banyak sekali cairan pembersih yang sekarang dijual dipasaran untuk membersihkan lensa dan komponen kamera lainnya. Cara penggunaannya pun cukup mudah yaitu dengan meneteskannya di tisu pembersih dan mengusap usapkannya kebagian lensa kamera. Jangan menggunakan cairan terlalu banyak dan juga jangan terlalu keras dalam mengusap usapkan tisu pada kamera.

Itulah berbagai Cara Membersihkan Lensa Kamera DSLR Dan Kamera Mirrorless Yang Kotor. Semoga bermanfaat dan bisa membuat lensa serta kamera kita lebih awet. Terima kasih dan salam fotografi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Membersihkan Lensa Kamera DSLR Dan Kamera Mirrorless Yang Kotor