Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Saturday, 21 January 2017

30 Tempat Wisata Di Pekalongan Yang Wajib Kita Kunjungi

ARISTO.ID 30 Tempat Wisata Di Pekalongan Yang Wajib Kita Kunjungi. Pekalongan sangat terkenal dengan Batiknya yang bisa menembus pasar dunia. Bahkan salah satu band fenomenal di Indonesia pun pernah menyebutkan di salah satu lirik lagu mereka kalau Kota Batik itu ada di Pekalongan. Tapi ternyata bukan hanya Batik saja yang ada di Pekalongan.

Masih ada banyak sekali keindahan keindahan Pekalongan yang belum banyak orang tahu. Banyak sekali tempat wisata di Pekalongan yang masih belum terjamah orang orang luar. Dan kali ini saya akan mencoba memberikan sedikit informasi tentang 30 Tempat Wisata Di Pekalongan Yang Wajib Kita Kunjungi.

Baca juga Megono , Wisata Kuliner Wajib Saat Di Pekalongan

30 Tempat Wisata Di Pekalongan Yang Wajib Kita Kunjungi


Ohya saya sendiri asli putra Pekalongan lho jadi sebagian besar tempat tempat yang akan saya jelaskan disini sudah saya kunjungi. Namun ada juga beberapa yang belum sempat saya jelajahi karena memang belum sempat saja. Ok langsung saja inilah 30 Tempat Wisata Di Pekalongan.

1.Museum Batik Pekalongan


[caption id="attachment_3241" align="aligncenter" width="518"]30 Tempat Wisata Di Pekalongan Yang Wajib Kita Kunjungi https://www.instagram.com/gitatimang20/[/caption]

Pekalongan sangat terkenal dengan Batiknya jadi tidak heran kalau di Pekalongan juga ada musemnya yang memajang koleksi batik dari berbagai motif dan corak. Kita bisa melihat keindahan Batik Batik karya pengrajin pengrajin dari Pekalongan disini. Mulai dari Batik Cap dan juga Batik Tulis.

Yang pasti jika ingin belajar lebih banyak mengenai Batik saya wajibkan untuk datang kesini. Lokasinya pun mudah dijangkau karena memang hanya berjarak beberapa menit saja dari jalan utama Pantura. Museum Batik buka mulai dari pukul 08.00 sampai pukul 15.00.

2.Monumen Kota Pekalongan


[caption id="attachment_3242" align="aligncenter" width="524"]30 Tempat Wisata Di Pekalongan Yang Wajib Kita Kunjungi https://www.instagram.com/gitatimang20/[/caption]

Monumen Kota Pekalongan ini terletak pas di pinggir jalan utama Pantura sehingga jika kita melewati Pekalongan bisa dipastikan akan melewati monumen ini. Monumen ini dibangun pada tanggal 3 Oktober 1945 yang terdapat 5 orang patung pahlawan dengan memegang tongkat dan senapan untuk berperang.

3.Pantai Pasir Kencana ( Boum )


[caption id="attachment_3243" align="aligncenter" width="516"]30 Tempat Wisata Di Pekalongan Yang Wajib Kita Kunjungi https://www.instagram.com/febrydrone/[/caption]

Pantai Pasir Kencana atau orang biasanya menyebut Pantai Boum ini cukup terkenal di Pekalongan. Apalagi saat liburan lebaran bisa dipastikan pantai ini akan sesak dengan orang orang berlibur yang sedang mudik di Pekalongan dan sekitarnya.

Disini ada beberapa hiburan yang menarik yaitu kita bisa naik kapal dan berkeliling di sekitar pantai pasir kencana ini. Atau kita juga bisa mengunjungi area Sea World yang berisi berbagai spesies ikan dan makhluk laut lainnya. Namun Sea World disini masih kecil hanya satu gedung saja dan jangan bayangkan Sea World disini sama besarnya dengan Sea World yang ada di Ancol Jakarta.

4.Pantai Slamaran


[caption id="attachment_3244" align="aligncenter" width="540"]30 Tempat Wisata Di Pekalongan Yang Wajib Kita Kunjungi https://www.instagram.com/mtma_pekalongan/[/caption]

Tempat Wisata Di Pekalongan selanjutnya adalah Pantai Slamaran. Pantai Slamaran ini letaknya tidak jauh dari Pantai Pasir Kencana namun suasananya sedikit lebih sepi. Namun akan tetap ramai juga jika kita mengunjunginya disaat musim musim liburan.

5.Alun Alun Kota Pekalongan


[caption id="attachment_3248" align="aligncenter" width="554"]30 Tempat Wisata Di Pekalongan Yang Wajib Kita Kunjungi https://www.instagram.com/sukronudin/[/caption]

Alun Alun Kota Pekalongan letaknya dipusat kota dan bersebelahan dengan Masjid Jami' Pekalongan atau juga biasa disebut Masjid Agung Kauman Pekalongan. Beberapa tahun yang lalu alun alun ini sangat ramai karena banyak sekali pedagang yang berjualan disana namun beberapa tahun belakangan saya rasa kepopulerannya sudah agak redup dan tidak seramai dulu lagi.

6.Alun Alun Jetayu Pekalongan


[caption id="attachment_3249" align="aligncenter" width="535"]30 Tempat Wisata Di Pekalongan Yang Wajib Kita Kunjungi https://www.instagram.com/astrichibi29/[/caption]

Alun alun kedua adalah Alun Alun Jetayu yang berlokasi didepan Museum Batik Pekalongan. Kebalikan dari Alun alun Kota Pekalongan, dulu Jetayu sepi namun setelah dilakukan beberapa renovasi pembangunan Alun Alun Jetayu menjadi semakin ramai bahkan lebih ramai dari pada Alun Alun Kota Pekalongan sekarang.

7.Pantai Depok


[caption id="attachment_3251" align="aligncenter" width="536"]30 Tempat Wisata Di Pekalongan Yang Wajib Kita Kunjungi https://www.instagram.com/pupus12/[/caption]

Letaknya yang cukup jauh dari hingar bingar kota Pekalongan membuat Pantai Depok tidak cukup dikenal. Namun keindahan pantai ini tidak bisa dianggap remeh. Terlebih saat matahari tenggelam dan matahari terbit suasana hening dan tenangnya tidak ada yang bisa menandinginya.

8.Hutan Mangrove


[caption id="attachment_3252" align="aligncenter" width="513"]30 Tempat Wisata Di Pekalongan Yang Wajib Kita Kunjungi https://www.instagram.com/salwaphotograph/[/caption]

Hutan Mangrove sebenarnya sudah ada sejak lama di Pekalongan namun baru baru dibuka menjadi tempat wisata dari beberapa tahun yang lalu. Setelah dijadikan tempat wisata Hutan Mangrove ini menjadi semakin terkenal dan banyak dikunjungi orang dari berbagai daerah di Pekalongan dan sekitarnya.

Kebanyakan dari pengunjung adalah remaja remaja yang ingin menumpang eksis disana. Ada juga beberapa fotografer yang pernah saya lihat sedang melakukan pemotretan model disana.

9.Pantai Wonokerto


[caption id="attachment_3253" align="aligncenter" width="570"]30 Tempat Wisata Di Pekalongan Yang Wajib Kita Kunjungi https://www.instagram.com/fiat_402/[/caption]

Pantai Wonokerto juga tidak kalah asiknya dengan pantai pantai di Pekalongan lainnya. Kita bisa melihat banyak kapal kapal nelayan dari sini karena memang sebagian penduduk sekitar berprofesi sebagai nelayan. Banyak juga orang yang menghabiskan waktu disini untuk memancing.

Anak anak pun banyak yang bermain disini terutama pada saat pagi dan sore hari. Karena selain ramai orang jalan jalan disini, penjual jajanan pun juga banyak yang mangkal disini.

10.IBC ( International Batik Center )


[caption id="attachment_3254" align="aligncenter" width="525"]30 Tempat Wisata Di Pekalongan Yang Wajib Kita Kunjungi https://www.instagram.com/veeyaoktaviani/[/caption]

IBC ( International Batik Center ) sebenarnya bukan merupakan tempat wisata di Pekalongan tapi lebih tepatnya tempat berbelanja. Karena disini kita bisa menemukan banyak sekali kios yang menjajakan aneka batik khas Pekalongan baik Batik Tulis maupun Batik Cap.

Lokasinya yang dipinggir jalan membuat IBC banyak dikunjungi oleh pengguna jalan yang hendak mencari oleh oleh Batik Pekalongan. Saya sendiri juga pernah berbelanja disini dan penjualnya pun ramah ramah serta banyak sekali aneka variasi dari kain Batik yang bisa kita temui disini.

11.Pusat Grosir Setono


[caption id="attachment_3256" align="aligncenter" width="507"]30 Tempat Wisata Di Pekalongan Yang Wajib Kita Kunjungi https://www.instagram.com/adi_aliesyahbana/[/caption]

IBC dan Pusat Grosir Setono sebenarnya sama saja yaitu pusat perbelanjaan Batik di Pekalongan. Namun umur dari pusat grosir Setono jauh lebih tua dibandingkan dengan IBC yang baru berjalan beberapa tahun.

Di Setono ini kita juga bisa menemukan berbagai variasi dari kain Batik seperti baju, celana, kain sarung dan berbagai produk lainnya. Yang pasti untuk harga harga disini jauh lebih murah jika dibandingkan dengan kita berbelanja di toko toko pinggir jalan lainnya.

12.Alun Alun Bebekan Kedungwuni


[caption id="attachment_3257" align="aligncenter" width="518"]30 Tempat Wisata Di Pekalongan Yang Wajib Kita Kunjungi https://twitter.com/kotabatik[/caption]

Disini adalah salah satu tempat nongkrong favorit saya karena memang saya 3 tahun sekolah di SMK yang lokasinya berdekatan dengan Alun Alun Bebekan Kedungwuni ini. Awalnya alun alun ini hanyalah sebuah lapangan sepak bola biasa namun setelah pembangunan kini alun alun ini menjadi lebih ramai.

Banyak penjual makanan disana, ada juga berbagai hiburan seperti penyewaan skuter dan sepatu roda untuk anak anak dan dewasa. Yang pasti kini alun alun Bebekan Kedungwuni sudah berubah menjadi tempat berkumpulnya orang orang di kabupaten Pekalongan.

13.Desa Wisata Lolong


[caption id="attachment_3258" align="aligncenter" width="527"]30 Tempat Wisata Di Pekalongan Yang Wajib Kita Kunjungi https://twitter.com/yohanpraditya[/caption]

Tempat wisata di Pekalongan yang selanjutnya adalah desa wisata Lolong. Banyak sekali yang bisa kita lakukan disini dan yang menjadi primadonanya adalah Durian Lolong yang terkenal manis dan enak. Bahkan setahun sekali biasanya diadakan festival durian disini. Jadi kita bisa makan durian sepuasnya hanya dengan membayar 50 ribu rupiah saja.

Selain durian di Lolong kita juga bisa melakukan olahraga ekstreem seperti arum jeram. Karena Lolong memang mempunyai sungai yang aliran airnya cukup deras sehingga cocok dijadikan untuk wisata arum jeram.

14.Linggo Asri


[caption id="attachment_3259" align="aligncenter" width="504"]30 Tempat Wisata Di Pekalongan Yang Wajib Kita Kunjungi http://www.bimodebi.id[/caption]

Linggo Asri merupakan salah satu kawasan wisata cukup terkenal juga di wilayah Kabupaten Pekalongan. Salah satu yang paling banyak dikunjungi adalah kebun binatang mini nya yang menyimpan beberapa satwa koleksi disana.

Selain itu diseberang jalan dari kebun binatang mini ada bumi perkemahan yang biasa dijadikan tempat berkemahnya anak anak pramuka di Pekalongan. Ada juga berbagai arena outbound yang disediakan seperti Flying Fox, Repling dan berbagai olahraga outdoor lainnya.

15.Curug Bajing


[caption id="attachment_3261" align="aligncenter" width="517"] https://www.instagram.com/afifmuhammad_14/[/caption]

Curug Bajing terletak di Desa Telogopakis Kecamatan Petungkriyono Pekalongan. Curug Bajing kini sudah dikelola sebagai salah satu obyek wisata di Pekalongan yang memiliki fasilitas cukup lengkap seperti toilet, tempat berteduh dan area parkir. Untuk memasuki area Curug Bajing kita diwajibkan membayar 5000 rupiah untuk tiket masuknya.

Walaupun masih asri dan letaknya jauh dari hiruk pikuk kota namun Curug Bajing kini sudah semakin ramai oleh wisatawan. Banyak yang berkunjung kesini dari berbagai daerah di sekitar Pekalongan seperti Batang, Pemalang dan juga Banjarnegara.

Baca Juga Menikmati Sejuknya Udara Curug Bajing Pekalongan



16.Curug Muncar


[caption id="attachment_3262" align="aligncenter" width="542"] https://www.instagram.com/adnanhndrw/[/caption]

Masih di Petungkriyono dan masih juga soal Curug atau air terjun. Disisi lain dari Petungkriyono ada Curug Muncar yang tidak kalah pesonanya dengan Curug Bajing di atas. Curug Muncar pun sudah dikelola dengan baik dan memiliki beberapa fasilitas penunjang.

Untuk masuk ke area Curug Muncar kita harus membayar tiket sebesar 3000 rupiah saja. Dan pesona serta kesegaran Curug Muncar bisa kita nikmati dengan bebas disini.

17.Curug Cinde


[caption id="attachment_3263" align="aligncenter" width="429"] https://www.instagram.com/instapekalongan/[/caption]

Tempat Wisata Di Pekalongan selanjutnya adalah Curug Cinde yang terletak di Kecamatan Lebakbarang Kabupaten Pekalongan. Terakhir saya ke Curug Cinde belum ada pengelolaan seperti yang ada di kedua curug yang saya sebutkan diatas.

Curug Cinde masih alami dan asri serta masih sedikit orang yang mengetahui pesonanya. Untuk mencapai Curug Cinde ini kita harus rela berjalan kaki sekitar 1 jam dari perkampungan warga karena akses kendaraan memang tidak bisa melewatinya. Namun waktu perjalanan tidak akan sia sia seketika kita melihat keindahan dari Curug Cine ini.

18.Curug Bidadari


[caption id="attachment_3264" align="aligncenter" width="511"] https://www.instagram.com/vivi_vr045/[/caption]

Masih soal curug dan Tempat Wisata Di Pekalongan selanjutnya adalah Curug Bidadari yang terletak di daerah Talun. Talun sendiri berbatasan dengan Kabupaten Batang dan merupakan daerah yang masih segar karena belum banyak orang yang meng eksplore daerah Talun ini. Jadi tidak ada salahnya menikmati wisata segar di Curug Bidadari ini dan siapa tahu bisa dapet bidadarinya juga. hehehe.

19.Watu Ireng


[caption id="attachment_3265" align="aligncenter" width="568"] https://www.instagram.com/rizaafrianti_974/[/caption]

Watu Ireng adalah sebuah bebatuan yang menempel di pinggiran bukit yang berwarna hitam ( dalam bahasa Jawa hitam = ireng ). Lokasinya ada di kecamatan Kandangserang Kabupaten Pekalongan. Dari atas Watu Ireng kita bisa melihat pemandangan khas pedesaan dan perbukitan yang masih asri yang tentunya akan memanjakan mata kita semua.

20.Bukit Pawuluhan


[caption id="attachment_3266" align="aligncenter" width="516"] https://www.instagram.com/baedhowiee/[/caption]

Bukit Pawuluhan merupakan salah satu tempat wisata di Pekalongan yang sedang hitz beberapa waktu terakhir. Kita bisa melihat pemandangan asri khas pegunungan dari atas sana. Serta kita juga bisa melakukan aktifitas berkemah atau camping dan menikmati Golden Sunrise dari atas Bukit Pawuluhan ini.

Lokasinya juga di Kecamatan Kandangserang yang kira kira bisa ditempuh sekitar 2 - 3 jam dari kota Pekalongan. Karena lokasi ini belum dikelola secara resmi maka kita tidak akan menemukan berbagai fasilitas penunjang disana. Tapi tidak usah khawatir karena warga disana ramah ramah jadi kita bisa menitipkan motor disana dengan aman.

21.Puncak Hanoman Gunung Kendalisodo


[caption id="attachment_3267" align="aligncenter" width="480"] https://www.instagram.com/yazid.axl/[/caption]

Puncak Hanoman di Gunung Kendalisodo ini sangat cocok bagi kita pendaki pemula yang masih minim akan ilmu dan pengalaman. Karena medan atau treknya yang bisa dibilang cukup mudah bagi pendaki pemula. Selain itu puncak ini juga tidak setinggi puncak puncak lain seperti Puncak Mahameru misalnya. Jadi amanlah untuk kita yang ingin melakukan pendakian namun belum mempunyai ilmu yang banyak.

22.Gunung Rogojembangan


[caption id="attachment_3268" align="aligncenter" width="553"] https://www.instagram.com/magusariyanto/[/caption]

Petungkriyono memang tidak akan ada habisnya kalau dibahas karena memang menyimpan sejuta pesona didalamnya. Salah satu lainnya adalah Gunung Rogojembangan yang merupakan puncak tertinggi di Pekalongan dengan nama puncaknya yaitu Puncak Raja.

Untuk mencapai puncak biasanya diperlukan waktu sekitar 3 sampai 4 jam saja dari basecamp. Jadi untuk kita yang masih amatiran di dunia pendakian Gunung Rogojembangan ini cocoklah untuk dijadikan tempat latihan.

23.Kali Paingan


[caption id="attachment_3269" align="aligncenter" width="480"] https://www.instagram.com/amaliathesa/[/caption]

Tempat Wisata Di Pekalongan selanjutnya adalah Kali Pahingan yang letaknya di pinggir jalan utama menuju ke Banjarnegara. Sebenarnya Kali Paingan adalah sungai biasa yang ada di pegunungan dengan air jernih yang menjadi ciri khususnya. Hanya saja sungai ini dimanfaatkan dan dikelola sehingga menjadi salah satu obyek wisata yang menarik dan sayang untuk dilewatkan.

24.Curug Lawe


[caption id="attachment_3270" align="aligncenter" width="563"] https://www.instagram.com/jatengeksis/[/caption]

Kita kembali lagi ke Petungkriyono dan kali ini kita akan berkenalan dengan salah satu Curugnya lagi yaitu Curug Lawe. Petungkriyono memang sangat menarik untuk dijelajahi karena masih banyak sekali tempat tempat menarik yang belum terekspos ke media.

Yang menarik dari Curug Lawe ini adalah adanya rurmah pohon yang bisa dijadikan untuk obyek berfoto. Dengan pemandangan pegunungan yang masih alami tentunya membuat semua orang yang melihat sensasi selfie di pohon ini ingin datang dan berkunjung kesini juga.

25.Kebun Teh Jolotigo


[caption id="attachment_3271" align="aligncenter" width="527"] https://www.instagram.com/setiaji.k/[/caption]

Sebelum ke kecamatan Petungkriyono kita akan melewati kecamatan Doro. Nah disini ada salah satu tempat wisata menarik juga yaitu kebun teh Jolotigo. Saat saya masih SMK kira kira tahun 2009 kebun teh ini masih luas namun beberapa tahun terakhir banyak area kebun teh yang dibabat dan ditanami pohon pinus. Sehingga luas kebun teh menjadi mengecil.

26.Bendungan Kletak


[caption id="attachment_3272" align="aligncenter" width="566"] https://www.instagram.com/macropolo/[/caption]

Tempat Wisata Di Pekalongan selanjutnya adalah Bendungan Kletak yang terletak di Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Bendungan ini merupakan salah satu tempat wisata yang cukup ramai dikunjungi warga terutama disore hari. Namun bendungan ini juga diselimuti cerita cerita mistis didalamnya sampai sampai pernah diliput salah satu stasiun televisi swasta nasional.

27.Curug Blanten


[caption id="attachment_3273" align="aligncenter" width="460"] https://www.instagram.com/rizky_momo20/[/caption]

Curug Blanten ini terletak di perbatasan antara kecamatan Kajen dan kecamatan Kandangserang. Yang lokasi tepatnya adalah di Dukuh Gunungtelu Desa Kutorojo Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan. Untuk mencapai lokasi ini kita bisa dengan bersepeda motor dan dilanjutkan dengan berjalan kaki dari basecamp.

Jika beruntung kita bisa melihat kera putih yang dipercaya menjaga desa Kutorojo ini.

28.Curug Bekakak


[caption id="attachment_3274" align="aligncenter" width="456"] https://www.instagram.com/airrbening/[/caption]

Curug Bekakak ini juga berada di kecamatan Kandangserang namun belum terlalu terekspose sehingga belum banyak diketahui oleh orang banyak. Yang unik dari Curug Bekakak ini adalah jalurnya karena ditengah jalur menuju curug ini kita akan melewati sebuah pohon yang membentuk seperti Gapuro sebuah gerbang alami. Untuk yang menginginkan suasana asri dan sunyi Curug Bekakak ini cocok dijadikan destinasi wisata.

29.Jembatan Lengkung Surabayan


[caption id="attachment_3275" align="aligncenter" width="489"] http://fotopekalongan.blogspot.co.id[/caption]

Tempat Wisata Di Pekalongan selanjutnya adalah Jembatan Lengkung Surabayan. Jembatan ini merupakan penghubung antara desa yang dibawahnya mengalir sungai yang cukup besar. Biasanya jembatan ini dijadikan lokasi untuk selfie dan foto foto remaja. Namun perlu diwaspadai juga soal keselamatan ketika berfoto disini. Lokasinya sendiri di Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan.

30.Jembatan Gantung Timbangsari


[caption id="attachment_3277" align="aligncenter" width="516"] https://www.instagram.com/instapekalongan/[/caption]

Jembatan Gantung Timbangsari sebenarnya memiliki fungsi utama sebagai jalur akses dari desa Timbangsari kecamatan Lebakbarang dan desa Telogopakis kecamatan Petungkriyono. Namun karena konstruksinya yang menarik membuat jembatan ini terekspose dan banyak yang mengunjunginya untuk sekedar berfoto. Tapi tetap ingat keselamatan adalah nomor satu. Jangan bahayakan nyawa kita hanya untuk beberapa like dimedia sosial.
Baca Juga 30 Tempat Wisata Di Jepang Yang Harus Di Kunjungi

Demikian lah 30 Tempat Wisata Di Pekalongan Yang Wajib Kita Kunjungi. Semoga setelah membaca artikel diatas teman teman semua mau menyempatkan datang dan berkunjung ke kampung halaman saya di Pekalongan. Dan semoga artikel diatas bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih dan salam backpacker Indonesia.
Jangan lupa follow IG saya di Aristo Fotografi Pekalongan

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 30 Tempat Wisata Di Pekalongan Yang Wajib Kita Kunjungi