Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Saturday, 3 December 2016

Lensa Sapujagat ?? Lensa Multifungsi Yang Perlu Dilirik

ARISTO.ID Lensa Sapujagat ?? Lensa Multifungsi Yang Perlu Dilirik. Lensa adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dengan body kamera dalam dunia fotografi digital sekarang ini. Karena tanpa lensa tentu saja body kamera tidak ada gunanya dan tanpa body kamera, lensa pun tidak ada artinya. Jadi kedua benda ini saling melengkapi dalam sebuah pemotretan atau dalam dunia fotografi.


Jika kita membeli kamera DSLR biasanya kita akan mendapatkan lensa bawaannya atau biasa dibilang lensa kit. Lensa kit adalah lensa standar yang diberikan pabrikan kepada orang yang membeli body kamera dan biasanya diberikan pada body kamera crop (APS-C ) yang dijual. Lensa kit yang diberikan biasanya adalah ukuran 18-55mm dan juga 55-250mm ( double lensa ) atau 1 lensa saja yaitu 18-135mm.




Baca Juga Review Lensa Kit 18-55mm F3.5-5.6



Lensa Sapujagat ?? Lensa Multifungsi Yang Perlu Dilirik



Lensa Sapujagat ?? Lensa Multifungsi Yang Perlu Dilirik


Lensa kit memang banyak memiliki kelebihan dan sebagai pemula saya pun telah memakai lensa kit ini selama lebih dari 6 bulan. Biasanya setelah lama menggunakan lensa kit kita akan mengetahui kekurangan apa saja yang ada di lensa ini sehingga menjadi pertimbangan untuk membeli lensa berikutnya. Banyak sekali macam macam lensa mulai dari lensa wide, lensa standart, lensa tele dan juga lensa sapujagat.




Baca Juga Berbagai Jenis Lensa Dalam Dunia Fotografi



Dan pada kesempatan kali ini saya akan membahas lebih lengkap mengenai lensa sapujagat. Apa sie lensa sapujagat itu ?? Bagaimana kelebihannya ?? Dan bagaimana kekurangannya ?? Simak ulasan lengkapnya disini.



Apa Itu Lensa Sapujagat ??


Lensa Sapujagat adalah lensa zoom yang memiliki jarak focal lenght sangat panjang dari jarak paling lebar ( Wide ) sampai jarak terjauh ( Tele ). Dikatakan Sapujagat karena lensa ini bisa digunakan di segala kondisi mulai dari pemotretan yang membutuhkan jangkauan lebar sampai pemotretan yang membutuhkan jangkauan jauh.


Contoh lensa ini sangat banyak mulai dari pabrikannya sendiri maupun pabrikan pihak ketiga . Diantaranya adalah Lensa Canon 18-200mm F3.5-5.6 IS, Nikon 18-200mm VR F3.5-5.6 VR, Tamron 18-270mm F3.5-6.3 PZD VC, Tamron 18-250mm F3.5-6.3 Macro, Tamron 16-300mm F3.5-6.3 VC PZD Di II dan Sigma 18-200mm f/3.5-6.3 OS HSM Macro C.



Kelebihan Lensa Sapujagat :



  • Bisa digunakan disegala kondisi ( Multifungsi )

  • Tidak perlu ribet menggonta ganti lensa sesuai kebutuhan

  • Praktis

  • Ekonomis karena kita tidak memerlukan lensa lainnya lagi jika sudah mempunyai lensa ini


Lensa Sapujagat ?? Lensa Multifungsi Yang Perlu Dilirik

Kekurangan Lensa Sapujagat :



  • Biasanya autofokus lebih lambat ( pengalaman menggunakan Tamron 18-270mm )

  • Nilai Apperture tidak terlalu lebar ( sulit menghasilkan foto bokeh namun dengan berbagai trik juga bisa masih bisa menghasilkan bokeh )

  • Lebih rentan rusak pada kabel fleksibel karena zoom yang terlalu jauh

  • Kualitas foto masih kurang atau kalah jika dibandingkan lensa khusus atau lensa prime


Setelah kita mengetahui kelebihan dan juga kekurangan lensa ini yang menjadi pertanyaan adalah apakah penting lensa sapujagat ini untuk dimiliki ??? Jawaban saya sebagai orang yang menggunakan berbagai jenis lensa adalah relatif tergantung kebutuhan pemotretan apa yang akan kita lakukan.


Jika kita akan melakukan pemotretan modelin atau job dari orang lain yang mengharuskan kita memotret dengan hasil maksimal saran saya jangan menggunakan lensa ini. Gunakanlah lensa kelas utama atau lensa prime yang biasanya kualitas optik lebih baik sehingga hasil akan maksimal dan tajam. Namun jika akan digunakan untuk jalan jalan saja saran saya gunakanlah lensa ini karena sangat praktis dan kita tidak perlu menggonta gantinya dengan lensa yang lain.


Jadi penting atau tidaknya hanya masalah yang relatif tergantung kondisi dan kebutuhan dalam pemotretan. Semoga sedikit artikel ini bisa bermanfaat dan menjadi referensi bagi anda sekalian untuk membeli lensa selanjutnya. Terima kasih dan salam fotografi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Lensa Sapujagat ?? Lensa Multifungsi Yang Perlu Dilirik