Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Friday, 30 December 2016

Kelebihan Kamera Full Frame Dibandingkan Kamera Crop ( APS-C )

ARISTO.ID 7 Kelebihan Kamera Full Frame Dibandingkan Kamera Crop ( APS-C ). Kamera Full Frame adalah kamera yang memiliki sensor sama dengan ukuran film yaitu 24 x 36 mm. Sedangkan kamera Crop atau APS-C biasanya memiliki ukuran sensor lebih kecil dengan pemotongan 1.5 kali dari sensor Full Frame. Akibatnya lensa dengan focal lenght 100mm akan terbaca 150mm jika dipasang di kamera dengan sensor APS-C. Sedangkan akan tetap 100mm jika dipasang di kamera Full Frame.

Produsen kamera Full Frame pertama kali didunia adalah Contax dengan seri Contax N Digital. Namun karena sepinya peminat akhirnya Contax menghentikan produksi kamera tersebut. Pada tahun 2002 atau setahun setelah Contax memproduksi kamera Full Frame akhirnya Canon pun mulai memproduksi kamera Full Frame pertama mereka yaitu EOS 1Ds.

Berbeda dengan Contax, Canon mendapatkan respon positif dari pasar sehingga para produsen lainnya pun mulai mengikutinya. Seperti Nikon dan Sony pun akhirnya juga mulai memproduksi kamera Full Frame pertama mereka.

7 Kelebihan Kamera Full Frame Dibandingkan Kamera Crop ( APS-C )


Jika dibandingkan dengan kamera APS-C atau crop, kamera Full Frame ini memiliki kelebihan yang cukup signifikan. Bahkan bisa dikatakan mengungguli kamera APS-C dalam banyak hal. Mau tau apa saja kelebihannya ??? Berikut 7 Kelebihan Kamera Full Frame Dibandingkan Kamera Crop ( APS-C ) :

1.Tangkapan Layar Lebih Besar


Coba perhatikan gambar dibawah ini.

7 Kelebihan Kamera Full Frame Dibandingkan Kamera Crop ( APS-C )

Dengan menggunakan kamera Full Frame kita bisa menjangkau lebih banyak ruang. Dengan lensa yang sama serta focal lenght yang sama kita bisa mengjangkau lebih banyak ruang dalam foto. Sedangkan kamera APS-C hanya bisa menjangkau sekitar 3/4 bagian saja jika dibandingkan dengan sensor Full Frame.

2.Cocok Pemotretan Wide Atau Lebar ( Landscape dan Arsitektur )


Kelebihan keduanya adalah kamera Full Frame ini sangat cocok untuk pemotretan Landscape atau Arsitektur yang biasanya membutuhkan jangkauan sangat lebar atau Wide. Misalnya saja kita menggunakan lensa 16 - 35 mm L Series. Dalam kamera Full Frame kita tetap akan menggunakan 16mm tersebut dalam pengambilan gambar. Sedangkan jika menggunakan kamera APS-C angka 16mm tersebut akan berubah menjadi 24mm.
Baca Juga Lensa Wide Angle Murah Dan Berkualita Dari Canon

3.Lebih Sedikit Noise


Kamera Full Frame memiliki ukuran sensor yang lebih besar dari pada kamera APS-C. Hal ini berkaitan juga dengan tangkapan cahaya yang bisa diterima antara kedua jenis kamera tersebut. Dengan kamera APS-C kita sudah mulai merasakan keberadaan Noise pada ISO 1600. Namun jika menggunakan kamera Full Frame noise masih bisa ditoleransi walaupun angka ISO mencapai 6400.

4.Menghasilkan Foto Bokeh Yang Lebih Baik


Kamera Full Frame memiliki Depth Of Field ( DOF ) yang lebih sempit jika dibandingkan dengan kamera dengan sensor crop. Sehingga akibatnya kamera Full Frame akan bisa menghasilkan gambar dengan tingkat bokeh yang lebih baik. Walaupun lensa sama dan angka Apperture yang digunakan sama hasil bokeh kamera Full Frame akan tetap lebih baik.

5.Detail Foto Lebih Banyak Dan Tajam


Pada point ke 3 saya sudah menyebutkan bahwa kamera Full Frame lebih peka terhadap cahaya karena ukuran sensor yang lebih besar. Hal ini juga berakibat pada detail foto yang dihasilkan. Kita akan mendapatkan detail foto yang lebih tajam jika memotret menggunakan kamera Full Frame.

6.Viewfinder Lebih Besar Dan Cerah


Dalam menghasilkan foto yang bagus salah satu faktor yang harus diperhatikan adalah komposisi foto. Dan hal ini akan mudah kita lakukan jika mengambil foto dengan kamera bersensor Full Frame. Karena Viewfinder dalam kamera Full Frame biasanya lebih besar dan lebih cerah sehingga memudahkan kita dalam mengatur dan memaksimalkan komposisi foto yang kita ambil. Dan saya sudah mencobanya dengan kamera Canon EOS 5D Mark III milik teman fotografi saya.
Baca Juga Harga Dan Spesifikasi Kamera DSLR Canon EOS 5D Mark III Terbaru

Harga Dan Spesifikasi Kamera DSLR Canon EOS 5D Mark III Terbaru

7.Keseluruhan Lebih Baik


Keseluruhan untuk kamera Full Frame memang lebih baik jika dibandingkan dengan kamera bersensor APS-C. Baik dalam hal ketajaman, tangkapan gambar, cahaya yang masuk serta masih banyak lagi kelebihan lainnya. Namun bukan berarti kamera Full Frame tidak memiliki kekurangan dan kekurangan utamanya adalah masalah harga. Rata rata kamera Full Frame semuanya mahal dan itu kendala utama saya.

Itulah 7 Kelebihan Kamera Full Frame Dibandingkan Kamera Crop ( APS-C ). Semoga bermanfaat, terima kasih dan salam fotografi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kelebihan Kamera Full Frame Dibandingkan Kamera Crop ( APS-C )