Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Saturday, 31 December 2016

7 Tips Memotret Kembang Api Saat Tahun Baru Dan Festival

ARISTO.ID 7 Tips Memotret Kembang Api Saat Tahun Baru Dan Festival. Saat perayaan tahun baru biasanya banyak yang mengadakan festival kembang api di seluruh dunia tidak terkecuali di Indonesia. Bagi pecinta fotografi seperti kita tentu tidak mau melewatkan moment setahun sekali ini hanya dengan menonton acara televisi saja. Kita bisa memanfaatkannya dengan berburu foto kembang api yang cantik.

Untuk memotret kembang api tidak bisa disamakan dengan memotret moment moment lainnya. Ada beberapa teknik dan tips khusus agar foto yang kita buat menarik untuk dilihat orang lain. Karena kalau foto kembang api saja anak anak kecil pun bisa mengambilnya. Namun foto kembang api yang indah dan menarik tentu sedikit orang yang bisa mengambilnya.

[caption id="attachment_2969" align="aligncenter" width="306"]7 Tips Memotret Kembang Api Saat Tahun Baru Dan Festival Taken by Itwin Ito[/caption]

7 Tips Memotret Kembang Api Saat Tahun Baru Dan Festival


Seperti yang saya sebutkan di atas untuk memotret kembang api yang menarik dan berbeda tentu perlu teknik khusus. Kali ini saya akan mencoba membagikan beberapa teknik dan tips khusus untuk memotret kembang api yang pastinya keren. Berikut tipsnya :

1.Wajib Tripod Dan Remote


Tips memotret kembang api yang pertama adalah masalah tripod dan juga remote atau kabel release. Aksesoris ini adalah wajib jika kita ingin membuat foto kembang api yang bagus. Kenapa ???

Karena kembang api pasti akan diluncurkan pada malam hari yang notabene cahaya sedikit. Jadi kita harus menggunakan slow speed untuk mengambil gambar kembang api tersebut. Sebenarnya bisa saja tanpa menggunakan tripod tapi pasti gambar akan terlihat biasa dan tidak ada sisi menariknya.

2.Gunakan Lensa Wide


Penggunaan lensa wide akan sangat membantu kita dalam mendapatkan hasil akhir yang bagus. Dengan penangkapan gambar yang lebar tentu kita lebih leluasa dalam proses selanjutnya yaitu editing. Kita masih bisa melakukan cropin pada bagian yang tidak perlu. Contoh lensa yang bisa digunakan adalah 10-22mm atau bisa juga menggunakan lensa Fisheye 8mm.
Baca Juga Lensa Wide Angle Termurah Canon 10-22MM

3.Jangan Gunakan Autofokus


Arah kembang api muncul kita tidak bisa memprediksikannya. Bisa kekanan atau kekiri bahkan bisa juga kedepan atau kebelakang. Cara mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan manual fokus. Dan cara mudahnya adalah dengan men-setting angkanya ke arah Infinity. Ini akan mengarahkan fokus kamera kepada obyek yang jauh dan dalam hal ini adalah kembang api tersebut.

4.ISO Rendah


Seperti yang sering katakan di beberapa artikel sebelumnya bahwa untuk mendapatkan gambar yang bagus kita harus menggunakan nilai ISO rendah. Apalagi jika kita menggunakan kamera crop atau APS-C jangan sampai men-setting angka ISO diatas 1600. Karena selain akan terdapat noise gambar juga akan terlihat pecah.

Berbeda jika kamera yang kita gunakan adalah kamera Full Frame. Tentu kita bisa seenak hati menggunakan settingan ISO berapapun karena di angka 6400 pun noise masih bisa ditoleransi untuk kamera Full Frame.
Baca Juga 7 Kelebihan Kamera Full Frame Dibandingkan Kamera Crop ( APS-C )

[caption id="attachment_2978" align="aligncenter" width="304"]7 Tips Memotret Kembang Api Saat Tahun Baru Dan Festival Taken by Budy Kakkoi Dake[/caption]

5.Gunakan Mode Bulb


Menggunakan Tripod dan juga menggunakan ISO rendah tentu pasangannya adalah dengan menggunakan mode Bulb. Sebelumnya saya sudah menyebutkan untuk menggunakan slow speed atau shutter speed lambat. Kita bisa saja menggunakan mode manual tapi untuk mode manual ini hanya dibatasi 30 detik saja. Jadi jika dirasa waktu 30 detik itu kurang kita bisa menggunakan mode bulb sehingga shutter speed berapa lama pun bisa kita gunakan.
Baca Juga Cara Setting Kamera Saat Menggunakan Mode Bulb

6.Matikan Flash


Untuk flash sebaiknya matikan saja karena dalam memotret kembang api tentu obyek utama kembang apinya jauh. Tidak mungkin bukan flash kita bisa mencapai jarak sejauh itu. Kalaupun bisa tentu cahaya dari kembang api akan lebih besar. Maka dari itu matikan saja flash karena bisa jadi malah akan memperburuk foto.

Jika kita ingin memotret orang dengan latar belakang kembang api baru kita bisa mencoba menggunakan flash. Namun gunakanlah flash eksternal karena kita bisa mengatur cahaya yang keluar dan arah cahaya tersebut.

7.Konsisten Memotret


Langkah terakhir adalah terus konsisten memotret. Untuk menghasilkan gambar yang bagus tentu bukan perkara yang mudah. Diperlukan latihan dan eksperimen yang banyak. Maka dari itu banyak banyak lah memotret karena dengan semakin banyak melakukan praktek tentu tangan kita semakin ahli dalam menggunakan kamera DSLR tersebut.

Itulah 7 Tips Memotret Kembang Api Saat Tahun Baru Dan Festival semoga bermanfaat. Selamat mencoba dan salam fotografi. Terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 7 Tips Memotret Kembang Api Saat Tahun Baru Dan Festival