Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Thursday, 22 December 2016

7 Puncak Gunung Tertinggi Di Jawa Indonesia

ARISTO.ID 7 Puncak Gunung Tertinggi Di Jawa Indonesia. Pulau Jawa adalah salah satu pulau di Indonesia yang sangat padat penduduknya jika dibandingkan dengan pulau pulau lainnya. Selain padat dengan penduduknya di pulau Jawa juga padat akan populasi gunung indah yang menjadi tujuan banyak pendaki baik lokal maupun pendaki asing. Setiap akhir pekan banyak orang berdatangan sengaja ingin mendaki dan menikmati suasana gunung sebagai penawar stress dari pekerjaan sehari hari.

Banyak sekali gunung gunung di pulau Jawa yang biasa di datangi oleh para pendaki dari seluruh Indonesia. Bahkan tak jarang pula ada yang datang dari luar pulau bahkan sering juga pendaki mancanegara berdatangan mencoba trekking di sini. Karena saking terkenalnya sudah banyak juga kisah pendakian gunung di Jawa yang di film kan di layar lebar. Contohnya adalah film " 5 cm " yang berlokasi di Gunung Semeru dan juga " Pencarian Terakhir " yang berlokasi di Gunung Salak.

Baca Juga 7 Gunung Tertinggi Di Indonesia ( Seven Summits )

7 Puncak Gunung Tertinggi Di Jawa Indonesia. Pulau Jawa adalah salah satu pulau di Indonesia yang sangat padat penduduknya jika dibandingkan dengan pulau pulau lainnya.

7 Puncak Gunung Tertinggi Di Jawa Indonesia


Pulau Jawa memiliki banyak sekali gunung yang tersebar di berbagai penjuru dari Jawa Barat sampai ke Jawa Timur. Banyak sekali keindahan yang tersimpan didalamnya baik keindahan pemandangan khas pegunungan maupun keanekaragaman makhluk hidup yang tinggal didalamnya. Dan kali ini saya akan memaparkan 7 daftar Gunung Tertinggi di Jawa yang bisa kamu pilih untuk pendakian berikutnya.

1.Gunung Semeru ( 3767 MDPL )


7 Puncak Gunung Tertinggi Di Jawa Indonesia

Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di pulau Jawa yang termasuk juga dalam jajaran Seven Summits Indonesia atau 7 daftar gunung tertinggi di Indonesia. Untuk mendaki gunung ini biasanya waktu yang ditempuh antara 3 sampai 4 hari tergantung kesiapan kita sendiri. Namun ada juga pendaki yang bisa menyelesaikan pendakian ini hanya dalam waktu 1 sampai 2 hari saja.

Gunung Semeru menjadi semakin dikenal dari film pendakian yang berjudul " 5 cm ". Film ini merupakan salah satu film terlaris di Indonesia yang dibintangi berbagai artis populer seperti Fedi Nuril, Deny Sumargo, Raline Shah, Herjunot Ali, Igor " Saykoji ", Pevita Pierce dan beberapa pemeran lainnya. Dan dampak dari film ini membuat Gunung Semeru menjadi semakin ramai oleh pendaki dari luar baik pendaki asli maupun hanya pendaki dadakan yang mengikuti trends saja.

2.Gunung Slamet ( 3428 MDPL )


7 Puncak Gunung Tertinggi Di Jawa Indonesia

Gunung tertinggi di Jawa berikutnya adalah Gunung Slamet yang terletak di perbatasan 5 daerah Jawa Tengah seperti Banyumas, Pemalang, Tegal, Purbalingga dan Brebes. Gunung ini merupakan gunung aktif yang suatu saat bisa meletus dan mengeluarkan isi perutnya. Namun sudah beberapa lama gunung ini tidak meletus hanya saja kadang kadang aktifitasnya meningkat.

Untuk mendaki Gunung Slamet ada beberapa jalur namun jalur yang terkenal dan biasa dileawati oleh para pendaki adalah jalur Blambangan yang ada didaerah Purbalingga. Konon kata orang tua zaman dahulu kalau Gunung Slamet meletus laharnya bisa mengalir sampai ke Pekalongan dan daerah pesisir pantura lainnya.

3.Gunung Sumbing ( 3371 MDPL )


7 Puncak Gunung Tertinggi Di Jawa Indonesia

Saat masa masa sekolah SD kita pasti pernah menggambar gunung 2 dengan matahari di tengahnya bukan ??? Ternyata itu bukan hanya lukisan anak anak saja melainkan ada didunia nyata yaitu di Jawa Tengah tepatnya antara Gunung Sumbing dan juga Gunung Sindoro ( 3150 MDPL ).

Gunung Sumbing ini juga merupakan salah satu gunung yang menjadi tujuan favorit para pendaki di Indonesia. Karena pemandangan dari puncak sumbing sangat lah mempesona. Dari puncak kita akan melihat dengan jelas Gunung Sindoro dan dari kejauhan juga akan nampak Gunung Merapi dan juga Gunung Merbabu yang sama sama bersebelahan pula.

4.Gunung Raung ( 3342 MDPL )


7 Puncak Gunung Tertinggi Di Jawa Indonesia

Gunung Raung adalah gunung yang terletak di provinsi Jawa Timur tepatnya berlokasi di 3 kabupaten yaitu Banyuwangi, Bondowoso dan juga Jember. Gunung Raung ini juga merupakan salah satu gunung aktif di pulau Jawa yang beberapa waktu lalu juga sempat mengalami peningkatan aktivitas vulkanik. Hal ini menyebabkan penerbangan di Banyuwangi dan juga Bali mengalami sedikit gangguan.

Nama Raung sendiri diambil karena pada puncak gunung ini angin berhembus sangat kencang seperti meraung raung di telinga para pendaki. Sehingga dinamakanlah gunung raung. Puncak gunung ini merupakan kaldera dengan luas sekitar 2 km dan kedalaman 500 meter yang sangat berbahaya jika kita terjatuh kedalamnya. Selain itu jalur untuk menuju puncak gunung raung ini terbilang ekstrem sehingga tidak dianjurkan untuk pendaki pemula yang baru akan belajar mendaki gunung.
Baca Juga Tips Mendaki Gunung Di Indonesia Untuk Pemula

5.Gunung Arjuno ( 3339 MDPL )


7 Puncak Gunung Tertinggi Di Jawa Indonesia

Gunung tertinggi di Jawa selanjutnya adalah Gunung Arjuno yang berada di perbatasan Malang, Pasuruan dan juga Mojokerto. Gunung ini merupakan gunung aktif namun sudah lama tidur alias tidak menunjukkan peningkatan aktivitas pada beberapa tahun terakhir. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung tujuan para pendaki yang jalur populernya adalah jalur Lawang yang berada disisi timur Malang.

Gunung Arjuno ini juga sering disatukan dengan Gunung Welirang dengan sebutan Gunung Arjuno - Welirang. Itu karena puncak gunung Arjuno dan juga puncak gunung Welirang berada di punggungan yang sama.

6.Gunung Lawu ( 3265 MDPL )


7 Puncak Gunung Tertinggi Di Jawa Indonesia

Gunung Lawu adalah gunung yang terletak di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan juga provinsi Jawa Timur. Gunung ini juga merupakan gunung aktif namun sudah sangat lama tidak menunjukkan aktifitas vulkanik semenjak tahun 1885. Puncak tertinggi dari gunung lawu ini adalah puncak Hargo Dumilah.

Yang menarik dan membedakan Gunung Lawu ini dengan gunung gunung lain di Indoneasia adalah adanya warung Mbok Yem yang berada di puncak gunung. Jadi bagi yang akan melakukan pendakian ke gunung lawu tidak perlu repot repot lagi membawa logistik karena sudah ada Mbok Yem yang siap melayani kebutuhan para pendaki semua.

7.Gunung Welirang ( 3156 MDPL )


7 Puncak Gunung Tertinggi Di Jawa Indonesia

Gunung tertinggi di Jawa yang terakhir adalah Gunung Welirang. Seperti yang saya sebutkan di atas kalau puncak gunung ini berada di punggungan yang sama dengan puncak gunung Arjuno. Jadi banyak yang mengatakan bahwa kedua gunung ini adalah gunung kembar karena letaknya yang berdekatan.

Dinamakan gunung welirang karena pada puncak gunung ini terdapat banyak sekali belerang. Belerang biasanya diambil sebagai campuran untuk kosmetik. Namun hati hati jika berada di puncak dengan banyak belerangnya. Karena asap dari belerang itu sendiri bisa mengganggu pernafasan kita dan bisa juga menyebabkan penyakit.

Itulah 7 Puncak Gunung Tertinggi Di Jawa Indonesia. Semoga bermanfaat dan akhir kata terima kasih. Salam lestari.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 7 Puncak Gunung Tertinggi Di Jawa Indonesia