Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Tuesday, 6 December 2016

7 Kelebihan RAW Dibandingkan Dengan Format JPG

ARISTO.ID 7 Kelebihan RAW Dibandingkan Dengan Format JPG. Dalam mengolah sebuah foto menjadi hasil akhir yang memuaskan diperlukan beberapa tahapan atau proses. Mulai dari mengambil gambar sampe proses editing menggunakan berbagai aplikasi yang mendukung. Dan salah satu prosesnya adalah pemilihan format yang tepat untuk pengambilan gambar antara format RAW dengan format JPG.


Saya sendiri bisa dibilang terlambat mengenal adanya format RAW karena saya mengetahuinya setelah hampir 1 tahunan dari awal membeli kamera DSLR. Namun begitulah ilmu, tidak ada kata terlambat untuk kita memperlajarinya selagi ada kemauan dan kesempatan.


7 Kelebihan RAW Dibandingkan Dengan Format JPG



7 Kelebihan RAW Dibandingkan Dengan Format JPG


Dalam pengaturan kamera DSLR ada 2 format file yang bisa dipilih dalam pengambilan sebuah foto yaitu RAW dan JPG. Perbandingannya sendiri sudah saya paparkan pada artikel dibawah ini yang saya tulis beberapa waktu yang lalu.



Baca Juga Antara RAW vs JPG : Memilih Format Yang Bagus Untuk Kamera

Dan kali ini saya akan fokus membahas masalah kelebihan RAW saja jika dibandingkan dengan format file JPG. Apa saja kelebihannya ?? Berikut pembahasan lebih lengkapnya.



1.Pengaturan White Balance


Saat memotret menggunakan format RAW kamera tidak akan mengotak atik gambar yang terekam oleh sensor dan langsung mengirimnya ke memory card. Artinya foto yang kita hasilkan masih murni dan apa adanya. Berbeda jika kita menggunakan format JPG yang membuat kamera memproses foto terlebih dahulu sebelum dikirim ke memory card.


Pada format RAW pengaturan White Balance belum diterapkan dan kita bisa mengaturnya sesuai keinginan saat mengeditnya lewat Photoshop ataupun Lightroom. Sebenarnya pada format JPG kita juga masih bisa mengatur settingan White Balance namun ini tidak akan maksimal dan biasanya malah mengakibatkan foto tidak bagus.



2.Lebih Bebas Dan Leluasa Melakukan Proses Editing


Ada banyak menu editing yang hanya bisa dilakukan hanya jika kita menggunakan format file RAW. Jadi jika kita menggunakan format JPG sudah tentu kita tidak akan bisa mengotak atik editan dari software kamera tersebut. Ibaratkan sebuah lukisan format RAW adalah gambar yang berisikan 64 warna sedangkan JPG hanya terdiri dari 16 warna saja. Perhatikan gambar dibawah ini.


7 Kelebihan RAW Dibandingkan Dengan Format JPG



3.Lebih Banyak Informasi Yang Tersimpan


Seperti yang saya sebutkan pada point pertama diatas yaitu saat kita memotret menggunakan format file RAW kamera akan langsung mengirimkan gambar dan data keseluruhan ke memory card. Jadi kita tidak akan kehilangan data apapun yang ada di gambar tersebut secara keseluruhan.


Berbeda jika kita memotret dengan menggunakan format JPG. Kamera akan memproses foto yang diambil menggunakan software dan berulah mengirimkannya ke memory card. Dan pada proses tersebut kita sudah kehilangan cukup data sehingga biasanya format JPG ukurannya hampir separuh dari format RAW.



4.Sebagai Negative Foto Atau Klise


Kelebihan RAW dibandingkan JPG selanjutnya adalah RAW bisa dijadikan negative foto atau klise pada fotografi jaman dahulu sebelum kamera digital muncul. Ini karena format RAW adalah format yang benar benar murni sehingga dimasa mendatang pun kita masih bisa mengedit kembali foto dengan aplikasi baru yang bisa saja lebih canggih dari aplikasi edit foto sekarang ini.



5.Kualitas Lebih Baik


Kualitas foto yang dihasilkan dengan menggunakan format file RAW biasanya lebih baik. Itu karena format RAW tidak mengalami proses kompress seperti format file JPG. Sehingga walaupun kita sudah banyak melakukan editing disana sini kualitas dari foto tidak akan turun dan yang pasti tetap akan lebih baik dari JPG.


Sedangkan saat memotret menggunakan format JPG biasanya setelah melewati proses editing yang panjang kualitas foto akan menurun. Entah itu ketajaman dari foto atau pun gradasi warna nya yang tidak sesuai dengan keinginan.



6.Highliht Dan Shadows


Saat memotret tentu kita tidak akan selalu menghasilkan gambar yang maksimal bukan. Pasti ada saatnya kita menghasilkan gambar yang terlalu gelap atau pun juga gambar yang terlalu terang. Apalagi jika dalam satu frame ada bagian yang terlalu gelap dan ada juga bagian yang terlalu terang.


Hal ini tidak jadi masalah jika kita menggunakan format RAW karena kita bisa mengeditnya menggunakan pengaturan Highligt dan Shadow. Kita bisa mengedit foto seperti itu sehingga bisa menjadi foto yang bagus dan enak dilihat.




Baca Juga Cara Mengedit Foto Yang Terlalu Gelap





7.Bukti Kepemilikan Foto


Hak cipta bagi seorang fotografer adalah sesuatu yang penting. Apalagi jika ada seseorang yang menggunakan atau mengakui hasil kerja keras kita sebagai karyanya. Tentu itu akan menyakitkan sekali. Tapi kita bisa membuktikan karya kita jika menggunakan format RAW saat memotret.


Dengan menunjukkan format RAW dari sebuah foto itu sudah menjadi bukti yang kuat bahwa foto tersebut merupakan karya milik kita.


Demikian artikel mengenai 7 Kelebihan RAW Dibandingkan Dengan Format JPG. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 7 Kelebihan RAW Dibandingkan Dengan Format JPG