Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Monday, 5 December 2016

7 Kelebihan Lensa Prime Dibandingkan Lensa Zoom

ARISTO.ID 7 Kelebihan Lensa Prime Dibandingkan Lensa Zoom. Lensa prime atau lensa fix adalah lensa yang hanya mempunyai 1 focal lenght saja seperti contohnya lensa prime 50mm atau lensa prime 100mm. Karena lensa prime ini hanya memiliki 1 focal lenght saja maka bisa dipastikan lensa ini tidak bisa dizoom. Baik zoom in maupun zoom out.


Namun dibalik keterbatasan itu masih saja banyak peminat dari lensa prime ini. Dikarenakan lensa prime memiliki kelebihan yang luar biasa jika dibandingkan dengan lensa zoom. Apa saja kelebihannya ??? Kita bahas 1 per 1 dibawah ini.


7 Kelebihan Lensa Prime Dibandingkan Lensa Zoom



7 Kelebihan Lensa Prime Dibandingkan Lensa Zoom


1.Kualitas Optik Nomor 1


Untuk masalah kualitas optik lensa prime atau lensa fix ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Rata rata kualitas optik dari lensa prime lebih bagus jika dibandingkan dengan lensa zoom. Karena hanya memiliki 1 focal lenght saja membuat para produsen bisa lebih fokus dalam membuat sebuah lensa yang maksimal pada jarak focal lenght tersebut.



2.Ukuran Kecil Dan Ringan


Kelebihan lensa prime selanjutnya adalah dari segi ukuran dan juga beratnya. Untuk ukuran lensa prime biasanya lebih kecil dan ringan jika dibandingkan dengan ukuran lensa zoom pada kisaran focal lenght yang sama. Contohnya saja lensa kit 18-55mm dan lensa prime 50mm. Lensa prime 50mm memiliki ukuran yang lebih kecil dan juga lebih ringan.




Baca Juga Kelebihan Lensa Fix Atau Lensa Prime 50mm



Namun hal ini tidak berlaku jika yang kita maksud adalah lensa makro. Karena lensa makro adalah lensa khusus yang dibuat untuk fokus pada jarak yang sangat dekat sehingga komposisi optiknya pun dibuat sedemikian rupa yang membuat lensa ini menjadi agak besar dan lumayan berat.



3.Apperture Lebar


Semua jenis lensa prime atau lensa fix biasanya memiliki nilai Apperture yang sangat lebar jika dibandingkan dengan lensa zoom yang memiliki focal lenght sama. Hampir semua lensa prime memiliki nilai Apperture terlebar F2.8 bahkan untuk lensa prime 50mm memiliki nilai F1.8 dan F1.2 untuk versi termahalnya ( L Series Canon ).



4.Penghasil Foto Bokeh Atau Foto Blur


Masih ada hubungannya dengan point ke 3 diatas yaitu masalah Apperture. Pada artikel sebelumnya saya pernah membahas tentang cara  menghasilkan foto bokeh atau foto blur bukan ?? Dan salah satu point yang saya sebutkan adalah masalah Apperture.




Baca Juga Tips Foto Bokeh Mudah Yang Harus Kamu Coba



Untuk menghasilkan foto bokeh yang bagus dibutuhkan nilai Apperture yang lebar dan hal ini tentu sangat mudah jika kita menggunakan lensa prime atau lensa fix yang rata rata memang mempunyai Apperture lebar. Karena semakin lebar Apperture yang digunakan maka semakin bokeh pula gambar yang dihasilkan.



5.Harga Relatif Lebih Murah


Kelebihan Lensa Prime selanjutnya adalah masalah harga yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan lensa zoom. Contohnya saja adalah lensa prime 135mm F2 L Series yang harganya sekarang berkisar diangka 7-8 jutaan dengan lensa 70-200mm F2.8 L Series yang harganya sekitar 10 jutaan.


Lensa 135mm F2 L Series adalah lensa prime yang sangat bagus untuk model dengan hasil bokeh maksimal. Lensa ini menjadi andalan para fotografer untuk memotret model baik di dalam ruangan maupun luar ruangan.




[caption id="attachment_170" align="aligncenter" width="498"]7 Kelebihan Lensa Prime Dibandingkan Lensa Zoom Lensa 50mm F1.8[/caption]

6.Lensa Cepat ( Fast Lens )


Lensa prime merupakan lensa cepat karena memiliki Apperture yang lebar sehingga cahaya yang masuk kedalam sensor menjadi lebih banyak. Hal ini membuat shutter speed yang digunakan bisa lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan lensa zoom biasa.


Selain itu rata rata autofokus lensa prime biasanya juga lebih responsif atau lebih cepat dalam menangkap target jika dibandingkan dengan lensa zoom.



7.Tidak Bisa Dizoom


Ini jelas karena lensa prime hanya memiliki 1 focal lenght saja yang membuatnya tidak bisa dizoom. Hal ini bisa menjadi kelebihan dan juga menjadi kekurangan tergantung sudut pandang kita melihatnya. Namun bagi saya ini justru sebuah kelebihan. Karena dengan begitu kita secara tidak sadar akan maju mundur mencari framing yang tepat agar komposisi sebuah foto lengkap.


Jadi kesimpulannya lensa prime ini memiliki beberapa kelebihan atau keistimewaan jika dibandingkan dengan lensa zoom. Namun bukan berarti lensa prime bagus dan lensa zoom tidak bagus. Semuanya ada kelebihan dan kekurangannya masing masing tergantung kebutuhan kita dalam melakukan pemotretan.




Baca Juga Memilih Antara Lensa Prime Atau Lensa Zoom



Demikian artikel 7 Kelebihan Lensa Prime Dibandingkan Lensa Zoom ini semoga bermanfaat. Terima kasih dan salam fotografi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 7 Kelebihan Lensa Prime Dibandingkan Lensa Zoom