Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Monday, 26 December 2016

7 Cara Foto Bokeh Gampang Dengan Hasil Maksimal

ARISTO.ID 7 Cara Foto Bokeh Gampang Dengan Hasil Maksimal. Foto Bokeh atau Foto Blur adalah salah satu jenis foto yang disukai oleh sebagian besar fotografer. Foto bokeh ini biasanya digunakan saat pemotretan model di luar ruangan atau outdoor. Bisa juga saat pemotretan benda untuk foto produk jualan atau untuk foto Still Life yang mengharuskan latar belakang atau background blur.

Baca Juga 20 Foto Still Life Gelas Minuman Yang Sangat Cantik

Untuk menghasilkan foto bokeh atau foto blur ini tentu kita harus melakukan beberapa teknik khusus. Dan pada artikel " 7 Cara Foto Bokeh Gampang Dengan Hasil Maksimal " ini saya akan coba untuk membahasnya satu persatu secara lengkap. Dan cara cara ini tentunya sudah saya buktikan dan saya riset sendiri sehingga saya berani menuliskan artikel ini. Dan berikut caranya.

7 Cara Foto Bokeh Gampang Dengan Hasil Maksimal


Sebelumnya perhatikan gambar dibawah ini.

Ini adalah gambar atau foto yang saya ambil saat pemotretan produk hijab dari " Kawaii Miulan Hijab " di Kota Tua Jakarta. Terlihat background dari foto ini blur sehingga foto tampak semakin menarik dan enak dilihat. Terus teknik apa sajakah yang saya praktekkan dalam menghasilkan foto bokeh tersebut. Berikut saya beberkan tekniknya gratis untuk kita semua.

7 Cara Foto Bokeh Gampang Dengan Hasil Maksimal

1.Pilih Apperture Terlebar


Untuk membuat foto bokeh hal penting yang perlu dilakukan pertama adalah settingan Apperture yang kita atur di angka terendah atau Apperture terlebar. Untuk masing masing lensa memiliki nilai Apperture terlebar berbeda satu dengan yang lainnya. Misalnya saja untuk lensa FIX 50mm mempunyai Apperture maksimal di angka F1.8 sedangkan lensa KIT 18 - 55mm hanya memiliki Apperture maksimal F3.5 - 5.6.

Pilihlah angka Apperture terlebar dari lensa yang kita gunakan. Karena semakin lebar Apperture yang digunakan maka semakin bokeh pula gambar atau foto yang dihasilkan.
Baca Juga 7 Kelebihan Lensa Prime 50mm

2.Pakai Lensa Fix


Cara foto bokeh yang kedua adalah penggunaan lensa fix. Lensa fix atau biasa disebut lensa prime sendiri adalah lensa yang hanya memiliki satu focal lenght saja. Misalnya lensa 50mm, lensa 65mm, lensa 85mm, lensa 100mm, lensa 135mm dan lensa lensa lainnya yang memiliki satu focal lenght saja.

Kelebihan dari lensa fix ini adalah karena biasanya lensa ini mempunyai nilai Apperture yang lebar. Rata rata lensa fix memiliki nilai F2.8 bahkan ada juga lensa fix yang mempunyai nilai Apperture F1.2. Dan seperti yang saya sebutkan tadi bahwa semakin lebar nilai Apperture maka semakin bokeh foto yang dihasilkan.

3.Pakai Lensa Tele


Jika kita tidak punya lensa fix atau lensa prime kita masih bisa menggunakan lensa tele. Lensa tele adalah lensa yang memiliki focal lenght panjang yang umumnya lebih dari 100mm. Lensa tele ini ada yang merupakan lensa fix dan ada juga yang merupakan lensa zoom seperti 55 - 250mm, 70 - 200mm dan masih banyak lagi lensa tele yang lainnya.

Kelebihan lensa tele dalam mengambil foto bokeh adalah karena jarak antara obyek dan kamera yang harus jauh. Karena jarak antara kamera dengan obyek, obyek dengan backgound juga mempengaruhi tingkat ke-bokeh-an sebuah foto. Semakin jauh jaraknya maka semakin bokeh juga fotonya. Maka dari itu menggunakan lensa tele bisa membantu menghasilkan foto lebih bokeh atau lebih blur.

4.Pilih Background Yang Berwarna


Perhatikan foto saya dibawah ini. Ini adalah foto saya yang diambil oleh teman saya saat malam hari dengan background lampu kota yang berwarna warni.

7 Cara Foto Bokeh Gampang Dengan Hasil Maksimal

Sebenarnya ini tidak ada hubungannya dengan tingkat ke-bokeh-an yang akan kita dapat. Melainkan ini akan mempercantik foto bokeh yang kita hasilkan. Tentu saja foto diatas ini lebih baik jika dibandingkan foto bokeh namun backgroundnya hanya sebuah langit saja bukan ???

5.Gunakan Aturan Rule Of Thrids


Cara foto bokeh selanjutnya adalah dengan menggunakan aturan Rule Of Thrids atau yang biasa disebut dengan aturan sepertiga. Ini sebenarnya juga tidak membantu dalam hal bokeh namun akan sangat membantu dalam menentukan komposisi dalam foto bokeh yang akan kita hasilkan. Jadi selain fokus pada obyek utama sebaiknya foto bokeh kita juga memperhatikan masalah komposisi agar terlihat lebih menarik.

Baca Juga Mengenal Komposisi Rule Of Thrids Pada Fotografi



6.Pergunakan Flash Tambahan


Selanjutnya adalah masalah pencahayaan. Apperture lebar memang memungkinkan kita menangkap cahaya yang lebih banyak dari biasanya disamping ada efeknya untuk bokeh juga. Namun jika masih dirasa cahaya kurang kita bisa mempergunakan alat tambahan yaitu flash eksternal. Karena cahaya dari flash eksternal bisa kita atur besar kecilnya.

Berbeda dengan flash bawaan kamera yang cenderung memiliki cahaya kasar dan keras. Hal ini karena cahaya dari flash internal tidak bisa di atur besarannya. Sehingga bukannya membuat foto lebih bagus malahan akan membuat foto nampak kurang bagus.

7.Konsisten Dan Banyak Berlatih


Yang terakhir adalah konsisten dan terus berlatih dalam menghasilkan foto bokeh tersebut. Percuma terlalu banyak membaca teori kalau kurangnya praktek dilapangan karena fotografi itu praktek. Jadi bacalah teori sekedarnya saja dan prakteklah sebanyak mungkin. Pasti seiring berjalannya waktu kemampuan fotografi kita akan semakin meningkat.

Semoga artikel 7 Cara Foto Bokeh Gampang Dengan Hasil Maksimal bermanfaat. Terima kasih dan salam fotografi.
Jangan lupa follow IG saya di Aristo Fotografi Pekalongan

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 7 Cara Foto Bokeh Gampang Dengan Hasil Maksimal