Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Thursday, 17 November 2016

Cara Resize Foto Atau Mengecilkan Ukuran Foto Dengan Photoshop

ARISTO.ID Cara Resize Foto Atau Mengecilkan Ukuran Foto Dengan Photoshop. Memotret dengan menggunakan kamera DSLR biasanya menghasilkan gambar yang memiliki ukuran jumbo atau besar. Saya sendiri dengan kamera Canon Eos 60D biasanya menghasilkan gambar dengan ukuran sekitar 25MB untuk satu filenya. Ukuran ini tergantung dari jenis kamera yang kita pakai.


Biasanya semakin besar Megapixel dari kamera semakin besar juga ukuran file yang terbentuk. Untuk EOS 60D yang 18MP saja ukuran file untuk satu fotonya mencapai 25MB. Tentunya kamera yang memiliki spesifikasi lebih dari 18MP juga akan mempunyai ukuran file yang lebih besar dari 25MB.



Cara Resize Foto Atau Mengecilkan Ukuran Foto Dengan Photoshop


Sebagai seorang fotografer tentu kita tidak mau karya yang sudah kita buat dengan susah payah dijiplak oleh orang lain. Apalagi jika mereka menggunakan karya foto kita tanpa izin terlebih dahulu. Pasti rasanya kesal sekali bukan ???


Nah untuk menghindari itu semua ada beberapa hal yang bisa kita lakukan diantaranya adalah.




  • Memberi Watermark atau Tandatangan.

  • Mengecilkan Ukuran Foto ( Resize ) saat upload di media sosial.


Untuk masalah yang pertama yaitu memberi watermark saya sudah membahasnya diartikel yang lampau. Baca artikel selengkapnya disini. Cara Membuat Watermark Dengan Adobe PhotoshopDan pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips Cara resize foto dengan Photosshop.



1.Pilih File Foto


Sebelum melalukan resize foto ini tentu kita membutuhkan file foto itu sendiri dan juga membutuhkan aplikasinya yaitu Adobe Photoshop. Setelah melakukan installasi kemudian buka Photoshop dan pilih file foto yang akan kita buka. Caranya mudah sekali tinggal klik File dan pilih menu Open.


Cara Resize Foto Atau Mengecilkan Ukuran Foto Dengan Photoshop


Setelah itu kita tinggal mencari file foto mana yang akan kita proses dan klik kemudian Open. Maka file akan masuk kedalam Photoshop untuk siap kita proses.



2.Resize Foto


Proses selanjutnya adalah mengecilkan ukuran foto. Caranya juga mudah sekali yaitu tinggal pilih menu Image dari navigasi diatas dan kemudian pilih Image Size kemudian klik. Setelah itu kita harus mengisikan ukuran foto yang diinginkan. Untuk angka yang diisi terserah selera kita dan biasanya saya mengecilkan ukurannya menjadi 720 x 480.


Cara Resize Foto Atau Mengecilkan Ukuran Foto Dengan Photoshop


Saya mengecilkan ukuran foto menjadi 720 x 480 karena biasanya saya menggunakan foto tersebut untuk upload di GPI Titanium. GPI Titanium adalah grup fotografi facebook yang saya ikuti dan dari sana saya belajar banyak mengenai ilmu fotografi. Dan yang saya sukai dari grup tersebut adalah penghargaan berupa apresiasi frame yang diberikan kepada kita kalau foto yang kita upload dianggap bagus oleh admin.




Baca Juga 7 Grup Fotografi Facebook Terbaik



3.Simpan


Langkah terakhir yang harus kita lakukan tentu saja menyimpan foto tersebut agar suatu saat jika kita membutuhkannya bisa kita cari dengan mudah. Langkahnya adalah klik menu File dan pilih Save As kemudian beri nama filenya sesuai keinginan kita. Selesai.


Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan tentang Cara Resize Foto Atau Mengecilkan Ukuran Foto Dengan Photoshop. Semoga bisa bermanfaat dan membantu kita semua. Terima kasih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Resize Foto Atau Mengecilkan Ukuran Foto Dengan Photoshop