Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Monday, 14 November 2016

Cara Menyimpan Kamera DSLR Yang Benar

ARISTO.ID Kamera DSLR adalah barang yang tidak bisa dibilang murah untuk itu kita perlu mempelajari Cara Menyimpan Kamera DSLR ini agar umurnya bisa bertahan lebih lama. Tentu kita tidak mau bukan kamera yang sudah kita beli jutaan rupiah cepat rusak akibat salah perawatan ??? Maka dari itu perlu untuk kita memperlajari caranya merawat kamera ini agar bisa awet.


Walaupun sekarang ini sudah banyak sekali kamera DSLR yang murah tapi tetap saja bisa dikatakan mahal untuk sebuah kamera. Apalagi sekarang sudah banyak muncul Smartphone dengan kualitas kamera yang sudah canggih didukung dengan berbagai aplikasi yang menyerupai DSLR. Namun walaupun demikian tetap saja untuk kualitas dan sensasinya tetap berbeda jika kita memotret dengan kamera DSLR.



Cara Menyimpan Kamera DSLR Yang Benar


Menyimpan kamera DSLR sebenarnya cukup mudah namun bukan berarti ini masalah sepele. Justru mengetahui cara menyimpan kamera DSLR yang benar adalah sesuatu hal yang sangat penting. Jangan sampai kita salah dalam menyimpan kamera karena akan berakibat fatal. Dan berikut adalah beberapa tips cara menyimpan kamera DSLR yang benar.


Cara Menyimpan Kamera DSLR



1.Simpan Di Dry Box


Yang pertama dan yang terpenting adalah selalu menyimpan kamera kita didalam Dry Box saat dirumah. Apalagi jika kamera tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama. Wajib hukumnya menyimpan kamera didalam Dry Box.


Namun kendala yang sering dihadapi terutama bagi pecinta fotografi modal pas pasan seperti saya adalah harga Dry Box yang cukup mahal. Jadi kita masih bisa mengakalinya dengan meletakkan kamera kedalam toples yang tertutup rapat. Dan jangan lupa masukkan Silica Jell agar terhindar dari jamur terutama pada lensa kamera.



2.Jangan Simpan Di Tempat Yang Panas


Jika kita menyimpan kamera beserta aksesorisnya didalam toples kita perlu memperkirakan suhunya juga. Jangan sampai menyimpan kamera ditempat yang terlalu panas karena akan mengakibatkan kerusakan pada optik kamera.


Kita perlu tahu bahwa optik dan komponen pada lensa juga diberi pelumas atau oli. Jika kita menyimpannya didalam tempat yang terlalu panas maka dapat mengakibatkan lensa menjadi seret baik saat zooming maupun saat mencari titik fokus.




Baca Juga Apa Itu Point Of Interest ( POI )



3.Jangan Simpan Di Tempat Yang Dingin


Kita tidak boleh meyimpan kamera ditempat yang terlalu panas dan juga di tempat yang terlalu dingin atau lembab. Karena tempat yang terlalu lembab biasanya berpotensi menimbulkan jamur pada komponen kamera terutama lensa kamera.


Jika jamur muncul disisi luar lensa masih bisa dibersihkan dengan mudah namun jika jamur muncul didalam komponen lensa itu perlu dibawa ke tempat service kamera. Dan biasanya untuk biaya membersihkan jamur berkisar antara 200 ribu bahkan sampai 1 juta rupiah tergantung seberapa sulit letak jamur dan juga tempat dimana kita service.


Suhu yang tepat untuk menyimpan lensa standart nya berkisar antara 40°C sampai 60°C. Jangan terlalu rendah atau terlalu tinggi karena bisa merusak komponen kamera. Jika perlu kita bisa menaruh thermometer untuk mengukur suhu didalam toples atau kotak penyimpanan kamera.


Cara Menyimpan Kamera DSLR



4.Jangan Terlalu Lama Disimpan


Tips selanjutnya adalah jangan terlalu lama menyimpan kamera. Kenapa ?? Karena kamera adalah barang elektronik yang rentan rusak apalagi jika disimpan dengan waktu yang cukup lama. Lagipula untuk apa kita mempunyai kamera DSLR kalau hanya disimpan saja ???


Gunakanlah kamera sesering mungkin. Toh walaupun kamera kita rusak karena terlalu sering digunakan itu lebih baik dari pada rusak akibat tidak pernah dimanfaatkan. Jadi walaupun kita sedang tidak ada aktifitas atau job dengan kamera sebaiknya sering sering lah bermain dengan kamera DSLR kita dan jangan terlalu lama menyimpannya didalam kotak.


Itu saja beberapa tips Cara Menyimpan Kamera DSLR yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat,terima kasih dan salam fotografi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menyimpan Kamera DSLR Yang Benar