Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Saturday, 12 November 2016

Cara Mengirim Uang Dari Jepang Ke Indonesia Bagi Kenshusei

ARISTO.ID Cara mengirim uang dari Jepang ke Indonesia bagi para pemagang baru pasti menjadi pertanyaan utama. Itu juga yang dulu saya tanyakan pertama kali kepada para Senpai ( senior ) saya saat pertama bertemu. Dan para Senpai pun dengan senang hati memberi tahu dan mengajarkan banyak hal kepada saya dan teman teman saya yang lain.


Ini adalah sedikit cerita saya saat bekerja di Jepang selama 3 tahun sebagai pemagang atau dalam bahasa Jepang adalah Kenshusei. Jadi selama 3 tahun saya bekerja dan tidak terasa sekarang saya sudah kembali pulang ke tanah air :D. Sungguh waktu yang sangat cepat sekali ternyata 3 tahun itu.




Baca Juga Pengalaman Tinggal Di Jepang 3 Tahun



Cara Mengirim Uang Dari Jepang Ke Indonesia


Okhe kembali ke pokok permasalahannya yaitu tentang cara mengirim uang dari Jepang ke Indonesia. Yang perlu saya sampaikan adalah " Jangan Khawatir " selama 3 tahun tinggal di Jepang. Karena semua kebutuhan bisa terpenuhi seperti kita hidup di Indonesia dan semua permasalahan pasti ada solusinya. Termasuk masalah pengiriman uang.


Rata rata orang yang bekerja ke Jepang sebagai pemagang adalah dari kondisi ekonomi kebawah yang bertujuan membantu keuangan keluarga. Termasuk saya pun demikian. Dan dari kerja di Jepang lah saya berkeinginan untuk memberi atau mengirimkan sebagian hasil kerja keras kepada orang tua di Indonesia.


Di Jepang sendiri ada banyak perusahaan jasa pengiriman uang yang bisa kita jadikan alat untuk mengirim uang ke kampung halaman. Dari banyak perusahaan tersebut diantaranya yang saya kenal baik ada 2 yaitu Kyoudai Remittance dan SBI Remit.



Cara Mengirim Uang Dari Jepang Ke Indonesia Dengan Kyoudai Remittance


Cara Mengirim Uang Dari Jepang Ke Indonesia

Kita mulai dari yang pertama yaitu Kyoudai Remittance. Saya selama 3 tahun di Jepang menggunakan pelayanan dari Kyoudai Remittance untuk mengirimkan uang saya ke keluarga di kampung halaman. Dan untuk pelayanan dan proses pengirimannya pun sangat cepat dan cukup memuaskan. Dan berikut detail lengkap tentang Kyoudai Remittance.


Syarat Mendaftar di Kyoudai Remittance :




  • Fotokopi KTP Jepang

  • Fotokopi My Number

  • Mengisi Form yang sudah disediakan

  • Data penerima uang di Indonesia


Hanya 4 itulah syarat yang harus kita penuhi jika ingin mendaftar di Kyoudai Remittance. Kita bisa langsung datang ke kantornya yang sudah menyebar di seluruh Jepang atau bisa juga dengan meminta form lewat pos nanti akan dikirim langsung ke alamat Apato ( Apartemen / Kontrakan ) kita dan juga disediakan amplop untuk mengirimkan balik form tersebut secara gratis.


Jika kita tinggal di daerah Tokyo kita bisa langsung ke kantornya saja di daerah Shin Okubo Eki yang berjarak 1 stasiun saja dari Shinjuku Eki. Disana kita bisa langsung mendaftar dan juga langsung mengirimkan uang melalui teller yang bertugas. Selain itu di sekitar Shin Okubo Eki juga banyak toko toko halal sehingga kita bisa sekalian berbelanja kebutuhan bumbu disana.


Cara Pengiriman Uang Dengan Kyoudai Remittance


Setelah mendaftar nanti kita akan menerima kartu seperti di bawah ini. Jadi untuk satu kartu tersebut mempunyai 1 nomor rekening tujuan di Indonesia. Dan kita diperbolehkan membuat maksimal 5 kartu jadi kita hanya boleh mengirimkan uang ke 5 nomor rekening berbeda di Indonesia.


Cara Mengirim Uang Dari Jepang Ke Indonesia Bagi Kenshusei


Untuk cara pengirimannya juga sangat mudah sekali. Kita bisa datang langsung ke kantor dengan membawa uang cash serta membawa kartu tersebut dan menyerahkannya kepada teller. Atau kita bisa mengirimkannya sendiri melalui ATM JP Bank yang ada didekat Apato. Berikut cara ringkasnya dari pengalaman saya.




  • Masukkan kartu ke ATM.

  • Klik Enter terus sampai ada pilihan Card Is Using In Japan ( kurang lebihnya begitu ), kemudian klik tulisan itu.

  • Klik Enter lagi terus sampai ATM terbuka.

  • Masukkan sejumlah uang yang akan dikirim.

  • Selesai.


Mudah bukan ??? Sebenarnya ada beberapa cara pengiriman lainnya lagi tapi menurut saya cara di ataslah yang paling mudah dan sering saya gunakan. Dan berikut situs resmi dari Kyoudai jika masih ada yang kurang jelas penjelasan dari saya bisa kunjungi sendiri situsnya.




Situs Kyoudai Disini.



Cara Mengirim Uang Dari Jepang Ke Indonesia Dengan SBI Remit


Cara Mengirim Uang Dari Jepang Ke Indonesia Bagi Kenshusei

Untuk yang kedua ini adalah SBI Remit. Saya kenal dengan SBI Remit dari Pak Anwar yang sebelumnya adalah salah satu pegawai di Kyoudai Remittance yang menurut saya sudah mempunyai jabatan yang tinggi. Pak Anwar tersebut keluar dan pindah bekerja di SBI Remit karena berbagai alasan.


Sebenarnya saya sendiri tidak memakai SBI Remit karena saya sudah terlanjur pulang ke Indonesia dulu. Tapi menurut beberapa teman teman saya yang masih di Jepang dan menggunakan SBI Remit katanya untuk sistemnya bisa dikatakan hampir sama dengan Kyoudai Remittance namun dengan angka kurs yang berbeda.


Untuk perbedaannya pun tidak bisa diprediksi. Kadang SBI Remit lebih tinggi namun kadang juga sebaliknya yaitu Kyoudai Remittance lah yang lebih tinggi. Tapi secara keseluruhan menurut teman saya pelayanan SBI Remit sangat bagus terutama karena adanya Pak Anwar tersebut. Dan untuk mengetahui detail secara lengkap tentang SBI Remit silahkan kunjungi situs resminya dibawah ini.




Situs SBI Remit Disini



Itulah sedikit informasi tentang Cara Mengirim Uang Dari Jepang Ke Indonesia Bagi Kenshusei dari saya. Semoga bermanfaat dan Ganbatte Kudasai !!!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mengirim Uang Dari Jepang Ke Indonesia Bagi Kenshusei