Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Sunday, 13 November 2016

Apa Itu Point Of Interest Atau POI Dalam Unsur Fotografi

ARISTO.ID Apa Itu Point Of Interest Atau POI Dalam Unsur Fotografi. Dalam dunia fotografi ada istilah POI atau Point Of Interest. POI ini juga bisa dikatakan obyek utama yang akan kita lihat dari sebuah foto yang memberi nyawa pada keseluruhan foto. Jadi POI ini biasanya adalah sesuatu yang paling berbeda dan sesuatu yang pertama kita lihat dari sebuah foto.



Apa Itu Point Of Interest Atau POI Dalam Unsur Fotografi


Coba perhatikan gambar berikut.


Apa Itu Point Of Interest Atau POI Dalam Unsur Fotografi


Dari gambar di atas bagian manakah yang akan pertama kita lihat ??? Tentu semua akan sepakat bahwa jembatannya lah yang mungkin dilihat pertama kali dalam foto tersebut. Jadi bisa dikatakan bahwa POI dari foto di atas adalah jembatan yang sedang menyala tersebut.


Kita coba perhatikan lagi gambar dibawah ini.


Apa Itu Point Of Interest Atau POI Dalam Unsur Fotografi. Dalam dunia fotografi ada istilah POI atau Point Of Interest. POI ini juga bisa dikatakan obyek utama yang akan kita lihat dari se


Kembali saya akan mengajukan pertanyaan seperti di atas. Bagian manakah dari gambar ini yang pertama kali kita lihat ??? Pasti kebanyakan menjawab degnan jembatan yang berada ditengah tersebut bukan. Nah berarti POI dalam foto diatas adalah jembatan tersebut.




Intinya POI itu adalah sesuatu yang paling menonjol dari sebuah foto yang biasanya dijadikan obyek utama.



Yang jadi pertanyaan adalah apakah perlu menghadirkan POI dalam sebuah foto ?? Menurut saya sangat perlu karena POI bisa juga dikatakan nyawa dari sebuah foto. Dari POI lah mata penikmat fotografi akan mulai menjelajah kedalam foto tersebut lebih dalam. Jadi bagaimanakah jika kita mengambil foto tanpa mengikutsertakan unsur POI ini ?? Tentu akan menjadi sebuah karya yang hambar.




Baca Juga Kelebihan Lensa Prime 50mm



Cara Menghadirkan POI Dalam Sebuah Foto


Yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana caranya menghadirkan POI dalam sebuah karya fotografi ?? Jawabannya sebenarnya sangat mudah sekali. Diantaranya adalah.




  • Pilih Obyek yang paling berbeda.

  • Pilih Obyek yang paling menonjol.


Jadi yang terpenting adalah dengan kita memilih obyek yang paling berbeda dengan daerah sekitarnya dan paling menonjol untuk dijadikan POI nantinya. Contohnya saja gambar dibawah ini. Dalam gambar ini saya mengincar senyumnya sebagai POI dan memang menurut saya gambar ini bisa membuktikannya. Dari keseluruhan frame senyum dari bibirnya lah yang paling membuat saya tertarik.


Apa Itu Point Of Interest Atau POI Dalam Unsur Fotografi



Cara Menempatkan POI


Setelah kita berhasil menentukan POI langkah selanjutnya adalah dengan meletakkan POI tersebut didalam frame. Dan posisi yang paling ideal adalah yang berada di area Rule Of Thrids. Apa itu Rule Of Thrids ??? Rule Of Thrids adalah aturan yang dibuat untuk mengatur peletakan obyek foto sehingga bisa menampilkan komposisi foto yang bagus.


Pembahasan mengenai Rule Of Thrids ini akan saya kupas di artikel selanjutnya.




Baca Juga Mengenal Komposisi Rule Of Thrids Dalam Fotografi



Dan semoga artikel Apa Itu Point Of Interest Atau POI Dalam Unsur Fotografi ini bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya dan salam fotografi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Apa Itu Point Of Interest Atau POI Dalam Unsur Fotografi