Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Thursday, 10 November 2016

7 Kelebihan Lensa Prime 50mm Yang Wajib Diketahui

ARISTO.ID 7 Kelebihan Lensa Prime 50mm Yang Wajib Diketahui. Lensa prime atau lensa fix adalah lensa yang hanya memiliki satu focal lenght saja. Misalnya adalah lensa 50mm, 60mm, 85mm, 100mm, 135mm, 400mm dan masih banyak lagi yang lainnya. Intinya hanya ada 1 angka dalam lensa tersebut.


Untuk artikel kali ini saya akan khusus membahas tentang masalah kelebihan lensa prime 50mm. Jadi saya tidak akan membahas lensa prime lainnya. Khusus untuk 50mm saja. Bagi yang belum mengetahui bagaimana wujud dari lensa prime 50mm silahkan simak gambar berikut dibawah ini.


7 Kelebihan Lensa Prime 50mm Yang Wajib Diketahui


Diatas adalah gambar dari lensa prime 50mm F1.8 IS II. Dan lensa diatas ini juga saya pakai sampai sekarang. Sebenarnya ada beberapa jenis lensa 50mm namun saya lebih memilih untuk membeli lensa diatas ini karena berbagai pertimbangan.



7 Kelebihan Lensa Prime 50mm Yang Wajib Diketahui


Dari lensa kecil dan mungil seperti di atas kita bisa menghasilkan berbagai gambar yang menakjubkan. Karena memang lensa 50mm memiliki banyak sekali kelebihan diantaranya akan saya bahas dalam artikel ini. Dan berikut adalah 7 Kelebihan Lensa Prime 50mm.



1.Murah


Ini adalah alasan utama saya membeli lensa ini disamping berbagai alasan lainnya. Yaa lensa ini bisa dibilang murah atau bahkan sangat murah jika dibandingkan dengan kualitas foto yang bisa kita hasilkan. Lensa 50mm versi termurahnya adalah 50mm F1.8 IS seperti yang saya punyai.


Harganya berkisar 1 jutaan saja. Namun ada juga versi lainnya yang lebih mahal dan tentunya lebih memiliki kualitas yang bagus. Dan yang paling mahal adalah lensa prime 50mm F1.2 yang berharga sekitar 20 jutaan. WOW.



2.Penghasil Bokeh Terbaik


7 Kelebihan Lensa Prime 50mm Yang Wajib Diketahui

Kelebihan lensa prime 50mm selanjutnya adalah sebagai penghasil bokeh terbaik. Lensa ini bisa menghasilkan bokeh yang sangat maksimal sekali dan dahsyat. Kenapa saya bilang dahsyat karena jika dibandingkan dengan harganya yang 1 jutaan saja kita bisa mendapatkan foto bokeh yang sangat bagus.


Foto bokeh sendiri adalah foto dengan latar belakang yang blur atau buram sedangkan obyek atau model tajam. Dan foto sejenis inilah yang biasanya banyak digemari oleh penikmat fotografi bahkan oleh fotografernya sendiri. Untuk membuat foto bokeh sendiri kebetulan saya sudah membuat artikel sebelumnya dibawah ini.




Baca Juga Tips Foto Bokeh Mudah Yang Harus Kamu Coba



3.Ringan


Kelebihan selanjutnya adalah masalah bobot dari lensa 50mm yang sangat ringan. Beratnya sekitar 150 gram saja jadi sangat cocok jika kita bawa untuk jalan jalan karena tentu tidak akan mengganggu. Bayangkan saja jika kita menggunakan lensa tele 70 - 200mm yang beratnya sekitar 1.5KG. Tentu leher akan memerah jika kita membawanya jalan jalan seharian.



4.Banyak Pilihan Versi Lensa Prime 50mm


Lensa prime 50mm ini memiliki berbagai versi jadi tidak hanya ada 1 saja melainkan ada sekitar 5 versi dari lensa ini. Yang pertama adalah yang termurah yaitu 50mm F1.8 IS yang seharga 1 jutaan saja. Kemudian 50mm F1.8 STM yang berharga lebih tinggi sedikit yaitu sekitar 1.7 jutaan.


Versi lebih mahalnya lagi adalah 50mm F1.4 USM yang harganya sekitar 5 jutaan. Dan yang paling mahal adalah versi kelas utama dari lensa Canon yaitu 50mm F1.2 L series yang harganya sekitar 20 jutaan. Namun menurut saya versi yang termurah juga sudah cukup baik untuk berbagai kebutuhan memotret.


7 Kelebihan Lensa Prime 50mm Yang Wajib Diketahui



5.Apperture Sangat Lebar


Kelebihan selanjutnya adalah masalah Apperture atau bukaan diafragma pada lensa yang sangat lebar pada lensa prime 50mm ini. Untuk versi termurahnya saja memiliki F1.8 yang itu saja sudah cukup untuk memotret dikondisi minim cahaya.


Jika dibandingkan dengan lensa kit 18-55mm yang memiliki Apperture terlebar F5.6 diposisi maksimal focal lenght 55mm tentu ini sangat jauh sekali perbandingannya. Selain memungkinkan untuk memotret dikondisi yang minim cahaya Apperture lebar juga berfungsi untuk menghasilkan bokeh yang luar biasa.



6.Kualitas Optik Yang Bagus


Untuk kualitas optik dari lensa prime 50mm biasanya sangaat bagus. Bahkan untuk versi termurahnya juga memiliki kualitas optik yang masih bisa dianggap luar biasa. Itu karena lensa prime 50mm memiliki komponen optik yang sederhana dibandingkan dengan lensa zoom.


Terlebih lagi lensa prime 50mm ini sudah ada sejak lama jadi para produsen sudah sangat berpengalaman dalam membuat lensa ini. Untuk lensa prime yang termurah saja sudah bisa menghasilkan gambar atau foto yang tajam dan bagus. Jadi tidak perlu mahal untuk membuat foto yang bagus bukan ??



7.Tanpa Zoom


Sesuai namanya lensa prime atau fix berarti lensa ini tidak bisa dizoom. Saya tidak tahu bagi anda ini sebuah kelebihan atau kekurangan tapi menurut saya ini sebuah kelebihan. Karena lensa fix biasanya memang lebih unggul dalam kualitas ketajaman. Selain itu kita juga bisa sekaligus melatih dalam pengaturan komposisi foto.


Karena fix itulah kita dipaksa maju mundur untuk mencari frame yang tepat dan komposisi yang pas. Tentu ini akan lebih melatih kita dalam memahami komposisi dan lighting yang merupakan aspek penting dalam fotografi.


Itulah 7 Kelebihan Lensa Prime 50mm Yang Wajib Diketahui. Semoga bisa menjadi referensi anda dalam memilih lensa berikutnya untuk kepentingan fotografi. Terima kasih dan salam fotografi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 7 Kelebihan Lensa Prime 50mm Yang Wajib Diketahui